Tempat Wisata

Lihatlah pesona Pantai Cemare Selamat, pantai menakjubkan di Lombok Barat

Temukan keindahan alam Pantai Cemare Selamat di Lombok Barat yang menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 06.00-18.00 WIB, Alamat: pelabuhan, distrik. lembar, distrik. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Cemare Lembar mungkin tidak terlalu populer dibandingkan pantai lain di Lombok. Namun tak ada salahnya datang kesini untuk menikmati keindahan alam dan suasana damai.

Pantai ini sebenarnya tidak kalah indahnya dengan yang lain, hamparan lautnya yang luas sangat terlihat jelas oleh mata sebagai pemandangan utama.

Meski tidak terlalu populer, namun warga sekitar kerap memanfaatkannya sebagai tempat pertemuan. Biasanya pada pagi dan sore hari saat cuaca sedang sejuk dan menyegarkan.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari berjalan-jalan di tepi pantai, bermain air, hingga naik perahu dan mencari spot foto.

Seringkali, pantai ini tidak terlalu sibuk, memberikan pengunjung pengalaman yang lebih tenang dan santai. Namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Bahkan di sekitar pantai terdapat berbagai warung makan yang sebagian besar menjual makanan berbahan dasar olahan ikan laut seperti udang, kepiting, dan cumi.

Daya Tarik Pantai Cemare Selamat

Daya Tarik Pantai Cemare SelamatFoto dari Akun Hits No 1 Lombok di Instagram

Meski ada banyak pantai di Lombok, namun masing-masing pantai memiliki daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan objek wisata ini dengan pesona pantainya yang indah.

Tak jauh dari pantai terdapat hutan bakau yang terlihat asri. Suasananya tenang dan cocok sebagai tempat healing untuk menyegarkan pikiran.

Keindahan Pantai Cemare Selamat

Tak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, di sini terdapat hamparan pasir putih yang agak kecoklatan. Pasirnya cukup lembut, bahkan saat diinjak pun tidak terasa.

Ada sedikit bebatuan karang dan cangkang, tapi tidak terlalu mengganggu. Di depan pantai terdapat bukit-bukit yang indah dan asri.

Daya tarik wisata utama Pantai Cemaresheet Lombok Barat adalah Gunung Agung. Meski terlihat cukup jauh, namun tetap terlihat jelas karena tingginya.

Di sore hari, pemandangan semakin mempesona dengan terbenamnya matahari di balik gunung tertinggi Lombok. Ombak yang datang relatif kecil, jarang ada ombak besar yang mencapai tepian.

Itu sebabnya banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berenang dan bermain air. Karena letaknya yang tidak jauh dari Pelabuhan Selamat, pantai ini menawarkan pemandangan unik yang tidak bisa Anda temukan di pantai lain.

Tak jarang terlihat kapal-kapal berukuran cukup besar yang hilir mudik di lepas pantai seolah menyambut setiap wisatawan yang datang.

Hutan bakau yang indah

Daya tarik Pantai Cemare Selamat Lombok Barat selanjutnya adalah hutan bakau atau lebih dikenal dengan hutan bakau.

Kehadiran hutan ini membuat suasana pantai menjadi berbeda, semakin indah dan sejuk. Hutan ini merupakan habitat banyak satwa, tidak hanya satwa laut saja. Selain kepiting, udang dan ikan, banyak juga burung yang hidup di kawasan ini.

Tak hanya bisa dilihat dari kejauhan, pengunjung juga bisa menikmati suasana sambil berjalan-jalan di dalam hutan. Terdapat jembatan kayu yang bisa dijadikan akses menuju hutan bakau.

Jika punya uang lebih, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling. Luas kawasannya yang berkisar 70 hektar membuatnya semakin seru untuk dijadikan kawasan petualangan.

Hutan bakau di Pantai Cemare Selamat mempunyai peranan ekologis yang sangat penting, termasuk melindungi pantai dari abrasi dan badai.

Selain itu, berfungsi sebagai tempat berkembang biak berbagai spesies ikan dan biota laut, serta penyimpan karbon. Perhatikan kelestarian dan kebersihan selama kunjungan Anda.

Suasana tenang dan damai

Secara umum pantai ini akan selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Namun berbeda dengan pantai-pantai di Lombok yang kita bahas kali ini, pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Meskipun demikian, sebagian besar penduduk setempat menghabiskan waktu bersama keluarga mereka. Mereka datang pada pagi atau sore hari atau pada hari libur.

Kondisi inilah yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Cemare Selamat. Bagaimana tidak, bagi yang menginginkan suasana damai, pantai ini menjadi alternatif utama.

Selain itu suasana dan keindahan alamnya juga terlihat jelas, pemandangannya juga terlihat asri karena adanya hutan bakau. Deburan ombak dan angin membuat suasana semakin tenang.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Cemare SelamatFoto Listyo Ady Prabowo di Google Maps

Terlepas dari daya tarik keindahan alam dan hutan bakau yang telah dijelaskan di atas, pantai indah di Lombok ini ternyata letaknya cukup strategis. Jarak ke pusat kota pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 33 kilometer.

Jarak tersebut dihitung jika berangkat dari Tastura Square yang biasanya dapat ditempuh dalam waktu 50 menit.

Cara menuju Pantai Cemaresheet Lombok Barat, keluar dari tempat itu, lanjut ke Jalan Raya Mandalika lalu ke Jalan Raya Sengkol. Lanjutkan perjalanan sekitar 16 kilometer hingga sampai di bundaran Gerung.

Belok kiri menuju Jalan Raya Selamat lalu ikuti jalur utama hingga tiba di Jalan Imam Bonjol.

Tujuan selanjutnya adalah Jalan Raya Selamat Serumbung, sebelum Anda melewati Polres Lombok Barat. Setelah melewati Jembatan Cemara, tempat wisata tersebut hanya berjarak 500 meter saja.

Cukup ikuti rambu yang disediakan atau tanyakan pada warga sekitar. Pantai ini terletak di Pelabuhan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi kawasan wisata Pantai Cemare Selamat. Dana hanya perlu disediakan untuk biaya parkir sebesar 2.000 euro untuk pengendara sepeda motor dan 5.000 euro untuk mobil.

Jika ingin menggunakan toilet, siapkan dana tambahan sebesar 3.000 rupiah. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di pantai Cemare SelamatFoto oleh Maulidin Isnaen di Google Maps

Mengunjungi tempat wisata berupa pantai memang tidak pernah membosankan karena banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Karena ombaknya yang relatif tenang, Anda bisa bermain dan berenang di airnya. Selain itu, masih ada beberapa aktivitas lain yang tak kalah seru.

1. Berjalan-jalan di pantai

Aktivitas menarik pertama di Pantai Cemare Selamat adalah jalan-jalan. Pantai ini cukup luas, terlihat melalui hamparan pasir putih yang panjang.

Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati keindahan secara keseluruhan. Hindari memakai sepatu di sore hari karena dapat melancarkan sirkulasi darah.

2. Berenang dan bermain air di Pantai Cemare Selamat

Jika Anda lelah berlarian, tidak ada salahnya berenang atau bermain air. Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini sangat sepi karena jarang terjadi ombak besar.

Arusnya tidak terlalu deras, apalagi di bagian pinggir. Namun tetap berhati-hati, terutama mengingat kedalaman air yang tidak dapat diprediksi.

3. Mengunjungi hutan bakau

Mengunjungi hutan bakau menjadi kegiatan menarik selanjutnya di Pantai Cemare Selamat Lombok Barat. Anda mempunyai pilihan antara dua pilihan, yakni melintasi jembatan kayu atau menggunakan perahu.

Jika memilih jembatan kayu tidak dipungut biaya. Jika menyewa perahu harus membayar 40.000 rupiah.

4. Menanti indahnya matahari terbenam

Dimana-mana matahari terbenam atau terbenamnya matahari sangat indah jika tidak terhalang oleh apapun. Keindahan ini memang tidak bisa Anda saksikan saat berada di Pantai Cemare Selamat.

Matahari terbenam terhalang oleh ketinggian Gunung Agung. Namun siapa sangka hal ini justru membuat pemandangan semakin menakjubkan dan eksotis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Cemare SelamatFoto oleh Hari Narmada di Google Maps

Selama ini kawasan wisata Pantai Cemare Lembar belum terkelola dengan baik dan hanya mengandalkan swadaya warga setempat. Namun fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, toilet, hingga musala.

Di sekitar pantai banyak terdapat warung atau warung yang menjual berbagai makanan dan minuman lezat, terutama makanan laut.

Tempat wisata berupa pantai terus digemari sebagian kalangan. Hal ini terlihat ketika musim liburan dimulai dan pantai akan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Apalagi jika terdapat banyak objek wisata seperti Pantai Cemare Selamat yang menawarkan keindahan alam, hijaunya hutan bakau, dan suasana damai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button