Berita Wisata

Liburan Tahun Baru yang Membingungkan? Ada perkebunan teh hijau Royo-Royo di Probolinggo

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Liburan Tahun Baru 2023 hampir tiba. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata hijau dan alam tidak perlu bingung. Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur terdapat wisata kebun teh yang hijau dan menyejukkan mata.

Wisata kebun teh ini berada di lereng Gunung Gambir, Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Dikelilingi oleh perbukitan pegunungan. Kita bisa menikmati pemandangan hijau sejauh mata memandang.

Kebun teh ini berada di bawah pengelolaan PTPN XII. Meski belum menjadi destinasi wisata resmi, namun dibuka untuk umum. Lokasinya berada di dataran tinggi dan cukup sulit dijangkau, namun banyak pengunjung yang datang setiap akhir pekan ke kebun teh seluas 183,49 hektar ini.

Jika kita sudah berada di lokasi kebun teh, kita akan berhadapan langsung dengan perbukitan. Suasana perbukitan yang begitu sarat dengan karakteristik pedesaan akan sangat terasa dan mengingatkan pengunjung akan masa-masa kecilnya.

Banyak wisatawan lokal saat menikmati kehijauan atau berwisata ke kebun teh menyebutnya sebagai kawasan puncak Kabupaten Probolinggo. Dibandingkan dengan daerah puncak Jawa Barat.

Green-Tea-Garden-Royo-Royo-b.jpgSejumlah wisatawan menikmati keindahan kebun teh Kabupaten Probolinggo (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

Sejumlah hal menarik ditampilkan di objek wisata Kebun Teh Andung Biru. Selain bisa menikmati aroma teh asli, mata Anda juga dimanjakan dengan pemandangan hijau pepohonan, alam dan daun teh.

Udara segar menyelimuti kawasan itu membuat wisatawan semakin nyaman. Hal menarik lainnya adalah wisatawan bisa memetik daun teh bersama para petani di sana. Sambil melihat petani yang didominasi perempuan memetik daun teh, bagaimana daun teh dibuat menjadi teh wangi.

Bukan hanya wisata kebun teh. Jika kita telusuri keindahan Kecamatan Tiris yang diapit Pegunungan Hyang/Argopuro dan Gunung Lemongan ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik bahkan lebih menantang.

Tiris yang terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.000 mdpl ini memiliki keindahan alam yang tidak akan membuat traveler bosan mengunjunginya. Salah satu keindahan alamnya adalah ranu atau danau alami.

Ada Ranu Agung, Ranu Segaran, Ranu Segaran Kidul, Ranu Merah dan Ranu Gedang. Semuanya bisa dinikmati sekaligus saat berkunjung ke Tiris. Salah satu favorit wisatawan adalah Ranu Agung yang terletak di Desa Ranu Agung.

Selain itu, ada juga objek wisata lain yang wajib dikunjungi. Yakni Pura Kedaton, Air Terjun Ajaib, Pemandian Air Panas dan Destinasi Arung Jeram.

Merupakan objek wisata di kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo selain wisata kebun teh hijau. Penasaran ingin menjelajahi tempat wisata Tiris saat liburan tahun baru? Silakan mencobanya, ada juga medan yang berlawanan di sana.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button