Berita Wisata

LKBA Kabupaten Serang 2022, RW 04 Desa Sasahan Tunjukkan Percaya Diri – radarbanten.co.id

WARINGINKURUNG, RADARBANTEN.CO.ID – RW 04 Desa Sasahan, Kecamatan Waringinkurung terlihat lebih bersih, berbunga-bunga, rapi dan indah dibandingkan tahun 2021. Pada tahun 2022, Sasahan terlihat percaya diri dan jauh lebih segar dari tahun sebelumnya.

Dalam Lomba Desa Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang tahun 2022, dua RT RW 04 semuanya tertata rapi dengan pagar dan cat di sepanjang jalan dan gang. Pernak-pernik yang membentang di sepanjang jalan plastik menambah keindahan pemandangan.

Demikian pula, halaman warga tampak bersih. Sampah plastik yang biasanya berserakan sudah tidak terlihat lagi.

Tim Juri LKBA 5 orang terdiri dari Imadul Majdi (Kepala PM DPMD) Kabupaten Serang, Ali Sudarsono (Polres Banten) dan M Widodo (Radar Banten). Ketiganya merasa puas dan kagum dengan kekompakan warga dalam mengelola desanya.

RW 04 terdiri dari dua RT. Yakni RT 010 Kampung Silegedu dan RT 011 Kampung Silebu. Keadaan desa sendiri menyerupai pemukiman di daerah perbukitan. Jalan dan gang naik turun. Jalan desa sendiri sudah dibeton, sedangkan jalurnya diaspal dengan balok.

Juri Polda Banten Ali Sudarsono (kanan) didampingi Kepala Desa Sasahan (kiri) menyambangi desa tersebut. Foto: M Widodo/Radar Banten

Beberapa rumah warga dibangun mengikuti kontur alam. Hampir setiap rumah tumbuh berbagai macam bunga berwarna-warni. “Seperti di Bandung. Banyak bunga dan desanya bersih,” kata Ali Sudarsono, juri Polda Banten.

Ali Sudarsono juga mengapresiasi Pos Satkamling RW 04 ini cukup baik dan lengkap. “Selama beberapa hari keliling kampung, hanya posko RW 04 Desa Sasahan yang fasilitasnya lengkap,” kata Ali Sudarsono yang gemar membuat lelucon keren ini.

Sementara itu, Imadul Majdi selain mengapresiasi partisipasi warga dalam menjalankan desa, juga mengapresiasi partisipasi warga dalam menyumbang atau membayar iuran warga yang dicatat dan dipajang secara cermat di dekat Pos Satkamling. “Benar. Semua sumbangan warga baik uang dan barang, kopi, rokok dicatat,” kata Idi, panggilan akrab Imadul Majdi.

Dalam perjalanannya mengitari desa Imadul, ia banyak bertanya terkait tata ruang desa yang menurutnya cukup maksimal.

Kades Sasahan Karuji di pojok RT 011 Kampung Silebu. Foto: M Widodo/Radar Banten

Seperti biasa di desa-desa lain, Pak Widodo berpesan kepada kepala desa, ketua RW, ketua RT, pemuda dan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan, ketertiban dan keamanan lingkungan. “Karena kalau indah, rapi dan berbunga-bunga, masyarakatlah yang diuntungkan dulu. Kalau lingkungan bersih, anak-anak tumbuh sehat. Kondisi ini tolong dijaga,” saran Ibu Widodo.

Menanggapi semua kontribusi tersebut, Kepala Desa Sasahan Karuji berjanji akan selalu bersama warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Mantan guru Al Irsyad Banten yang mengabdi puluhan tahun ini bangga dengan warganya yang selalu mendukung gotong royong. “Jadi tidak sulit bagi desa untuk mengajak masyarakat memperbaiki lingkungan. Pengelolaan lingkungan sepenuhnya dilakukan oleh warga, Pak,” kata Karuji yang berasal dari Sasahan.

Karuji menambahkan, potensi Desa Sasahan cukup beragam. Alamnya yang indah mendapat pujian dari mantan Menteri Pertanian, Anton Apriantono. “Dia sudah tiga kali ke sini, Pak. Kagum dengan keindahan alam Sasahan,” lanjut Karuji.

Tidak hanya itu, Sasahan juga terkenal dengan hasil salak, emping dan berbagai jenis emping. “Di Sasahan juga ada pengrajin pisau dan tembakau dari daun talas beneng,” pungkasnya.

Penulis/Editor: M Widodo

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button