Berita Wisata

Liburan Nataru di Banyuwangi, Ini 14 Wisata Seru Untuk Anda

Jakarta

Bukan hanya Kawah Ijen yang menjadi objek wisata di Banyuwangi. Ada banyak tempat wisata menarik dan seru yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

detikcom telah merangkumnya, tempat wisata Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi untuk liburan Nataru. Lanjutkan!

1. Kantor Benculuk

PUBLISITAS

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Hutan BanyuwangiKantor Benculuk, Hutan Banyuwangi Foto: (Aldi Sanjaya Putra/d’Traveler)

Bagi pecinta tempat wisata Instagenic wajib mengunjungi De Djawatan yang terletak sekitar 45 menit dari kota Banyuwangi. De Djawatan atau Bureau de Benculuk menyuguhkan pemandangan ala dongeng.

Pohon tua berumur lebih dari 20 tahun di Biro Benculuk, cocok untuk spot foto dan piknik. Di sana, Anda juga bisa berfoto di gubuk bertengger atau menunggangi kuda poni untuk berkeliling.

Untuk sampai ke sana, Anda harus tiba di waktu yang tepat. De Djawatan dibuka dalam dua sesi, sesi pertama dibuka pada pukul 07:00-12:00 WIB dan sesi kedua dibuka pada pukul 13:00-17:00 WIB.

2. Desa Wisata Osing

Desa Kemiren telah ditetapkan sebagai desa Osing yang juga dijadikan cagar budaya. Berkunjung ke Banyuwangi belum lengkap tanpa mampir ke desa wisata ini.

Di sini Anda bisa menemukan rumah-rumah khas Osing yang usianya sudah ratusan tahun. Ada sebuah rumah besar yang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni. Antara lain tari Gandrung, Angklung Paglak, Barong Kemiren, othek, dll sambil menikmati hidangan khas Banyuwangi dan kue-kue.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi.Pantai Pulau Merah di Banyuwangi. Foto: Shutterstock

Bagi anda penikmat pasir putih, wajib untuk berkunjung ke sini. Tidak hanya menikmati keindahan pasir putihnya, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan sunset.

Lokasi Pantai Pulau Merah berjarak 2 jam dari pusat kota Banyuwangi. Meski cukup jauh, Anda tidak perlu khawatir karena banyak penginapan yang dibuka oleh warga setempat.

4. Berry Hijau

Pemburu objek wisata di Banyuwangi tidak boleh melewatkan hal ini. Teluk Hijau masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri.

Anda dapat menikmati hutan hujan hijau lebat dan pasir putih di sini, sambil berenang, snorkeling, dll. Ingatlah untuk mengambil gambar sebanyak mungkin.

5. Taman Sri Tanjung

Taman Sritanjung adalah sebuah taman kota yang terletak di pusat Kota Banyuwangi. Dinamakan Sritanjung karena berdasarkan nama seorang wanita bernama Sritanjung, dalam legenda asal usul kota Banyuwangi.

Taman ini terletak di sebelah timur Masjid Raya Baiturrahman Banyuwangi dan selatan Sabha Swagata Blambangan. Taman Sritanjung berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi warga Kota Banyuwangi.

Taman yang hijau dan asri membuat semua orang betah berlama-lama berkunjung, apalagi tersedia juga Wi-Fi gratis.

6. Air Terjun Koki

Jika sudah puas dengan pantainya dan ingin mencoba yang lain, wisata air terjun Lider paling cocok. Destinasi wisata ini sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga.

Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati percikan air terjun yang sangat keren. Secara alami, air terjun Lider merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi dengan ketinggian 60 meter.

7. Geopark Gunung Rante

Gunung Rante adalah sebuah gunung yang letaknya persis di seberang Gunung Ijen. Jika ingin merasakan sensasi berada di atas awan, Anda harus mendaki ke sini.

Di pagi dan sore hari, Anda bisa merasakan di atas awan karena sebagian gunung tertutup awan. Kawasan pegunungan ini hanya berjarak 100 meter dari tempat parkir mobil Paltuding.

8. Poni bawah air

hiu bangring bawah airbangsring underwater shark Foto: Ardian Fanani

Keindahan bawah laut Bangsring Underwater menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang wajib dicoba di Banyuwangi. Bangsring Underwater terletak di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.

Destinasi ini merupakan wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Banyak terumbu karang yang sangat alami, sedangkan yang buatan ditanam di sini.

Ada juga Rumah Apung Bangsring yang merupakan tempat penjinakan hiu di beberapa kandang berukuran 3×3 meter. Hiu hanya ditempatkan di tengah laut agar bisa bertahan hidup dengan nyaman.

9. Taman pencinta terakota

Taman Gandrung Terakota menjadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang paling populer saat ini. Yang menarik dari tempat ini adalah dibangun di atas teras berundak di kaki Gunung Ijen.

Di sini terdapat patung penari gandrung yang jumlahnya sangat banyak dan biasa dijadikan spot foto. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pertunjukan tari, musik, menelusuri galeri, dll.

10. Pantai Rajegwasi

Dengan pergi ke pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah sekaligus melihat sisa-sisa peninggalan sejarah. Di pantai Rajegwesi terdapat bunker yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang.

Di sisi timur pantai ini terdapat area yang tersisa bagi penyu untuk bertelur. Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

11. Pemandian Taman Suruh

Masih tentang wisata bahari, di Banyuwangi juga terdapat pemandian Taman Suruh yang sangat luas. Pemandian ini luasnya 3,5 hektar dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut sehingga sejuk.

Pemandian Taman Suruh paling cocok sebagai tujuan liburan keluarga jangka pendek. Lokasi pemandian Taman Suruh berada di desa Taman Suruh, kecamatan Glagah.

12. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran di Situbondo sering disebut sebagai Jawa Timur Afrika.  Lantas seperti apa kondisinya sekarang?Taman Nasional Baluran di Situbondo sering disebut sebagai Jawa Timur Afrika. Lantas seperti apa kondisinya sekarang? Foto: Mohammad Ridho

Sering disebut sebagai Afrika van Java, Taman Nasional Baluran menampilkan pemandangan yang sangat mirip dengan sabana Afrika. Di sini Anda bisa melihat berbagai binatang seperti rusa, kerbau hutan, bison, dll.

Taman Nasional Baluran sangat direkomendasikan untuk para pemburu foto dan video. Jika sudah selesai menikmati Baluran, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai pasir putih Bama yang berada di kawasan taman nasional.

13. Kawah Ijen

Kawah Ijen BanyuwangiKawah Ijen Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/ detikJawa Timur

Tentunya Anda tidak akan puas jika berkunjung ke Banyuwangi, tanpa menuju ke kawah Ijen. Selain menikmati keindahan gunung, kamu wajib menikmati pemandangan blue fire.

Untuk bisa menontonnya, Anda harus datang pagi-pagi sekali. Dari pos Paltuding Anda bisa berjalan kaki sekitar 3 km untuk bisa melihatnya.

14. Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata Kali Klatak sebelumnya dimiliki Belanda di bawah Mij Moorman & Co. Hingga akhirnya diserahkan ke tangan pengusaha pribumi, R Soehoed Prawiroatmodjo. Agrowisata ini terletak di lereng gunung hingga ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Tanahnya cukup subur untuk tumbuh berbagai jenis tanaman. Hasil perkebunannya antara lain karet, kopi, kakao, kelapa, buah-buahan dan aneka rempah-rempah. Setiap tanggal 17 April, ada Ritual Sedekah Bumi yang bisa kamu hadiri.

Simak video “Karnaval etnik Banyuwangi sukses memukau warga dan wisatawan”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button