Tempat Wisata

Lihatlah pesona Telaga Biru Kolaka, sebuah telaga cantik yang dikelilingi tebing-tebing eksotik

Temukan keindahan Telaga Biru Kolaka, sebuah telaga indah yang dikelilingi tebing-tebing eksotis dan menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Walasiho, Kec. Wawo, Kab.Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; Map: Periksa lokasinya

Berkunjung ke Sulawesi Tenggara belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Telaga Biru Kolaka yang menakjubkan. Destinasi ini tepatnya berada di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Danau Kolaka tak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, namun juga cerita rakyat yang tak kalah menarik. Meluangkan waktu sejenak dari kesibukan seorang budak perusahaan untuk menyegarkan otak Anda saat bekerja terasa seperti hal yang mudah.

Musim liburan sudah dekat, jika masih ada waktu liburan sebaiknya segera dimanfaatkan. Jika sesekali berwisata ke Sulawesi Tenggara, Anda bisa memperluas penjelajahan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Daya tarik Telaga Biru Kolaka

Objek Wisata Telaga Biru KolakaFoto oleh Adriansyah Bakara di Google Maps

Banyak hal menarik saat berkunjung ke destinasi wisata di Sultra ini. Berikut beberapa tempat wisata yang sering menjadi alasan wisatawan berkunjung, seperti:

1. Air danau berwarna biru

Warna air danau yang kebiruan membuat siapapun yang memandang pemandangan di kawasan wisata menarik ini terpesona. Luasnya perairan biru menjadikan destinasi wisata ini sebagai surga tersembunyi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sesuai dengan namanya, Telaga Biru di Kolaka menampilkan keindahan alam sekitar dan indahnya kehidupan di bawah danau. Birunya air danau berpadu dengan hijaunya alam bisa menjadi tempat terbaik untuk refreshing.

2. Danau air payau yang sejuk

Danau air payau ini memiliki diameter 164 meter dan kedalaman maksimal 7 meter. Apalagi di pagi hari, Anda bisa menikmati kesejukan dan keindahan alam, sehingga oksigen yang Anda hirup lebih berkualitas.

Selain mengunjungi Telaga Biru Kolaka untuk berlibur, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat pemulihan setelah sakit. Namun, bisa diasumsikan bahwa jalan ke sana tidak bisa dibilang mudah. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki stamina yang baik.

3. Tebing tinggi di semua sisi

Aspek menarik lainnya dari tempat ini adalah tebing-tebing tinggi yang terhampar di kedua sisi danau. Tebing-tebing tinggi merupakan pemandangan alam yang juga secara alami berfungsi sebagai pemisah kawasan danau dengan pantai.

Pesona tebing tinggi ini bisa menjadi latar foto menarik saat diunggah ke Instagram. Selain bisa menikmati sejuknya udara, Anda juga bisa mengenang kembali kenangan liburan di Sultra.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Telaga Biru KolakaFoto oleh Hasan Almajid di Google Maps

Ada banyak cara untuk menuju kawasan wisata Telaga Biru Kolaka di Sultra. Anda bisa menggunakan mobil atau kendaraan pribadi. Dari pusat kota Kendari jarak menuju lokasi sekitar 320 kilometer atau perjalanan memakan waktu 3 hingga 4 jam.

Anda juga bisa menggunakan bus Kendari-Makassar yang bisa dilanjutkan dengan taksi setibanya di Kolaka. Arahkan sopir taksi ke Kabupaten Wawo atau beritahu langsung bahwa tujuannya adalah Danau Kolaka.

Alternatif lain bagi pengunjung luar kota atau luar pulau adalah naik pesawat terlebih dahulu ke Bandara Sangia Nibandera. Jika naik perahu bisa singgah terlebih dahulu di Pelabuhan Bajo lalu naik kapal feri menuju Pelabuhan Kolaka.

Biaya masuk dan jam buka

Menikmati keindahan alam umumnya menawarkan tiket lebih murah dibandingkan wisata buatan. Salah satunya, untuk mengikuti tur ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Jika membawa kendaraan, cukup membayar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Biaya masuk dan parkirnya hanya berkisar Rp 10.000 saja, sangat terjangkau untuk harga keindahan alam yang didapat.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Telaga Biru KolakaFoto oleh Robiyanto Wedha di Google Maps

Tentunya jika saya selalu berkunjung ke Sulawesi Selatan, rugi jika tidak ada kegiatan seru. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung di telaga biru ini seperti:

Naik perahu mini

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam dan air tanpa basah kuyup dan berganti pakaian, Anda bisa melakukannya dengan menaiki perahu mini. Anda bisa menyewa perahu mini dari pengelola setempat untuk menjelajahi objek wisata Telaga Biru Kolaka.

Datang sendiri atau bersama rombongan menikmati keindahan alam Sultra akan menjadi suatu kesenangan. Anda bisa sekedar duduk santai sambil melihat sekeliling dan sesekali mengambil foto suasana dengan kamera Anda Telepon genggam.

Menikmati matahari terbenam di Telaga Biru Kolaka

Menyaksikan matahari terbenam atau lebih dikenal dengan sebutan matahari terbenam dari berbagai titik tepat memastikan kenangan terbaik. Anda mungkin sudah berkali-kali melihat matahari terbenam dari atas sebuah gedung, namun momennya tentu berbeda.

Jika Anda setiap hari menikmati matahari terbenam karena kemacetan di jalan raya atau karena lembur, kini Anda bisa menikmati matahari terbenam bersama keindahan alam lainnya di Telaga Biru. Melarikan diri dari stres pekerjaan sesekali tentu bukan hal yang buruk.

Snorkeling Nikmati di bawah air

Snorkeling Ternyata hal tersebut juga bisa dilakukan di Telaga Biru di Kolaka. Aktivitas bawah air ini memerlukan peralatan dan persiapan yang matang. Anda dapat membawa peralatan Snorkelingsejak aku meninggalkan rumah.

Pastikan stamina fisik Anda juga dalam kondisi prima agar tidak terjadi hal buruk selama beraktivitas di lokasi. Selain itu, cobalah makan sesuatu terlebih dahulu sebelum menikmati keindahan dan kehidupan bawah laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Telaga Biru KolakaFoto oleh Alannia NASA di Google Maps

Surga tersembunyi di Sulawesi Tenggara ini menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Sudah tersedia toilet dan ruang ganti yang bisa diakses pengunjung jika berkenan Snorkeling atau berenang di area danau.

Tempat ini juga memiliki gazebo dan tempat duduk tepi danau yang bisa digunakan untuk bersantai. Jika Anda tidak ingin naik perahu atau sekadar ingin menikmati matahari terbenam dan mengabadikan suasana sekitar, Anda bisa duduk saja di gazebo.

Di sekitar danau juga terdapat persewaan peralatan renang, sehingga pengunjung tidak perlu membawa peralatan renang sendiri. Jika Anda lapar, tersedia warung makan yang bisa semakin memperkaya liburan Anda di Telaga Biru Kolaka Sulawesi Tenggara.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button