Tempat Wisata

Lihatlah pesona Pantai Elyora, pantai pasir putih menakjubkan di Batam

Temukan pesona Pantai Elyora di Batam, pantai berpasir putih yang menakjubkan dan panorama hutan bakau yang mempesona, destinasi yang sempurna untuk petualangan Anda

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Wisata belanja mungkin sudah menjadi hal yang lumrah di Batam karena banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bagaimana dengan wisata alam? Tentu saja banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi utama.

Misalnya saja Pantai Elyora, wisata bahari ini menawarkan panorama alam yang indah dan suasana bahari yang sangat nyata. Pantai berpasir putih ini begitu luas hingga melebar di sepanjang pantai.

Pengunjung biasanya menggunakan pasir ini sebagai bahan bermain. Terutama anak-anak yang menjadikan liburan semakin menarik dan tak terlupakan.

Air lautnya jernih dan berwarna kebiruan membentuk gradasi sempurna. Pada bagian pinggir pantai berwarna biru tua, sedangkan pada bagian tengah berwarna biru agak muda.

Pantai indah di Batam ini tidak pernah sepi karena menawarkan berbagai atraksi. Fasilitasnya lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan Anda saat berlibur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kesan semakin indah jika terdapat hijaunya hutan bakau di beberapa tempat. Disarankan datang ke sini bersama rombongan agar lebih seru.

Daya tarik Pantai Elyora

Daya tarik Pantai ElyoraFoto oleh Alvin Toh di Google Maps

Pantai ini selalu dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah. Hal ini sebenarnya cukup wajar, karena banyak sekali objek wisata yang ada di sini. Pemandangannya indah, ombaknya tenang, pasir putihnya membentang, dan tersedia juga spot foto.

1. Keindahan Pantai Elyora

Keindahan menjadi daya tarik wisata bahari di Batam. Sesampainya di lokasi, hal pertama yang akan Anda temukan adalah pasir putih yang lembut. Cukup luas, bahkan di sepanjang pantai.

Pasir ini lebih luas pada saat air surut dan sedikit mengecil pada saat air pasang atau surut. Tentu saja tak hanya pasir putihnya saja, keindahan Pantai Elyora Batam juga terletak pada jernihnya airnya.

Saking jelasnya, wisatawan bisa melihat dasar laut yang dipenuhi pasir berbutir halus. Bebatuan karang yang tenggelam terlihat jelas menambah pesona alamnya semakin terlihat eksotis.

2. Pantai dengan karakteristik ombak yang tenang

Pantai indah di Batam ini cukup tenang mengingat deburan ombak yang datang. Ombaknya jarang sekali menggulung. Hal ini juga termasuk daya tarik yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Saat ombak minim, aktivitas air relatif lebih aman. Pengunjung bisa berenang di sini atau sekadar berendam di air. Daya tarik wisata Pantai Elyora terlihat jelas dengan permukaan laut yang datar seperti jalan berbatu.

Kalaupun ada ombak, biasanya hanya ombak kecil yang mengalir deras menuju pantai. Angin yang bertiup perlahan membuat suasana semakin santai. Oleh karena itu, wisata bahari ini dikatakan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

3. Suasana asri karena kehadiran pohon bakau

Berbeda dengan pantai yang umumnya terkesan kering, justru di sini terasa sangat indah. Bukan tanpa alasan, karena banyak tumbuh-tumbuhan hijau yang menghiasi pantai.

Kebanyakan didominasi oleh pepohonan perdu yang rimbun. Tak hanya membuat lokasi menjadi lebih sejuk, kualitas udaranya juga bagus.

Tepat di tengah Pantai Elyora Anda bisa melihat beberapa pohon bakau yang cukup besar. Pohon ini sebenarnya berfungsi untuk menahan abrasi saat air pasang.

Namun tak dipungkiri kehadirannya menambah indah dan hijaunya suasana pegunungan.

4. Wahana dan spot foto

Untuk memperluas daya tarik dan menarik wisatawan, pemerintah menawarkan beberapa wahana air yang menarik.

Contohnya saja banana boat, pastinya Anda pernah mendengar atau mencoba sensasinya. Ada juga perjalanan perahu yang membawa wisatawan melintasi lautan luas.

Pantai Elyora di Bata Mini menawarkan spot foto yang sangat istimewa berupa ayunan. Bukan ayunan biasa tentunya, namun letaknya sedikit menjorok ke laut.

Saat air pasang, pengunjung bisa bersantai dengan berayun di permukaan laut. Tempat lain yang tak kalah indahnya adalah berfoto dengan latar belakang pohon bakau dan laut lepas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ElyoraFoto oleh Ardi Ario Seno di Google Maps

Mengunjungi wisata pantai di Batam memang jauh rasanya jika saat ini Anda sedang berada di pusat kota. Jarak dari Batam Square sekitar 76 kilometer dan harus melewati beberapa jembatan.

Dengan kondisi jalan licin dan kecepatan kendaraan normal, biasanya rute ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Kawasan wisata Pantai Elyora sendiri terletak di Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Anggap saja saat ini Anda sedang berada di pusat kota Batam. Gunakan Jembatan 6 Barelang sebagai acuan utama. Jarak yang harus ditempuh sekitar 60 kilometer dan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Setelah melintasi jembatan, arahkan kendaraan menuju Jalan Trans Barelang. Ikuti jalan ini hingga bundaran KM 0 di Pulau Galang. Ambil arah kiri ke sana.

Belum lagi 500 meter dari sini Anda sudah sampai di tempat wisata. Agar perjalanan Anda lebih mudah dan tidak tersesat, silakan gunakan aplikasi Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Sesampainya di venue, jangan lupa menyiapkan sedikit biaya untuk membeli tiket. Pantai Elyora Batam terbuka untuk umum namun tidak gratis. Biaya untuk satu pengunjung adalah 10.000 rupiah.

Sebenarnya cukup murah, apalagi banyak atraksi dan aktivitas berbeda yang bisa Anda lakukan selama tur. Kalaupun ada biaya tambahan tetap murah karena hanya dikenakan biaya parkir saja.

Siapkan dana tambahan sebesar Rs 5.000 jika membawa mobil sedangkan sepeda motor berharga Rs 2.000. Jika Anda ingin menyewa pendopo untuk bersantai bersama rombongan, siapkan uang sebesar Rp 50.000. Pantai indah ini buka 24 jam sehari. Silakan datang kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai ElyoraFoto oleh Muhammad Faird Hulu di Google Maps

Alasan wisatawan datang bukan hanya karena atraksinya saja. Selain itu, pantai ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang akan membuat liburan Anda semakin seru. Kegiatan apa yang mereka lakukan? Berikut beberapa di antaranya yang mampu kami rangkum!

Menikmati keindahan Pantai Elyora

Indah dan menakjubkan, itulah perasaan pertama yang muncul saat Anda tiba di Pantai Elyora. Tidak dapat dipungkiri keindahan alamnya sungguh menakjubkan.

Sayang sekali jika masyarakat hanya memandang remeh tanpa menikmatinya. Laut yang jernih, pasir putih, nuansa indah, semuanya bersatu menciptakan harmoni alam yang sempurna.

Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa dilakukan di Pantai Elyora adalah berenang dan bermain air. Meski banyak pantai eksotis di Batam, namun tidak semuanya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut.

Pasalnya, terdapat cukup banyak gelombang yang membuatnya semakin tidak aman. Namun di sini, silakan berenang sepuasnya atau sekadar bermain air di tepi pantai.

Cobalah naik banana boat

Wahana yang ditawarkan tidak terlalu banyak, namun setidaknya ada beberapa yang bisa melengkapi aktivitas Anda di Pantai Elyora Batam.

Banana boat merupakan wahana yang menyerupai perahu namun berbentuk buah pisang. Wisatawan harus mendakinya lalu memutari sepanjang pantai untuk mendapatkan sensasi yang lebih seru.

Berburu spot fotografi

Kawasan wisata Pantai Elyora menawarkan beberapa spot foto yang layak dijadikan backdrop. Anda bisa menggunakan ayunan yang menjulur ke laut, seperti dijelaskan di atas.

Tak kalah menariknya adalah pepohonan bakau dengan formasi unik. Anda juga bisa menggunakan panorama pantai dan laut biru sebagai latar belakang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai ElyoraFoto oleh Raja Simamora di Google Maps

Untuk melengkapi informasi sebelum berkunjung, Anda juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia di lokasi. Karena pantai ini dikelola secara profesional, fasilitasnya sangat lengkap.

Tersedia tempat parkir, ada toilet dan kamar kecil. Selain itu juga terdapat pendopo, warung makan, tempat ibadah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Batam memiliki kategori wisata lengkap yang bisa dijadikan tujuan utama saat berlibur. Pantai Elyora misalnya, dengan segala daya tariknya, layak untuk Anda masukkan ke dalam daftar liburan berikutnya. Selain itu, masih banyak aktivitas menarik yang akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button