Berita Wisata

Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata bersejarah di Kulon Progo

Memuat…

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, kulinernya yang lezat, tetapi juga tempat bersejarah dengan kisah-kisah penting di baliknya. Salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta adalah Gua Sriti. Foto/Instagram

YOGYAKARTA Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, kulinernya yang lezat, tetapi juga tempat-tempat bersejarah dengan kisah-kisah penting di baliknya. Salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta adalah Gua Sriti.

Terletak di Duku, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Gua Sriti menjadi saksi sejarah pengambilalihan Indonesia dari penjajahan. Diketahui, pada zaman dahulu goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro pada masa penjajahan Belanda.

Di Gua Sriti itulah Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi, biasa disingkat Abdul Hamid.

Alasan pengangkatan Pangeran Diponegoro adalah untuk menjadi pemimpin negara merdeka sekaligus sebagai pemimpin agama.

Baca Juga: Menparekraf Teliti Obyek Wisata di Danau Toba yang Serap Tenaga Kerja

Gua Sriti menjadi tempat persembunyian kedua, dan pada akhir perlawanan Pangeran Diponegoro sebelum ditangkap di Magelang.

Keindahan Gua Sriti

Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata bersejarah di Kulon Progo
Jalan menuju Gua Sriti cukup bagus, karena dicor beton. Di kanan dan kiri jalan masih banyak ditumbuhi tanaman dan pepohonan yang memberikan kesan nyaman sepanjang perjalanan menuju goa.

Selain mendapatkan pengetahuan baru dari sisi sejarah, para pecinta fotografi tentunya akan menyukai tempat wisata yang satu ini.

Gua Sriti berada di bawah tanah dan merupakan bagian dari desa wisata Tinalah, yang menawarkan situs sejarah serta keindahan gua yang dihiasi stalaktit dan stalagmit putih.

Di dalam gua, Anda bisa merasakan suasana lembab dan gelap yang sedikit memacu adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button