Tak Berkategori

Lihatlah pesona Pulau Karang, pulau kecil tak berpenghuni di tengah kota Tapanuli

Temukan keindahan tersembunyi Pulau Karang, pulau kecil tak berpenghuni di pusat kota Tapanuli yang menawarkan panorama alam mempesona dan suasana tenang.

Biaya tur: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sitiris-Tiris, Kec. Andam Dewi, Cab.Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pulau karang mungil di provinsi Sumatera Utara ini menjadi tujuan wisata para pecinta alam. Keindahan kawasan dan hamparan pasir putih yang luas menjadi daya tarik tersendiri yang menarik perhatian wisatawan.

Pasir putih di pantai. Airnya terlihat biru, jernih dan hangat serta memiliki daya tarik tersendiri. Kondisi ombak yang umumnya kecil dan stabil sehingga aman dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga yang ingin bermain air.

Pemandangannya yang sejuk membawa ketenangan pikiran, membuat perasaan lebih rileks dan nyaman. Berlibur di tempat ini menjadi salah satu alternatif untuk mengisi ulang tenaga setelah beraktivitas sehari-hari.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Karang

Daya tarik Pulau KarangFoto: Google Maps/Aldi Renaldi

Sebagai destinasi wisata bahari, pantainya yang putih dan bersih menjadi daya tarik terbesar pulau ini. Sederet pulau kelapa menjulang di pinggir pulau.

Airnya yang biru, bersih dan jernih memberikan gambaran jernih isinya. Kehidupan laut di sekitar pulau masih terbatas, namun Anda dapat melihat hewan-hewan kecil berwarna-warni di sana-sini.

Pulau kecil yang tidak berpenghuni

Daya tarik Pulau Karang di tengah Tapanuli yang pertama adalah tidak adanya penduduk di sana. Tidak ada penduduk yang tinggal di sana.

Pulau ini biasanya sepi, terutama pada hari kerja, tetapi lebih sibuk pada hari libur dan akhir pekan.

Jika Anda menyukai suasana tenang, disarankan berkunjung pada hari biasa. Nikmati suasana tenang serasa berada di pulau sendiri.

Pulau tanpa karang

Meski disebut karang, namun tidak ada kawasan yang penuh karang di pulau ini. Konon karang yang dulunya tumbuh di pulau ini rusak akibat pengeboman.

Akibatnya, terumbu karang yang ada pun rusak dan saat ini hanya ada dalam jumlah yang sangat terbatas.

Meski karangnya tidak banyak, namun pemandangan indah tersaji di seluruh kawasan. Artinya, banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa diabadikan dan kemudian dibagikan ke akun media sosial.

Bebas dari binatang yang mengganggu

Kondisi alam yang aman menjadi daya tarik pengunjung yang ingin berkemah di karang ini. Tidak ada reptil seperti ular yang berbahaya bagi manusia.

Faktor keamanan inilah yang membuat perjalanan ke destinasi wisata menjadi aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau KarangFoto: Google Maps/Emir Haris

Kawasan wisata Pulau Karang terletak di Kab.Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Lebih tepatnya yakni di Sitiris Tiris, Kec. Andam Dewi.

Jarak menuju tempat ini cukup jauh, sekitar 275 km. Jalur ini dapat ditempuh melalui jalur darat dalam waktu 8-9 jam, tergantung rute yang dipilih.

Dari Barus bisa langsung menuju kawasan pelabuhan di desa Darusalam menuju pasar Sorkam.

Di pelabuhan Anda akan menemukan sejumlah perahu yang dijalankan oleh nelayan setempat yang akan membawa Anda ke tujuan dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Biaya perjalanan ke Pulau Karang

Untuk memasuki pulau ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk, gratis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan dana untuk kebutuhan Anda selama berada di pulau ini, seperti membeli bahan makanan dan kelapa segar.

Biaya utama yang perlu dipersiapkan adalah transportasi perahu dari Barus. Biaya sewa perahu perahu Untuk perjalanan pulang pergi biayanya antara 400.000 hingga 500.000 rupiah per kapal. Setiap perahu dapat menampung hingga 15 penumpang dewasa.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau KarangFoto: Google Maps/Ibrahim Cholid

Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di pulau ini. Beberapa dari mereka adalah:

1. Menikmati keindahan pantai dan pulau

Keindahan pasir putih dan deretan pulau kelapa sayang untuk dilewatkan. Kontrasnya pemandangan pantai yang biru dengan kondisi hijau Pulau Karang memberikan daya tarik tersendiri.

2. Bermain air di Pulau Karang

Airnya yang jernih mengundang Anda untuk berenang. Anak-anak bisa berenang dengan aman lalu bermain pasir di pinggirnya. Airnya hangat sehingga seluruh anggota keluarga bisa berenang dengan nyaman.

Kekasih Snorkeling Anda juga bisa mengagumi keindahan bawah laut Pulau Karang yang berada di tengah kota Tapanuli. Biota lautnya memang masih terbatas, namun Anda akan merasakan kejutan-kejutan indah dari satwa laut yang ada.

3. Di sekitar pulau

Dengan diameter pulau yang tidak lebih dari 1,5 km, Anda bisa dengan mudah mengelilingi pulau tersebut. Jangan lupa hilangkan dahaga dengan meminum air kelapa muda yang ditawarkan oleh pedagang di sana.

4. Perkemahan

Siapkan perlengkapan Anda untuk berkemah di Pulau Karang di Tapanuli tengah. Kondisi pulau yang bebas dari satwa liar memungkinkan untuk digunakan dengan aman sebagai tempat perkemahan.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan keindahannya matahari terbenam Dan matahari terbit dengan kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pulau Karang Fasilitas Pulau KarangFoto: Google Maps/Chiko Ryendy

Pengelolaan kawasan wisata Pulau Karang sebagai objek wisata belum mendapat perhatian maksimal dari pihak-pihak terkait. Artinya, Anda tidak akan menemukan banyak fasilitas di lokasi ini.

Fasilitas seperti toilet masih terbatas. Terdapat pos penjagaan dan rumah penduduk di pulau ini, sehingga pengunjung yang memutuskan untuk berkemah tidak akan sendirian.

Ada pula pedagang yang menawarkan barang seperti makanan dan kelapa untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Belakangan ini tempat wisata ini mulai menarik perhatian.

Berbagai pengembangan dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan, seperti penyediaan spot selfie dan penyediaan fasilitas pendukung seperti jaket pelampung untuk keselamatan pengunjung yang ingin menyeberang.

Fasilitas yang ada belum maksimal, namun terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, serunya naik perahu dan indahnya pemandangan Pulau Karang menjadikannya layak untuk menambah daftar tempat wisata yang ingin Anda kunjungi di kemudian hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button