Berita Wisata

Liburan akhir tahun, 5 tempat wisata ini bisa jadi pilihan

TEMPO.CO, Jakarta – Perayaan akhir tahun akan segera datang. Ini adalah waktu yang tepat untuk merencanakan perjalanan liburan yang menarik bersama keluarga atau teman.

Tentu masih banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Namun, sejumlah tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama. Berikut daftarnya:

Karimun Jawa

Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang suka melihat dunia bawah laut sambil snorkeling. Pengunjung dapat melihat keindahan bawah laut dengan berbagai jenis ikan yang indah dan terumbu karang yang indah.

Ada beberapa pulau favorit di Karimun Jawa, yaitu Pulau Menjangan Besar yang menjadi tempat penangkaran hiu. Ada juga Pulau Menjangan Kecil yang memiliki spot menarik untuk snorkeling dan berfoto di ayunan seperti di Gili Trawangan di Lombok.

Ada juga Pulau Cemara Besar, pulau yang memiliki hamparan pasir putih yang luas saat air laut surut. Pulau yang tidak kalah indahnya adalah Pulau Cemara Kecil, pulau favorit wisatawan untuk makan siang dan Pulau Gosong Seloka, pulau yang hanya memiliki pasir putih. Dengan banyaknya pulau yang ada di Karimun Jawa tentunya bisa menambah koleksi foto liburan anda jika berkunjung.

kawah ijen

Kawah Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah ini terkenal dengan fenomenanya api biru atau cahaya biru. Jika berkunjung ke Kawah Ijen, wisatawan bisa melihat api biru seperti kompor gas, namun api biru ini menyala di dalam kawah.

Ribuan wisatawan berkunjung ke Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Bondowoso pada 7 Mei 2016. Selama libur panjang ini, ribuan wisatawan memadati tempat wisata tempat ditemukannya fenomena api biru yang langka. TEMPO/Frannoto

Untuk dapat melihat api biru itu, tentu saja, beberapa waktu lalu. Waktu terbaik untuk bisa melihat api biru Mulai pukul 02:00 WIB hingga pukul 03:00 WIB.

Pengunjung juga bisa melihat aktivitas anak di bawah umur di sana. Penambang biasanya turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan gumpalan belerang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit jika mendaki di pagi hari. Momen yang sangat indah bisa melihat matahari terbit di kawah Ijen dan melihat pesona Gunung Raung, Gunung Suket dan Gunung Rante.

Dieng Pletau

Dieng merupakan tempat wisata yang menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk menikmati kesejukan negeri di atas awan. Pertama, ada Candi Arjuna yang menjadi icon wisata di Dieng. Tiket masuk ke pura ini hanya dikenakan biaya Rp 10.000 yang sudah satu paket dengan Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang, Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. FOTO/Andika Betha

Ada lima candi yang berjajar lurus mengelilingi candi Arjuna. Uniknya, setiap tahun sering ada Festival Budaya Dieng. Kemudian, biasanya pada Malam Tahun Baru, itu menjadi sangat ramai.

Pengunjung juga bisa melanjutkan ke Bukit Sikunir untuk melihat Matahari terbit pemandangan indah dataran tinggi Dieng. Menikmati Matahari terbit, sebelum subuh, kamu harus sudah sampai di Bukit Sikunir agar tidak ketinggalan penampakan Matahari terbit.

Gunung Merbabu

Bagi yang suka mendaki, Gunung Merbabu sangat cocok sebagai tempat merayakan tahun baru.Bersenang-senanglah di puncak Merbabu bersama teman dan keluarga untuk melihat keindahan di atas awan.

Pengunjung akan melihat hijaunya sabana di Gunung Merbabu yang mempesona untuk dipandang. Tentunya untuk mengunjungi Gunung Merbabu, usahakan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu agar tetap fit saat mendaki dan bisa menikmati keindahan alam Indonesia yang menakjubkan dan sejuk.

Danau Beratan Bedugul, Bali

Bali adalah salah satu tempat paling menarik untuk menghabiskan perayaan akhir tahun. Bali memiliki banyak tempat wisata yang indah, termasuk Danau Beratan Bedugul. Sebuah danau yang terletak di kawasan pegunungan dengan suasana yang asri dan sejuk.

Keunikan Danau Beratan Bedugul adalah adanya sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu. Alasan lain mengapa wisatawan harus pergi ke Danau Beratan Bedugul yang menawarkan panorama eksotis. Di sini pengunjung bisa merasakan bagaimana adat dan tradisi yang masih sangat kental berpadu dengan pesatnya perkembangan zaman yang tidak bisa dipungkiri. Nama asli objek wisata ini adalah Danau Beratan, namun banyak pengunjung yang lebih mengenalnya dengan Danau Bedugul karena tempat ini berada di kawasan Bedugul.

Berikut sejumlah tempat wisata yang direkomendasikan untuk perayaan akhir tahun tersebut. Sebelum berangkat, pastikan semua pengaturan perjalanan sudah lengkap dan jaga kondisi fisik Anda.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: 5 tips mempersiapkan perayaan akhir tahun bersama keluarga

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button