Berita Wisata

Liburan Musim Hujan, Kunjungi 8 Wisata Pedalaman Semarang Ini

KOMPAS.com – Kota Semarang memiliki sejumlah destinasi wisata pedalaman (pedalaman) yang dikunjungi saat musim hujan.

Jadi kamu tetap bisa berlibur meski hujan. Bulat pedalaman Semarang cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Kompas.com meringkas tur pedalaman di Semarang yang bisa dikunjungi saat musim hujan sebagai berikut.

Baca Juga: 7 Hotel Murah Dekat Simpang Lima Semarang untuk Tahun Baru

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu ikon wisata Kota Semarang. Kutipan Kompas.com (18/1/2022), kata Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya seribu pintu karena bangunan ini memiliki banyak pintu dan jendela.

Dulunya gedung ini digunakan sebagai markas perusahaan kereta api swasta pada zaman Belanda. Dengan luas kurang lebih 18.232 meter persegi, kompleks Lawang Sewu memiliki lima bangunan yang dibangun secara bertahap dari tahun 1904 hingga 1918.

Setelah mengalami pemugaran, Lawang Sewu saat ini digunakan sebagai museum tempat menyimpan berbagai koleksi perkeretaapian di Indonesia.

Pengunjung dapat melihat koleksi sejarah, seperti mesin Edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, sekuritas, dan lainnya.

Baca Juga: 6 Spot Foto Ala Belanda di Lawang Sewu

Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Seperti namanya, tempat wisata ini menampilkan koleksi kereta uap. Ada juga kereta uap tua yang masih bisa dinaiki pengunjung.

Selama menaiki kereta uap, pengunjung akan dibawa melewati area museum dan disuguhi pemandangan indah selama perjalanan.

Selain sensasi naik kereta api tua, wisatawan juga bisa mempelajari sejarah penting transportasi saat berkunjung ke museum ini.

Baca Juga: Ayo Naik Kereta Lokomotif Uap di Museum Kereta Api Ambarawa

Lokomotif yang masih bisa ditumpangi di Museum Kereta Api Ambarawa atau Museum Kereta Api Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah.Dermaga. PT Kereta Api Wisata Kereta lokomotif yang masih bisa dinaiki di Museum Kereta Api Ambarawa atau Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

3. Kelenteng Sam Poo Kong

Bangunan merah Kelenteng Sam Poo Kong tampak mencolok saat wisatawan melewati kawasan Kanal Banjir Barat.

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu objek wisata religi dan sejarah di Semarang. Kuil ini masih digunakan sampai sekarang sebagai tempat pemujaan bagi umat Khonghucu, kota Kompas.com (31/01/2022).

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan simbol akulturasi budaya Tionghoa dengan adat Jawa. Candi ini menjadi saksi perjalanan Laksamana Cheng Ho saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Jawa.

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan dengan arsitektur khas Tionghoa yang identik dengan warna merah. Pengunjung dapat berkeliling ke setiap bangunan candi untuk merasakan budaya Tionghoa di tanah Jawa lebih dekat.

Baca juga: Klenteng Sam Poo Kong Semarang: Sejarah, Tiket Masuk dan Perayaan Imlek

Klenteng Sam Poo Kong Semarang (Dok. Klenteng Sam Poo Kong Semarang (Dok.

4. Kota Tua

Pada masa penjajahan Belanda, kawasan Kota Lama menjadi pusat pemerintahan. Oleh karena itu, kota lama telah ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Semarang.

Mengutip situs tersebut Kunjungi Jawa Tengah, wisatawan yang berkunjung ke kota tua bisa melihat bangunan-bangunan tua peninggalan Hindia Belanda. Bangunan bersejarah ini sudah berusia ratusan tahun.

Arsitektur bangunan bergaya Eropa dengan ciri pintu dan jendela besar. Beberapa tempat favorit wisatawan adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Galeri Seni Semarang, De Spiegel, Marba dan masih banyak lagi.

Saat hujan turun, wisatawan bisa berteduh di sejumlah restoran dan kafe yang menawarkan beragam menu.

Baca Juga: 7 Spot Foto Instagramable di Kota Tua Semarang

Gedung Marba di kawasan kota lama Semarang, Jumat (29/4/2022)Gedung Marba KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (29/4/2022)

Klenteng Sam Poo Kong Semarang (Dok. Klenteng Sam Poo Kong Semarang (Dok.

5. Museum Seni 3D Kota Tua

Saat musim hujan, berwisata ke museum menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda suka memotret, cobalah mengunjungi Old City 3D Trick Art Museum.

Kutipan Kompas.com (24/7/2020), museum seni ini terletak di kawasan kota tua Semarang. Tepatnya 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting

Tempat wisata ini menawarkan 108 koleksi fotografi tiga dimensi yang terbagi dalam empat ruangan dengan tema berbeda. Tema yang diangkat antara lain bangunan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh bangsa dan dunia, serta beberapa tokoh film layar lebar.

Baca Juga: Museum Seni 3D Kota Tua Semarang, Wisata Selfie dengan Spot Instagramable

Museum 3D Trick Art Kota Lama Semarang di kawasan kota lama.Dermaga. Museum Seni 3D Kota Tua Semarang Museum Seni 3D Kota Tua Semarang di kawasan Kota Tua.

6. Taman Trampolin Dalam Ruangan Gravitasi

Bepergian di dalam ruangan bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Jika ingin berwisata sambil berolahraga, cobalah berkunjung ke Gravity Indoor Trampoline Park.

Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan wahana trampolin yang bisa dinikmati bersama teman dan keluarga.

Gravity Indoor Trampoline Park juga menawarkan berbagai permainan untuk anak-anak. Lokasinya di Jalan Dr. Cipto Nomor 226, Karangturi, Semarang.

Baca juga: Dusun Semilir, Tempat Wisata Populer di Semarang Punya Seluncuran Raksasa

7. Dusun Salju

Dusun Salju terletak di Dusun Semilir, Bawen, wilayah Kabupaten Semarang. Tempat wisata baru ini cocok untuk keluarga maupun anak-anak.

Kutipan Kompas.com (14/11/2022), pengunjung bisa langsung merasakan sensasi bermain salju dari butiran es.

Sejumlah kegiatan di Dusun Salju, antara lain meluncur turun kereta luncur menggunakan ban, bermain bola salju, membuat manusia salju dan foto bersama tempat Selfie.

Baca Juga : Panduan Wisata Dusun Salju Semarang, Harga Tiket Sewa Jaket

Wahana Snow Village di Dusun Semilir, Semarang, Jawa TengahDokumentasi Dusun Salju Wahana Dusun Salju di Dusun Semilir Semarang Jawa Tengah

8. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)

Saat berkunjung ke Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), wisatawan bisa menyaksikan berbagai koleksi rekor yang pernah dicatatkan oleh masyarakat Indonesia, serta prestasi menarik lainnya.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Dari Alam Hingga Sejarah

MURI didirikan atas prakarsa Jaya Suprana pada tanggal 27 Januari 1990, di Kawasan Industri Jamu Jago, Srondol, Semarang Selatan.

Saat ini lokasi MURI berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275, Srondol Kulon, Kec. Banyuwangi Kota Semarang.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button