Tempat Wisata

Leuwi Jurig, pesona alam eksotik yang super jernih di Garut

Terpesona dengan eksotisme alam Leuwi Jurig di Garut, dimana airnya yang super jernih dan tanaman hijau subur menciptakan pengalaman alam yang menenangkan dan mempesona.

Biaya masuk Leuwi Jurig: Bebas, Jam beroperasi: 07.00 – 18.00 WIB, Alamat: Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Potensi wisata di Garut selalu menarik untuk dibahas, terutama berupa wisata alam yang menawarkan panorama alam yang indah.

Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Leuwi Jurig, bagian dari sungai. Namanya memang cukup seram, namun di baliknya terdapat pesona alam yang mempesona sekaligus menjadi salah satu daya tariknya.

Tempat wisata cantik ini sempat ditutup sementara karena banyak memakan korban. Ada pula yang terjadi akibat kecelakaan kendaraan di tebing dan juga di sekitar jembatan yang menghubungkan dua tebing terpisah. Lainnya karena tenggelam di sungai.

Sekilas, aliran sungai ini cukup tenang jika dilihat dari permukaan. Namun siapa sangka ternyata ada arus kuat di bagian terdalamnya. Perlu diketahui, kedalaman sungai yang menjadi salah satu tempat wisata di Garut ini adalah 2 hingga 10 meter.

Di kedalaman tersebut, wisatawan yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk mandi di sungai ini, apalagi di tengah sungai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Leuwi Jurig

Daya Tarik Leuwi JurigFoto oleh Jajang Yusup di Google Maps

Daya tarik Leuwi Jurig tak jauh dari hal yang berkaitan dengan kecantikan. Hal tersebut tidak salah karena objek wisata ini menawarkan pesona alam yang indah. Meski cukup sulit dijangkau karena harus menuruni tebing terjal, namun daya tariknya tidak membuat wisatawan takut.

Keajaiban alam Leuwi Jurig

Sebenarnya objek wisata cantik ini tidak ada yang istimewa. Anda hanya menjumpai pepohonan, bebatuan, dan sungai yang airnya mengalir.

Namun bentukan dan penataan semua elemen tersebut sangat unik dan memberikan keindahan tersendiri. Misalnya saja tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah melindungi aliran sungai agar tetap pada jalurnya.

Kontur tebing yang tidak beraturan membuat tempat ini semakin eksotis. Ibarat bebatuan tebing, tekstur yang ditemui kali ini berlapis-lapis seperti struktur batu buatan. Namun tentunya semua yang Anda lihat adalah hasil alam tanpa adanya campur tangan manusia.

Suasana menyenangkan dengan pepohonan

Leuwi Jurig mempunyai suasana asri dan nyaman yang pastinya dapat dirasakan oleh setiap pengunjungnya. Suasana ini tercipta dari banyaknya pepohonan disekitarnya.

Pepohonan rindang menyatu seperti di hutan. Bahkan disebut hutan belantara karena banyaknya tumbuhan liar yang mengelilinginya.

Tak hanya menciptakan suasana asri, warna hijau juga menyejukkan pemandangan. Selain itu fungsi pepohonan yang ada adalah untuk memberikan udara segar bagi pengunjung dan lingkungan sekitar. Begitu sampai di tempatnya, nama seram tempat wisata di Garut ini pasti tidak akan terlintas di benak Anda.

Kejernihan air sungai

Airnya yang hijau jernih menjadi daya tarik lain dari Leuwi Jurig. Beberapa orang bahkan umumnya menyebutnya Grand Canyon karena keindahannya.

Permukaan air yang tenang seakan menggoda semua orang untuk terjun ke sungai dan mandi. Meski demikian, tetap disarankan untuk berhati-hati saat berenang di dalamnya.

Panjang sungai tersebut sekitar 500 meter dengan warna air yang sama. Namun tepiannya tidak terlalu terlihat jelas karena letaknya yang cukup dekat dengan dasar sungai yang merupakan daratan.

Di balik keindahannya terdapat arus yang cukup kuat di bagian terdalamnya. Pengunjung sebenarnya bisa melihat tanda itu dari air yang agak keruh di dalamnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Leuwi JurigFoto oleh Pilihan Resmi Musik Mpo / Google Maps

Lokasi Leuwi Jurig berada di Desa Cihikeu, Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Jika saat ini Anda berada di pusat kota Garut, perjalanan dengan kendaraan bermotor akan memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam.

Jarak dari pusat kota sekitar 70 kilometer. Tempat wisata ini letaknya tidak jauh dari tempat wisata lain yang bernama Situ Cikabuyutan.

Rute yang bisa Anda tempuh jika memulai dari pusat kota Garut melewati desa Bojong. Sesampainya di tempat ini lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Bungbualang.

Anda juga bisa mengarahkan kendaraan langsung menuju Sasak Rumpit. Lokasinya tidak jauh dari kedua kawasan tersebut. Jika masih bingung, lebih baik beralih ke Google Maps.

Biaya masuk ke tempat wisata

Biasanya setiap destinasi wisata mewajibkan setiap pengunjung yang datang untuk membayar tiket masuk. Namun ternyata tidak demikian halnya dengan Leuwi Jurig, karena bisa dibilang harganya gratis. Anda hanya perlu membayar biaya izin parkir kendaraan jika datang menggunakan kendaraan pribadi.

Siapkan uang 3.000 rupiah untuk sepeda motor atau roda dua. Harga mobil kini jauh lebih mahal yakni 10.000 rupiah. Meski gratis, namun banyak hal yang bisa dilakukan di tempat wisata eksotik ini, terutama pengalaman baru. Anda bisa datang kapan saja sepanjang hari, namun berkunjung pada malam hari tidak disarankan.

Untuk menjamin keamanan dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pengelola setempat Leuwi Jurig biasanya menutup tempat ini pada pukul 17.00 atau 18.00. Namun, penutupan lebih awal mungkin terjadi pada keadaan tertentu, misalnya hujan lebat dan cuaca buruk.

Aktivitas menarik di Leuwi Jurig

Kegiatan di Leuwi JurigFoto oleh Arsndafv / Instagram

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tidak hanya sekedar melihat pemandangan saja, namun yang lebih penting adalah melihat aktivitas apa saja yang bisa dilakukannya. Tentu percuma, walaupun tempatnya bagus, tapi tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan. Hal ini juga berlaku bagi wisatawan sebelum berkunjung ke Leuwi Jurig.

1. Menikmati pesona alam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati pesona indahnya. Bukan hanya di lokasi utama, tapi juga selama perjalanan. Anda bahkan bisa menikmati keindahannya saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

Umumnya tempat wisata alam Garut terletak di dataran tinggi, setidaknya di perbukitan. Jadi tidak salah jika Anda merasakan pesonanya pada kendaraan tersebut. Apalagi saat sampai di lokasi utama Leuwi Jurig, formasi batuan dan pepohonan hijau tampak menyatu dengan jernihnya air sungai.

Tebing batu yang bertingkat dan berlapis turut menyuguhkan pemandangan indah kawasan sekitar. Jarak antar tebing yang tidak terlalu jauh, namun justru menambah eksotisme tempat wisata di Garut ini. Beberapa pohon hijau tak malu tumbuh di bebatuan dengan ciri khas warna hijaunya.

2. Berenang bersama Leuwi Jurig

Selain itu, berenang juga menjadi aktivitas yang tidak menarik jika mengunjungi sungai, dalam hal ini Leuwi Jurig.

Setiap pengunjung yang datang pasti akan melakukan kegiatan ini, apalagi yang berpengetahuan luas. Namun, jika Anda tidak terlalu ahli atau tidak bisa berenang sama sekali, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas ini.

Seperti yang sudah dijelaskan, kedalaman Lubuk atau bagian sungai yang paling dalam adalah 10 meter. Di permukaan arusnya tampak tenang, namun di bawahnya cukup kuat. Oleh karena itu, pengelola setempat memperingatkan pengunjung untuk tidak berenang tanpa pengetahuan yang memadai.

3. Bermain air

Meski tidak bisa berenang, bukan berarti tidak ada aktivitas lain yang berhubungan dengan air. Anda bisa bermain air di tepi sungai sambil duduk di atas tebing. Anda juga dapat memilih ujung yang tidak lebih dalam dari lutut orang dewasa. Membawa anak-anak tentunya akan membuat kegiatan ini semakin menarik.

4. Foto selfie

Aktivitas menarik yang wajib dilakukan saat berwisata adalah berfoto selfie. Apalagi jika objek wisata yang Anda kunjungi merupakan salah satu keindahan alam, seperti Leuwi Jurig. Akan sangat disayangkan jika keindahannya dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan. Tentunya setiap liburan mempunyai momen-momen penting, baik itu beraktivitas ataupun lainnya.

Momen ini patut diabadikan. Selain itu, foto selfie juga bisa digunakan untuk diposting di media sosial. Selain untuk pamer, tidak ada salahnya menonjolkan keindahan tempat wisata yang Anda kunjungi.

Hampir setiap sudut tempatnya menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda, termasuk berfoto dari atas tebing dengan panorama kejernihan air sungai.

5. Trekking yang mudah menuju lokasi

Sebenarnya letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi utama di Leuwi Jurig. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dengan berjalan kaki akan memakan waktu tidak lebih dari 20 menit.

Namun trekkingnya cukup seru karena harus melewati beberapa tebing terjal. Medan yang dilalui juga tidak mudah, sebagian besar licin, apalagi saat musim hujan.

6. Lompat tebing

Di tempat wisata cantik ini Anda tidak hanya bisa berenang dan bermain air saja. Kebanyakan perenang menambahkan aktivitas lain, menyelam di tebing.

Tebing batu dengan ketinggian berbeda-beda mendukung kegiatan ini. Namun, berhati-hatilah karena batunya bisa sangat licin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas penjurian LeuwiFoto oleh Siti Hajar F di Google Maps

Dari segi fasilitas, Leuwi Jurig memang belum terlalu lengkap dibandingkan tempat wisata lain di perkotaan. Fasilitas yang ada di destinasi alam ini antara lain tempat parkir, musala, dan toilet yang juga digunakan untuk berganti pakaian. Fasilitas yang ada memang belum banyak karena lokasi tersebut dikelola secara mandiri oleh warga sekitar.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat sampai di sana, karena banyak kios yang dimiliki oleh penduduk setempat. Menu yang ditawarkan bervariasi, didominasi masakan tradisional dan modern. Hingga saat ini, belum ada fasilitas lain di lokasi ini selain yang disebutkan di atas.

Itulah sederet hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Leuwi Jurig yang populer di Kabupaten Garut. Bermalam di destinasi alam menyegarkan ini bisa membuat akhir pekan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button