Berita Wisata

Libur Natal 2022, Keramaian Wisatawan di Pantai Mbolata Manggarai Timur, NTT Page all

BORONG, KOMPAS.com – Pada libur Natal, Senin (26/12/2022), ratusan wisatawan asal Kabupaten Ngada dan Manggarai Timur ke pantai Mbolata.

Pantai ini tepatnya berada di Desa Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, wisatawan juga mengunjungi pantai berpasir putih Padang Mausui dan mengunjungi padang penggembalaan ternak Mausui.

Baca Juga: Pantai Mbolata dan Mausui Jadi Destinasi Wisata di Flores

Senin ini cuaca agak cerah dibandingkan Sabtu (24/12/2022) dan Minggu (25/12/2022) yang diguyur hujan deras.

pengawasan Kompas.com Pada Senin sore (26/12/2022) di pantai Mbolata, ratusan wisatawan mandi di laut, sementara yang lain bakar ikan di pinggir pantai. Wisatawan bersantai di bawah rindangnya pohon bakau.

Seorang turis asal Manggarai Timur Yohanes Jubilian Dahu Ndolu bercerita Kompas.com mengatakan dia dan ayahnya sedang berlibur di pantai Mbolata pada liburan Natal.

“Siang ini saya dan ayah saya pergi ke pantai Mbolata dengan cuaca yang cukup cerah. Minggu lalu, setelah misa Natal, kami hanya berdua di rumah karena cuaca hujan. Saya suka pergi ke pantai saat berlibur,” jelasnya.

11 di Manggarai Timur untuk musim liburan

Selain Pantai Mbolata, Kabupaten Manggarai Timur memiliki banyak pantai lain yang bisa dikunjungi saat musim liburan.

Baca Juga: Pantai Mbolata di Manggarai Timur, Temukan Keindahan Gunung Komba dan Inerie

Seperti data yang terkumpul Kompas.comada 11 pantai di Kabupaten Manggarai Timur yang direkomendasikan untuk liburan akhir tahun 2022.

Kolam kecil mirip sawah menambah keunikan Pantai Lia Mbala, Kel.  Kota Ndora, Kec.  Perdagangan grosir, Kab.  Manggarai Timur, NTT, Kamis (5/5/2022).  (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Kolam kecil mirip sawah menambah keunikan Pantai Lia Mbala Kel. Kota Ndora, Kec. Perdagangan grosir, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis (5/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Kesebelas pantai tersebut adalah Mbolata, Pantai Pasir Putih Mausui, Tanjung Bendera, Watu Kodi, Nangarawa, Pantai Pasir Putih Bondei, Lia Mbala, Borong, Cepi Watu, Toka dan Ligota.

Pantai-pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Cerita tentang nama pantainya pun bermacam-macam.

Baca juga: Pantai Pasir Putih Liang Mbala, Tempat Berjemur di Manggarai Timur NTT

Wisatawan lokal dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, dan Ngada kerap ke pantai untuk menikmati hari-hari liburan sambil melepas penat bekerja.

Desa Wisata di Manggarai Timur untuk perayaan akhir tahun

Selain pantai, ada juga desa wisata di Manggarai Timur dengan ragam alam dan air terjun yang unik. Dua di antaranya adalah Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol dengan berbagai destinasi, serta Cafe Manggarai Timur.

Colol muda sedang memetik kopi.  Para pemuda itu kembali ke desanya pada Selasa (31/5/2022).  (KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-PEMUDA COLOL)KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-COLOL YOUTH Colol muda memetik kopi. Para pemuda itu kembali ke desanya pada Selasa (31/5/2022). (KOMPAS.com/DOK RONALD IGU-PEMUDA COLOL)

Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Bercmans Okalung at Kompas.com, Senin (26/12/2022) melalui telepon menjelaskan, Desa Wisata Golo Loni siap dikunjungi wisatawan saat liburan akhir tahun.

Ada wisata Golo Depet, River Tubing, gua alam dan aktivitas memancing di kolam air tawar, serta destinasi air terjun.

“Kelompok sadar wisata telah membimbing wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara ke desa wisata Golo Loni,” jelasnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button