Berita Wisata

Liburan Nataru, Inilah Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Anda Kunjungi Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sejumlah anak berinteraksi dengan domba di Wahana Cepogo Cheese Park, Boyolali pada Senin (12/12/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI—Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Bisa sekedar berkumpul di rumah atau pergi ke tempat wisata.

Salah satu kabupaten di wilayah Soloraya yang memiliki banyak destinasi wisata adalah Kabupaten Boyolali. Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, Kota Susu seakan menjadi surganya wisata alam.

Promosi Green Tokopedia mengajak UMKM dan masyarakat untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Sebut saja kompleks wisata di sekitar kecamatan Selo, Boyolali. Ada puluhan pusat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah Kompleks Taman Merapi.

Di dalam Kompleks Taman Merapi terdapat enam destinasi wisata utama. Salah satunya Bukit Sanjaya, sekitar 400 meter dari Taman Merapi. Ada juga Waduk Manajar tidak jauh dari Bukit Sanjaya, lalu perempatan Pakubuwono VI, Jalan Tol De Selokaton dan Kahyangan.

Baca Juga: Tak Hanya Waduk Cengklik, Ini 5 Tempat Wisata Hits Lainnya di Boyolali

Kompleks lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan Nataru adalah Selo Baru yang terletak di Dusun III, Samiran, Selo, Boyolali. New Selo menawarkan pemandangan alam sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Berdekatan dengan Selo Baru, terdapat Bukit Gancik dan Omah Bambu yang menjual pemandangan dengan latar bangunan bambu. Selesai perjalanan di lereng Merapi, saatnya mendekati kawasan Banyudono, Boyolali.

Apalagi ada destinasi wisata baru di Boyolali yaitu Cepogo Cheese Park yang akan dibuka pada Senin (12/12/2022).

Berdasarkan pengamatan Solopos.com Di darat, saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan di bawahnya, seperti Kabupaten Boyolali dan Kota Solo. Menengok ke arah barat, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jelas.

Manager PT Wisata Sapta Pesona Wenzel Sutantio mengatakan Cepogo Cheese Park langsung dibuka untuk umum pada Senin lalu.

Baca juga: Cheese Park by Cimory Bakal Buka di Boyolali, Ini Fasilitasnya

Wenzel mengatakan beberapa wahana juga tersedia di Cepogo Cheese Park, seperti Kendaraan segala medan (MTB), Fun Archery, berfoto bersama reptil, beo, dll.

Lebih lanjut dikatakan Wenzel, kapasitas maksimal Cepogo Cheese Park di Boyolali untuk sekali masuk sekitar 500-600 orang jika dihitung dari kapasitas mobil sekitar 150 mobil. Ia juga mengatakan bahwa konsep wisata di Cepogo Cheese Park ini adalah wisata edukasi. ramah dan kekeluargaan.

Selanjutnya, Chairman PT Wisata Sapta Pesona sekaligus Founder Cimory Bambang Sutantio mengungkapkan, Cepogo Cheese Park yang dikelolanya seluas 4,7 hektare.

Bambang mengatakan, harga Rp 20.000 per orang tersebut membuat Cepogo Cheese Park bisa dijangkau oleh semua kalangan, baik masyarakat biasa maupun kalangan menengah ke atas.

“Kapasitas parkir sekitar 150 [mobil], cukup lebar. Jadi Cepogo Cheese Park adalah kolaborasi antara AKB [Aneka Karya Boyolali] dan pemerintah kabupaten [Pemkab] Boyolali, untuk lahan parkir yang ada di Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

Baca juga: Hore! Cepogo Cheese Park by Cimory akan dibuka di Boyolali

Sedangkan pengunjung yang membawa anak-anak bisa singgah di Waduk Taman Cengklik. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai jenis wahana yang berangkat dari Desa Sakura, Tengara dunia, rumah adat nusantara, ratusan spot foto dan kolam renang.

Berikut daftar lengkap kunjungan ke Boyolali

1. Umbul Umbul.

Lokasi: Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Mata air Umbul atau Pengging merupakan sisa-sisa dari kompleks permandian keraton Kasunanan Surakarta. Ada beberapa kolam mata air murni yang berada di komplek Umbul Pengging Boyolali. Dari Umbul Temanten, Umbul Duda dan Umbul Ngabean.

2. Kompleks Taman Merapi.

Baca Juga: Ingin Idul Fitri ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali? Periksa jadwal terbuka

Kompleks Taman Merapi berada di kecamatan Selo.

3. Solo Baru.

Lokasi: Dusun III, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali. New Selo menawarkan pemandangan alam sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi

4. Bukit Gancik

Lokasi: Dusun Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali.. Pos Pengamatan di Bukit Gancik menampilkan panorama alam berupa kemegahan Gunung Merapi

Baca juga: Tempat Usaha Wisata di Boyolali Ini Ditempel Stiker Keamanan, Apa Artinya?

5. Batu Gajah

Lokasi: Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali. Watu Gajah adalah sebuah tempat di lereng Gunung Merapi. Tepatnya sebelum pasar Bubrah dari jalan Selo, Boyolali.

6. Rumah Bambu

Lokasi: Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali,]. Wisata Omah Bambu Merapi menjual tempat wisata alam. Destinasi wisata ini memiliki banyak spot instagrammable cocok untuk backdrop foto. Pemandangannya semakin bagus dengan latar Gunung Merapi dan perbukitan hijau.

7. Candi Lawang Boyolali

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Begini Antrean Ratusan Kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten

Lokasi: Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Candi Lawang merupakan perpaduan antara wisata alam dan sejarah. Candi Lawang berada di tengah taman yang dikelilingi pepohonan rindang.

8. Ngarai Coklat

Lokasi: Sawah/Taman, Kragilan, Kabupaten Mojosongo, digabung dengan nama Canyon karena tampilan tempat wisata ini sekilas mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Brown Canyon sebenarnya adalah bukit biasa yang sisi-sisinya telah terkikis oleh penebangan untuk memberikan bentuknya saat ini.

9. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Lokasi: areal persawahan, kebutuhan, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Kebun Raya Indrokilo memiliki berbagai jenis pohon dan tumbuhan hijau yang dapat memanjakan mata.

Baca juga: Nikmatnya Selfie dengan Latar Belakang 7 Gunung di Oemah Bamboo Selo Boyolali

11. Waduk Bade Boyolali

Lokasi: Desa Baden, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Waduk Baden menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Orang biasanya berhenti di dekat waduk ini untuk menikmati matahari terbenam.

12. Waduk Taman Cengklik

Lokasi: Desa Margorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Ada banyak jalan-jalan wisata di tempat ini. Misalnya desa ceri, monumen dunia, rumah adat nusantara, ratusan spot foto, kolam renang, bioskop. realitas mayamonorel, mobil bom bom dan kereta mini.

Baca Juga : Wah! Jalan menuju kawasan wisata Taman Keju Selo Boyolali & Cepogo diblokir

13. Bale Rantjah Umbul Tirtomulyo

Lokasi: Pengemasan, Kecamatan Sawit, Boyolali Umbul atau mata air ini merupakan pemandian peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta. Umbul ini juga sering dijadikan pusat terapi untuk penyakit tertentu.

14. Taman Keju Cepogo

Wisata terakhir yang dikunjungi saat liburan Nataru yaitu Cepogo Cheese Park merupakan wisata baru ke Boyolali yang bisa difungsikan sebagai kunjungan keluarga. Tarif masuk tempat ini hanya sekitar Rp 20.000.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com Di darat, saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan di bawahnya, seperti Kabupaten Boyolali dan Kota Solo. Menengok ke arah barat, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jelas.

Baca juga: Jateng Didatangi 8,7 Juta Orang Saat Nataru

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button