Tak Berkategori

Lihatlah pesona Curug Kembar, air terjun menakjubkan yang berada di tengah Hutan Bogor

Temukan keindahan tersembunyi Curug Kembar, air terjun menakjubkan dan mempesona di tengah Hutan Bogor, destinasi sempurna bagi pecinta alam dan petualangan.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Kembar merupakan sebuah tempat rekreasi alam yang berada di kawasan Bogor. Jika Anda berkunjung ke kota ini, destinasi wisata yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, air terjun ini menawarkan pesona wisata yang indah dan mendekatkan kita dengan alam.

Jadi, sebelum Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda sudah mengetahui manfaat dan fasilitas yang ada di sana. Lalu apa saja daya tarik dari wisata air terjun ini? Lihat di bawah ini!

Atraksi Air Terjun Kembar

Daya tarik air terjun kembarFoto: Google Maps/Saluran Kerak

Ada dua air terjun

Pesona unik air terjun ini terletak pada keberadaan dua buah air terjun yang letaknya saling membelakangi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini mempunyai keindahan yang sama. Kedua jalur air terjun tersebut terpisah karena terdapat batu besar di tengahnya.

Air biru

Selain air terjun Curug Kembar Bogor yang unik, Anda juga bisa bermain air di bawahnya. Air di dasar air terjun sangat jernih dan berwarna biru.

Jadi Anda bisa mandi atau mencuci kaki setelah berjalan menuju air terjun.

Cocok untuk pelacakan

Salah satu kelebihan wisata Curug Kembar adalah lokasinya yang menantang dan menanjak. Tempat seperti ini cocok bagi anda yang suka melakukan aktivitas tracking dan hacking saat melewati jalanan terjal.

Untuk itu anda harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik sebelum sampai di tempat ini. Tempat terjal ini dimulai dari pintu masuk dan harus berjalan kaki minimal 1 km.

Setelah 800 m Anda juga akan melewati bukit batu dan ladang. Jika terdengar suara air, tandanya ada air terjun di dekatnya.

Suasana hutan yang tenang

Meski mengeluarkan tenaga dan harus menempuh jalur terjal, Anda tetap bisa menikmati perjalanan melewati hutan yang tenang dan asri.

Seperti kicau burung dan udara segar, jauh dari polusi udara. Kelelahan Anda pun akan terbayar ketika menemukan air terjun Curug Kembar Bogor.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun KembarFoto: Google Maps/Bowie

Kawasan Wisata Air Terjun Kembar terletak di Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengunjungi wisata air terjun ini, Anda perlu menaiki kendaraan pribadi melalui kawasan Sentul atau Citeureup.

Kemudian dilanjutkan ke Sukamakmur. Jalur menuju air terjun ini cukup ekstrim sehingga harus berhati-hati saat berjalan.

Detil rutenya : Jika berangkat dari Bogor, Sentul bisa melalui Babakan Madang, lalu Desa Karang Tengah, Desa Wangun dan Desa Rasamala hingga tiba di Desa Cibeureum.

Berangkat dari Citeureup, Anda akan melewati desa Dea Tajur dan Cibadak dan berakhir di desa Cibeureum.

Biaya masuk wisata alam

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Kembar di Bogor dengan biaya Rp. 20.000, jika membawa kendaraan perlu ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5000.

Jam operasional wisata air terjun ini adalah pukul 08.00 hingga 17.00. Sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena akan memudahkan anda dalam mencapai lokasi.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan Air Terjun KembarFoto: Google Maps/Yufa Armyando

1. Pergi ke lokasi

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah jalan-jalan menuju Curug Kembar. Perjalanan ini membutuhkan kebugaran fisik yang baik dan berlangsung hingga 45 menit.

Untuk menuju air terjun, Anda harus melewati tanjakan seperti bukit atau jalan terjal lainnya. Nah, ditemani kicauan burung, perjalanan Anda akan semakin menyenangkan.

2. Berenang di Air Terjun Kembar

Setelah sampai di lokasi Air Terjun Kembar, Anda dapat beristirahat sejenak di atas bebatuan air terjun. Setelahnya Anda bisa mandi atau bermain air di dasar air terjun. Air di sini sangat jernih dan menyegarkan.

Jadi jika Anda lelah karena perjalanan jauh, Anda bisa menyegarkan tubuh dengan mandi di air terjun ini. Lucu sekali, bukan?

3. Lihatlah bebatuan yang berbeda

Tak hanya keindahan suasana alam yang bisa Anda nikmati, Anda juga bisa melihat berbagai bebatuan di sekitar danau. Bebatuan ini juga terlihat jelas dari atas danau karena airnya yang jernih.

Selain itu, air di telaga ini juga sangat dangkal. Anda juga bisa duduk bersantai di atas bebatuan tersebut sambil menikmati keindahan air terjun.

4. Abadikan momen di Curug

Aktivitas keempat yang bisa Anda lakukan adalah berfoto selfie di kawasan air terjun ini. Anda bisa mengabadikan momen tersebut saat sedang mandi di air terjun atau di dekat air terjun.

Sungainya yang dangkal memudahkan Anda mengambil foto sambil berdiri atau duduk.

Selain mengabadikan momen di air terjun, Anda juga bisa berfoto sambil berjalan menyusuri hutan menuju objek wisata alam tersebut.

Apalagi bagi Anda yang datang saat liburan bersama rombongan teman. Suasana hutan yang asri membuat hasil foto terlihat semakin menarik.

5. Menikmati suasana hutan

Dalam perjalanan menuju air terjun Anda bisa meluangkan waktu untuk menikmati suasana hutan. Sebaiknya perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki karena dengan begitu Anda bisa menikmati perjalanan dengan santai dan ngobrol bersama.

Selain itu, secara tidak langsung Anda juga akan menjelajahi hutan lebih jauh selama perjalanan. Air terjun kembar ini terletak di hutan yang jauh dari perkotaan.

Oleh karena itu, sambil menikmati air terjun, Anda bisa menikmati suasana hutan di sekitar air terjun. Suasana ini belum tentu ada di lokasi. Apalagi mengingat usaha menuju ke sana tidak sia-sia mengingat keindahan alam di sana.

6. Kunjungi objek wisata terdekat

Jika masih ingin datang ke objek wisata lainnya, Anda bisa mampir ke objek wisata terdekat Curug Kembar Bogor.

Tempat wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi antara lain Curug Hordeng dan Curug Ciburial. Keduanya memiliki pesona alam berbeda yang bisa menjadi rekomendasi setelah mengunjungi objek wisata di Bogor ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun kembarFoto: Google Maps/MTB Bike Bagus

Fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini antara lain adalah tempat parkir mobil yang luas. Maka Anda tidak perlu khawatir kelaparan setelah berenang atau berkendara terjal.

Di sana banyak terdapat warung yang menjual makanan ringan hingga berat. Penjual ini terletak di dekat objek wisata.

Setelahnya Anda dapat mengganti pakaian Anda di tempat penyimpanan yang telah ditentukan setelah Anda bersenang-senang mandi. Fasilitas lainnya berupa toilet umum dan musala bagi Anda yang ingin beribadah.

Jika Anda berminat untuk membawa perbekalan sendiri, hal tersebut tetap diperbolehkan asalkan tidak sembarangan membuang sampah.

Setelah membaca tentang daya tarik destinasi wisata di Curug Kembar ini, Anda akan mengetahui keindahan apa saja yang ditawarkan dan perjalanan yang perlu Anda tempuh. Di antara objek wisata air terjun di atas, manakah yang membuat Anda ingin datang ke tempat ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button