Berita Wisata

Liburan Keluarga, Berikut 4 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Botanical Garden

Parapuan.co – Memutuskan tempat liburan keluarga bisa jadi rumit dan mudah. Pasalnya, terkadang kita mengharapkan tempat wisata tidak hanya menyenangkan untuk dikunjungi orang dewasa, tetapi juga memiliki dimensi edukasi bagi si kecil.

Menjawab kebutuhan masyarakat, PT Mitra Natura Raya (MNR), perusahaan pengelola kebun raya terintegrasi terbesar di Indonesia, akhirnya menghadirkan inovasi pada empat kebun raya yang dikelolanya. Yaitu di Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Inovasi ini dilakukan MNR setelah melihat hasil survei internal yang mengungkapkan bahwa hampir 90% pengunjung datang ke Kebun Raya untuk tujuan wisata. Namun, MNR juga meyakini bahwa selain sebagai wisata, kebun raya juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah pentingnya, antara lain sebagai tempat konservasi tumbuhan, penelitian, jasa lingkungan dan pendidikan.

Berdasarkan temuan tersebut, MNR juga melakukan berbagai inovasi agar setiap kegiatan di kebun raya dapat memberikan manfaat edukasi bagi pengunjung.

“Khususnya bagi generasi muda yang merupakan salah satu kelompok pengunjung terbesar yang datang ke kebun raya. Kami ingin semakin banyak aspek pengetahuan dan edukasi yang dapat diperoleh pengunjung secara on the go di Kebun Raya,” jelas Marketing dan Revenue Manager PT Mitra Natura Raya, Bapak Bayu Sumarijanto.



Inovasi yang dilakukan berupa QR Code (kartu identitas tumbuhan) pada tumbuhan kebun raya, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi nama umum dan latin, ciri-ciri serta foto tumbuhan.

Selain itu, MNR juga telah meluncurkan program study tour, Tour De Kebun Raya, virtual tour, kursus edukasi di akun media sosial @kebunraya_id yang meliputi Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok dan Youtube.

“Khusus kunjungan virtual, inovasi ini merupakan respon MNR terhadap pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat untuk berkunjung ke kebun raya. Tur virtual menawarkan masyarakat kesempatan untuk belajar tentang Kebun Raya secara langsung on line yang berisi edukasi tentang flora dan fauna di Museum Zoologi. Program ini telah diikuti oleh lebih dari 50.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia,” kata Bayu.

Di kelas edukasi, pengunjung belajar cara menanam, merawat dan merawat tanaman yang dibimbing langsung oleh para ahli dari kebun raya.

Baca Juga: Dekat Tempat Konser Stray Kids, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Ancol

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button