Berita Wisata

Liburan ala Bali di Sentul, foto-foto bisa membuat Anda serasa berada di Pura Lempuyang

Bogor

Kangen Bali tapi budget terbatas? Anda bisa langsung tancap gas menuju Sentul, Bogor. Ada Manapa Kirana Resort yang menawarkan restoran dan resort yang mirip dengan Pulau Dewata.

Mandapa Kirana Resort menjadi salah satu destinasi wisata yang viral di Sentul. Tempat ini sedang viral karena menampilkan fasilitas dan desain bangunan ala Bali.

Pemilik Mandapa Kirana Resort, Mendy Angelo mengatakan destinasi wisata ini baru seumur jagung. Restoran ini dibangun lebih awal yang kini berusia 3 tahun. Sedangkan vila baru akan dibuka akhir tahun ini.

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

Konsep Bali sengaja dipilih untuk memenuhi keinginan wisatawan Jabodetabek untuk menikmati Bali tanpa harus terbang ke sana. Menurutnya, kawasan Sentul juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Bali.

Resor Mandapa Kirana di SentulResor Mandapa Kirana di Sentul. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Mendy juga mengatakan, inspirasi utama pembangunan kompleks ini berasal dari Pura Lempuyang di Kabupaten Karangasem, Bali. Pura ini memang sering dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto dengan background Gunung Lempuyang. Dari situlah muncul ide untuk membuat naungan yang mirip dengan Sentul.

“Di masa pandemi ini orang susah keluar. Terakhir waktu saya ke Bali dan ada Viral Name Pura Lempuyang, jadi kami kira di Jakarta tidak ada. Akhirnya kami bangun konsep Bali di sini, jadi kami punya sebuah candi dengan Gunung Pancar di latar belakang, kata Mendy. detik.comKamis (29/12/2022).

“Konsepnya kita bawa ke sini untuk memudahkan masyarakat yang ingin jalan-jalan ke Bali, hanya beberapa jam dari Jakarta dan Bandung, tidak perlu beli tiket pesawat, dll,” ujarnya.

Resor Mandapa Kirana di SentulPemilik Mandapa Kirana Resort Mendy Angelo. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Inspirasi dari Pura Lempuyang terlihat pada pembangunan Gerbang Candi Bentar di Mandapa Kirana yang didesain menyerupai Pura Lempuyang. Mendy menjelaskan pembangunan ini dilakukan langsung dengan mendatangkan bahan bangunan dan pengrajin dari Bali. Bahkan konstruktornya pun tidak sembarangan.

“Yang membangun pura juga orang asli Bali. Saat membangun pura, mereka menggunakan persyaratan, digunakan untuk menghitung tanggal lahir, juga ada izin. Tingginya dihitung, semua (persyaratan sudah terpenuhi)” dia berkata.

Di pintu gerbang, pengunjung bebas berfoto menikmati pantulan air di kolam di bawahnya. Ini juga menjadi spot foto wajib saat berkunjung ke Mandapa Kirana Resort.

Resor Mandapa Kirana di SentulFoto Pura Lempuyang di Mandapa Kirana Resort. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi hidangan Indonesia dan internasional di restoran yang telah disediakan. Kapasitas restoran Mandapa Kirana bisa mencapai 300 orang yang tersebar di beberapa spot seperti Uluwatu yang memiliki aula bergaya tradisional dan lounge bergaya Barat.

Karena bernuansa Bali, pengunjung pasti akan menikmati makanan khas Bali. Mandapa Kirana menawarkan menu Nasi Campur Mandapa yang terdiri dari sate khas Bali, udang goreng, ayam kampung, telur rebus, sambal daun jeruk, urapan sayur, teri kacang, kerupuk kacang dan nasi putih.

Jika ingin menikmati menu khas sunda, ada juga desa Liwetan Mandapa. Menu western juga tersedia, seperti steak fillet, dada ayam panggang, dan salmon panggang.

Ada juga aneka jajanan seperti roti tuna singkong goreng. Untuk harga makanan di sana bervariasi mulai dari Rp 50 ribu – Rp 180 ribu.

Untuk minumannya ada berbagai fresh juice, mojitos dan milkshake. Harga minuman mulai dari Rp 20.000 – Rp 45.000.

Resor Mandapa Kirana di SentulNasi campur Bali di Mandapa Kirana Resort. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

The Mandapa Kirana Resort juga menawarkan vila-vila yang langsung menghadap Gunung Pancar. Ada 11 vila dengan tempat tidur king size, kamar mandi, TV, dan jacuzzi pribadi.

Dengan membayar Rp 2 juta – Rp 2,5 juta per malam, para tamu dapat menikmati suasana menginap di rumah tradisional dengan sarapan yang disajikan di restoran dan di kolam renang. Anda juga dapat menikmati fasilitas untuk hiking ke air terjun.

Mandapa Kirana Resort buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 21:00 WIB. Untuk masuk ke sini pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 50.000 yang dapat ditukarkan dengan 1 minuman atau ditumpuk untuk diskon makanan.

Simak video “Hanya 1 jam dari Jakarta, kini Anda bisa menikmati indahnya Bali di Sentul”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/wanita)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button