Tempat Wisata

Lihatlah pesona Pantai Watunene, surga tersembunyi di Gunung Kidul

Temukan keindahan tersembunyi Pantai Watunene di Gunung Kidul, destinasi sempurna bagi Anda yang mencari ketenangan dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Tepus, Kabin Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Gunung Kidul, sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki beragam pesona yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Watunene.

Sebuah permata tersembunyi, pantai ini menawarkan pesona yang tak terlupakan, tersembunyi di balik tebing yang menjulang tinggi seolah surga tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi.

Meski melelahkan untuk menuju ke sana, namun keindahan yang ditawarkan Pantai Watunene mampu menghilangkan penat dan penat.

Karena tergolong baru dan terletak di antara pantai Seruni dan Pok Tunggal, Watunene belum banyak dikenal dan memberikan kesan eksklusivitas dan ketenangan bagi setiap pengunjung yang berkesempatan menginjakkan kaki di sana.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Watunene

Objek wisata Pantai WatuneneFoto: Google Maps/Muhamad Nur Azis

Selain keindahannya, masih ada beberapa hal menarik lainnya yang sayang jika Anda tidak mengetahuinya. Berikut hal-hal menarik yang ada di Watunene:

Permata tersembunyioleh Gunung Kidul

Karena lokasinya yang berada di balik tebing, Pantai Watunene Gunung Kidul disebut sebagai permata tersembunyi. Karena itu seperti surga yang tersembunyi.

Tidak ada yang menyangka ada pasir di balik tebing. Anda juga harus berjalan cukup terjal untuk sampai ke tempat ini.

Terdapat ciri-ciri topografi khas Gunung Kidul

Gunung Kidul memiliki banyak pantai dengan ciri khasnya, seperti banyaknya tebing dan bebatuan yang bisa kita temukan di pesisir Pantai Watunene.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang ingin pergi ke pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ciri topografi Panai yang eksotik dan alami, begitu pula dengan lokasi Watunene.

Privasi lebih terjaga

Banyak orang yang menyebut Watunene sebagai pantai yang masih alami karena belum banyak orang yang mengunjunginya. Jadi suasananya masih bagus dan alami.

Karena belum banyak dikunjungi orang, banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Watunene. Jadi pantai ini serasa milik pribadi. Berkemah dan memancing sangat direkomendasikan di sini.

Sifat gelombang

Ombak Watunene mirip dengan ombak pantai Seruni. Mungkin mereka terlihat mirip karena dekat satu sama lain.

Namun bedanya, suara ombak di Watunene lebih tenang dan damai. Begitu banyak orang datang ke sini untuk bersantai.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai WatuneneFoto: Google Maps/Reku Hizaki, Drg

Pantai Watunene terletak di balik tebing sehingga sering disebut sebagai surga tersembunyi. Lokasinya terletak di Padukuhan Ngasem, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Anda tidak memerlukan waktu khusus untuk datang ke tempat ini. Pantai ini buka 24 jam dan biaya masuknya sebesar Rp 10.000.

Sedangkan harga tiket parkir mobil hanya Rp 5.000 dan sepeda motor hanya Rp 2.000. Cukup murah dengan kualitas pemandangan yang hampir menyaingi pantai-pantai di Bali.

Membutuhkan upaya datanglah ke pantai ini. Selain itu, dekat dengan Pantai Seruni. Jadi anda bisa menggunakan jalur menuju pantai Seruni.

Pertama, Anda perlu mengambil jalan menuju Baron. Nanti ketemu pertigaan, lalu ambil jalan kiri. Jalur ini membawa Anda ke desa Tepus.

Anda kemudian akan menemukan konektor SMA 1 Tepus T lagi. Ambil jalan kiri menuju Tepus. Setelah itu ambil jalur kanan menuju Pantai Seruni.

Dari Pantai Seruni Anda perlu mengambil jalan setapak menuju Watunene. Sedangkan kendaraan dapat diparkir di tempat parkir pantai Seruni.

Pengunjung harus berjalan kaki dari Pantai Seruni hingga ke bukit yang ada di kawasan Pantai Seruni. Pasalnya Pantai Watunene berada di balik tebing.

Meski melelahkan, namun akan terbayar dengan keindahan laut dan garis pantai di Watunene. Karena itulah liburan di tempat ini sangat direkomendasikan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai WatuneneFoto: Google Maps/Ade Putra Ardhana

Suasana sejuk dan damai menyelimuti pantai ini, keindahannya tetap terjaga karena jarang terjamah. Keadaan serupa ini memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilakukan tanpa hambatan, seperti:

1. Berenang atau berjemur di Pantai Watunene

Aktivitas yang sering dipilih pengunjung di Pantai Watunene Gunung Kidul adalah berenang di air laut yang bersih dan jernih. Ombak di sini cukup tenang sehingga menjadi tempat yang aman untuk berenang.

Jika Anda tidak ingin berenang atau bermain air, Anda tetap bisa menikmati hangatnya sinar matahari di pantai cantik ini. Di sekitar pantai tersedia tikar yang bisa disewa beberapa jam.

Jangan lupa membawa handuk pribadi agar Anda merasa nyaman saat bersantai di pasir hitam putih yang halus.

2. Menjelajahi pantai dengan memanjat tebing

Tebing kapur Pantai Watunene yang menjulang tinggi menawarkan petualangan menarik. Pengunjung dapat memanjat tebing ke atas untuk menikmati pemandangan spektakuler. Namun kegiatan ini memerlukan pengalaman pendakian dan peralatan yang sesuai.

3. Menyelam dan snorkeling

Siapa pun yang terpesona dengan keajaiban dunia bawah laut tidak boleh melewatkan menyelam dan snorkeling. Pantai Watunene merupakan rumah bagi berbagai terumbu karang berwarna-warni dan keanekaragaman hayati laut.

Peralatan snorkeling tersedia untuk disewa dan pengunjung dapat mengikuti tur menyelam yang diselenggarakan oleh operator lokal.

4. Berkemah atau menginap di homestay

Untuk menikmati keindahan Pantai Watunene lebih lama, pengunjung bisa berkemah di area yang telah ditentukan atau menginap di homestay. Area camping yang luas memungkinkan untuk camping bersama teman atau keluarga.

Sementara itu, homestay menawarkan kesempatan untuk merasakan kehidupan pedesaan dan berhubungan dengan penduduk setempat.

5. Memancing di laut

Pantai Watunene Gunung Kidul juga merupakan tempat yang ideal bagi para pecinta memancing karena banyak spot yang dihuni oleh berbagai jenis ikan.

Salah satu spot mancing yang direkomendasikan adalah tebing laut yang menggunakan umpan seperti rajungan atau gyro. Waktu terbaik untuk memancing adalah pada pagi hari saat suhu air masih ideal bagi ikan untuk mencari makan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai WatuneneFoto: Google Maps/Nova Ariyanto

Karena merupakan surga tersembunyi, maka tidak banyak fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai Watunene. Bahkan jarak parkirnya pun cukup jauh dari tempat wisata. Jadi cukup beresiko jika kita berangkat sendiri.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak membawa kendaraan pribadi karena lokasi parkirnya cukup jauh. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kendaraan pengunjung hilang atau dicuri.

Namun kawasan ini sangat layak untuk digunakan Berkemah, karena lahan untuk camping masih luas. Inilah salah satu fasilitas yang ditawarkan Watunene.

Meski harganya murah, namun fasilitas yang bisa kita temukan di kawasan wisata ini cukup lengkap. Berikut fasilitas wisata bahari ini:

Kamar mandi umum

Minimnya biaya masuk bukan berarti minim fasilitas. Di sini kita menemukan toilet umum.

Toilet umum sangat penting dan harus ada di setiap destinasi wisata bahari. Agar Anda pulang dari liburan pantai dalam keadaan bersih, hal ini juga bisa dilakukan di resor wisata Watunene.

Walaupun fasilitas ini merupakan fasilitas umum, namun kebersihannya cukup baik. Di kamar mandi ini kita bisa mendapatkan air bersih.

Warung makan

Fasilitas lainnya adalah warung makan. Sehingga setelah lelah bermain air di pantai, kita bisa makan untuk menghilangkan rasa lapar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain air sepanjang hari membuat kita lapar dan membutuhkan nutrisi segera. Oleh karena itu, keberadaan warung makan sangatlah penting.

Apalagi saat kita sedang lelah bermain di pantai dan saat lapar melanda, kita ingin segera mencari makan. Jadi Anda harus segera mulai mencari stand jajanan.

Akomodasi dan tempat ibadah

Keindahan pantai “perawan” ini membuat setiap pengunjung terpesona. Jadi Anda tidak akan puas jika menghabiskan liburan seharian di kawasan ini.

Karena liburannya bisa memakan waktu hingga berhari-hari, pengunjung memerlukan akomodasi. Untungnya opsi ini juga tersedia di pantai ini.

Tempat ibadah seperti musala juga tersedia di sini. Agar umat islam bisa shalat saat bermain.

Dengan keindahan alamnya yang mempesona, Pantai Watunene di Gunung Kidul menawarkan surga tersembunyi yang memanjakan setiap pengunjungnya.

Dari deburan ombak yang menenangkan hingga panorama matahari terbenam yang tak terlupakan, setiap momen di pantai ini merupakan perjalanan tak terlupakan menuju keajaiban alam.

Mari kita jaga dan lestarikan keindahan ini agar generasi mendatang dapat merasakan pesona Pantai Watunene yang luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button