Berita Wisata

Lihatlah keindahan Taman Nasional Bunaken, tempat wisata di Manado yang merupakan Situs Warisan Dunia

JURNALACEH.COM – Taman Nasional Bunaken sudah dikenal sejak tahun 1885. Setelah 90 tahun, tempat ini ditemukan oleh para pemburu keindahan bawah laut.

Awalnya pulau-pulau ini tidak berpenghuni, setelah itu orang-orang dari Tanjung Parigi mulai bermukim di sana. Mereka menyebutnya Wunakeng (berasal dari kata kiwunakeng) yang berarti rumah atau tempat tinggal.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat di sana mengenal sebutan Pamunakeng yang artinya tempat berlabuhnya kapal, hingga akhirnya dikenal sebagai Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken merupakan kawasan konservasi yang memiliki potensi alam yang luar biasa, terutama kawasan bawah laut yang sarat akan spesies langka. Terdapat berbagai jenis fauna seperti mamalia laut, moluska, berbagai ikan cantik, hingga berbagai reptil kecil lainnya.

Baca Juga: Pantas Jadi Incaran Wisatawan, Inilah 5 Tempat Wisata Super Indah di Purbalingga!

Pulau wisata yang terletak tidak jauh dari pusat kota Manado ini juga memiliki beragam padang lamun dan beragam jenis terumbu karang. Menurut data dari Wikipedia, terdapat 390 spesies terumbu karang yang tersebar di Taman Nasional Bunaken.

Untuk itu, UNESCO akhirnya menjadikan destinasi wisata ini sebagai Situs Warisan Dunia.

Dengan kekayaan alam bawah lautnya tersebut, objek wisata ini menjadi favorit para pecinta diving dan snorkeling. Setidaknya ada empat lokasi penyelaman yang sering dikunjungi, yakni Malcolm, Bethlehem, Emma Point, dan Fish House.

Selain itu, ada juga dua spot snorkeling yang ramai pengunjung seperti Emma Point dan Fish House.

Destinasi wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Sementara banyak turis lokal maupun turis mancanegara yang berkunjung ke sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button