Berita Wisata

Lokasi, harga tiket masuk dan atraksi

Jika Anda mencari pantai indah yang enak dipandang mata, namun tidak terlalu ramai, Pantai Balangan Bali akan sesuai dengan preferensi Anda. Pantai ini cukup terpencil, sehingga pengunjungnya tidak sebanyak pantai lainnya. Berikut informasi lengkapnya!

Tentang Pantai Balangan di Bali

Mengutip badungtourism.badungkab.go,id, Pantai Balangan merupakan salah satu pantai di Bali yang tersembunyi di antara dua tebing curam. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau Bali ini bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk dikunjungi. Aksesnya sendiri tidak terlalu sulit dan suasananya masih cukup alami dan sejuk karena belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Balangan terkenal sebagai tempat selancar favorit selain Pantai Dreamland. Kemudian, aktivitas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang terlihat dari Pantai Balangan menjadi poin tambahan untuk pesona pantai itu sendiri. Anda akan menemukan tebing-tebing tinggi dengan lekukan-lekukan yang terbentuk akibat erosi ombak di sebelah timur, sedangkan di sisi barat ditumbuhi tebing-tebing tinggi yang dipenuhi tanaman, seperti pohon palem.

Lokasi dan Arah Menuju Pantai Balangan di Bali

Sebelumnya disebutkan bahwa pantai Balangan di Bali memiliki lokasi yang cukup tersembunyi di antara dua tebing curam. Untuk memasuki pantai ini, Anda harus melalui jalan yang cukup sempit dengan lalu lintas yang sedikit, tidak seperti Pantai Kuta yang jalanannya selalu penuh dengan kendaraan yang lalu lalang dan ramai dikunjungi wisatawan.

Alamatnya sendiri berada di Desa Ungasan, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Dibutuhkan setidaknya 35 menit untuk sampai ke Pantai Balungan di Bali dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Penggunaan kendaraan pribadi atau sewa juga lebih diutamakan karena tidak ada angkutan umum yang dapat mengantar pengunjung ke Pantai Balangan.

Rute Pantai Balangan bisa dimulai dengan melewati Jalan Uluwatu, lalu belok kanan ke Jalan Pantai Balangan saat sampai di perempatan. Sepanjang Jalan Pantai Balangan Anda akan menemukan jalan sempit berkelok-kelok dan beberapa bagian menanjak. Namun kondisi jalannya masih bagus dan sudah beraspal.

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus menuruni sejumlah anak tangga yang akan membawa Anda ke pantai hanya dalam waktu 5 menit.

Harga Tiket Masuk Bali Balangan Beach Nusa

Meskipun Pantai Balangan di Bali merupakan salah satu pantai dengan keindahan alam yang memikat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk Pantai Balangan.

Pantai Balangan sendiri masih tergolong baru dan belum dikelola secara resmi sehingga pengunjung atau wisatawan tidak memerlukan tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Balangan yang masih terlihat alami karena lokasinya yang jauh dari keramaian.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda setidaknya harus membayar biaya parkir jika membawa kendaraan sendiri. Biaya parkir kendaraan untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp 5.000 sedangkan untuk mobil biaya parkir sebesar Rp 15.000.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Balangan Bali

Ada berbagai aktivitas yang cocok dilakukan selama Anda berada di Pantai Balangan Bali. Berbagai kegiatan tersebut didukung oleh suasana, fasilitas atau potensi alam yang memungkinkan terwujudnya kegiatan tersebut. Berikut adalah kegiatan yang berbeda:

1. Berselancar

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Balangan Bali adalah berselancar. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan selama berkunjung. Anda bisa membawa baju pantai dan perlengkapan lainnya untuk bisa menikmati aktivitas surfing.

2. Matahari terbenam

Pantai Balangan terkenal dengan pasir putihnya yang bersih. Tak hanya itu, Pantai Balangan juga memiliki pesona sunset atau matahari terbenam yang layak diabadikan dengan foto.

3. Kuliner

Kegiatan selanjutnya adalah memasak. Kegiatan ini cocok untuk kamu yang hobi memasak. Di sekitar pantai terdapat berbagai macam masakan khas Pantai Balangan, termasuk seafood, Anda juga bisa membeli oleh-oleh pantai untuk keluarga saat Anda kembali ke rumah.

Atraksi Pantai Balangan Bali

Terlepas dari minimnya kunjungan wisatawan ke Pantai Balangan karena letaknya yang tersembunyi, Pantai Balangan memiliki pesona tersendiri yang sebenarnya indah untuk dikunjungi dan dilihat. Atraksi tersebut adalah:

1. Pantai yang indah

Keindahan berbagai pantai di Bali sudah tidak diragukan lagi, sehingga para wisatawan sering menjadikan pantai sebagai tujuan utama mereka. Dari sekian banyak pantai yang ada, Pantai Balangan merupakan salah satu pantai terindah di Bali. Pantai Balangan sendiri telah terdaftar sebagai salah satu pantai terbaik di Jimbaran.

Keindahan pantai ini bisa dilihat dari pasir putihnya yang bersih dan lembut, sehingga selalu nyaman digunakan untuk berjemur di pantai. Tak hanya itu, Pantai Balangan juga diapit oleh dua bukit yang seolah melindungi. Anda bisa menikmati matahari terbenam atau sunset di sore hari untuk merasakan keindahan alam lainnya.

2. Spot foto prewedding yang cantik

Mengingat Pantai Balangan sebagai pantai dengan pemandangan yang indah, maka tak heran jika pantai ini dijadikan sebagai spot atau tempat pemotretan prewedding. Foto prewedding dengan keindahan laut biru dan berada di atas bukit akan memberikan kesan romantis dan natural.

3. Berbagai wisata menarik

Daya tarik selanjutnya adalah beragam aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Sebagai pengunjung Anda bisa berenang, berselancar, memancing dan makan di berbagai kafe yang ada di pinggir pantai. Saat air laut surut, Anda juga bisa bermain air atau mandi di antara bebatuan.

Spot Foto Terbaik di Pantai Balangan Bali

Keindahan Pantai Balangan menjadikannya tempat yang tepat untuk berfoto. Namun, bagian mana yang dianggap sebagai spot foto terbaik di pantai? Berikut ini contohnya:

  • Ubud
  • Kintamani
  • Seminyak dan Canggu
  • Jimbaran dan Uluwatu
  • Bedugul
  • Sanur
  • Pulau Nusa
  • bali timur

Itulah berbagai informasi yang bisa Anda dapatkan dari pantai Balangan di Bali. Pantai tunggal ini merupakan pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk. Namun, hal inilah yang menjadikan Pantai Balangan salah satu pantai yang masih terlihat alami dan bersih.

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button