Tempat Wisata

Lokasi, sejarah, wahana dan tiket

Guji Tegal adalah nama tempat wisata di Jawa Tengah. Tempat wisata ini terkenal memiliki pesona pemandangan alam yang indah dan alami serta sumber air panas yang mengandung mitos yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jadi kalau berkesempatan berkunjung ke Jawa Tengah apalagi ke sana Kota Tegalmaka jangan lewatkan kesempatan untuk menghabiskan liburan di tempat wisata guci tegal.

Lantas, apa saja daya tarik yang dimiliki tempat wisata Guci di Tegal ini?

Pada kesempatan kali ini Wisatabagus akan menginformasikan mengenai harga tiket masuk, sejarahnya dan jenis oleh-oleh khas Tegal yang bisa Anda bawa pulang setelah liburan ke sana.

Semuanya akan diperiksa di artikel ini. Jadi silakan baca terus.

jar-tegal-java-tengah

Wisata Guci Tegal

Mungkin sedikit aneh ketika mendengar nama tempat wisata ini untuk pertama kalinya. Ya, Guci TegalPadahal, inilah nama yang diberikan Pemkot untuk salah satu tempat wisata di Jawa Tengah.

Penamaan ini tak lain karena wahana utama tempat wisata ini berupa pemandian air panas berbentuk pancuran.

Di mana semburan pancuran, yang melambangkan jalan keluar dari air panas, menyerupai semburan kendi.

Anda pasti pernah melihat kaca, bukan?

Jika tidak, anggap saja seperti ketel berisi air minum.

Juga penamaan Guci Tegal Untuk tempat wisata ini juga dikaitkan dengan sejarah jaman dahulu yang dianggap oleh masyarakat setempat sebagai cikal bakal atau asal usul keberadaan mata air. pemandian air panas di tempat wisata ini.

Daya tarik tempat wisata Guci Tegal yang pertama adalah tempat wisata ini berada di dataran tinggi.

Jarak dari permukaan laut adalah 1.050 meter. Jadi, ketika Anda berada di tempat ini, Anda pasti akan merasakan udara sejuk dan suasana khas pegunungan.

Situs Guci Tegal juga berada di kawasan pegunungan yang konon merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Lokasinya tepat di kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah. FYIDengan ketinggian sekitar 3.428 meter di atas permukaan laut, Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

hotel guci tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Berdasarkan ini, tidak mengherankan bahwa Kawasan wisata Guci Tegal memiliki udara sejuk yang sangat menyejukkan, cocok sebagai tempat untuk menghilangkan rasa tidak nyaman setelah menanggung beban hidup sehari-hari.

Kemudian daya tarik tempat wisata Tegal Guci selanjutnya adalah pemandian air panasnya yang penuh dengan misteri dan mitos.

Perlu diketahui bahwa pemandian air panas di tempat wisata ini terdiri dari dua pemandian utama, yaitu pemandian ke-13 dan pemandian ke-7.

Sebenarnya ada rumah pemandian lain dengan 5 pancuran. Namun yang biasanya ramai pengunjung adalah dua kamar mandi utama.

Baca juga tempat wisata lobak di jawa tengah lainnya seperti batu gunung

Kedua pemandian utama ini sangat populer di kalangan wisatawan karena mitos yang melingkupinya. Namun kedua tempat wisata tepi pantai ini dapat mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.

Bahkan mandi dengan 13 pancuran pun dipercaya dapat membawa kesehatan bagi siapa saja yang mandi atau berendam di pancuran.

perkemahan-guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Mitos seperti ini tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Meskipun demikian, mitos ini terus berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat, seringkali dimaksudkan untuk membuktikan bahwa mitos ini benar adanya.

Ya, mungkin kesembuhan penyakit yang dicapai setelah mandi di pancuran air panas adalah karena keyakinan penderita yang sangat dalam terhadap penyakit tersebut. Tanpa disadari, keyakinan ini telah mendorongnya untuk pulih.

Semua orang kembali ke diri mereka sendiri untuk percaya mitos ini atau tidak. Hanya yang kuat yang memiliki pengetahuan mutlak tentang itu.

Baca juga: Umbul Sidomukti

Sejarah Tempat Wisata Guci Tegal

Melanjutkan asal usul penamaan tempat wisata ini dengan nama Guci Tegal ternyata memiliki kaitan yang erat dengan sejarah yang diyakini masyarakat sebagai latar belakang terbentuknya mata air panas di tempat ini.

Konon sebelum ajaran Islam menyebar di daerah Tegal, diutus seorang pengawal atau ustadz untuk mendakwahkan Islam kepada masyarakat Tegal.

penginapan guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Uniknya, dimanapun dan kapanpun sang wali menyampaikan dakwahnya, ia selalu membawa kendi berisi air, yang selalu diberikan kepada orang yang didakwahnya.

Karena yakin akan keefektifan air yang diberikan oleh wali, kebutuhan air masyarakat meningkat hingga akhirnya wali tidak bisa lagi memenuhinya secara langsung.

Dalam kondisi seperti itu, Wali kemudian akan menancapkan tongkat yang selalu dibawanya ke tanah setiap kali berdakwah.

Kemudian atas izin Yang Maha Kuasa, dari lubang tanah tempat tongkat penjaga tertancap, keluarlah sumber air panas, yang kemudian diambil oleh masyarakat.

Hingga saat ini, air panas terus mengalir dari mata air yang diyakini masyarakat penuh manfaat dan kebaikan. Mata air ini sekarang mengalir dari pancuran Tempat wisata di guci tegal.

Dan melihat cerita di atas, nama Guci Tegal yang menjadi nama tempat wisata ini berasal dari nama tempat penampungan air yang selalu dibawa oleh penjaganya.

kacamata sejarah tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Lokasi Guci Tegal

Tempat wisata Guci Tegal beralamat lengkap di Jln. Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Jarak menuju pusat kota Tegal sekitar 43 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan mobil.

sementara tentang Jalan Menuju Guci TegalAnda bisa melewati jalur utama dengan memulai perjalanan dari pusat kota Tegal menuju Purwokerto.

Dari Purwokerto, lanjutkan perjalanan menuju Slawi dan cari atau singgah setelah sampai di kecamatan Lebaksiu.

Sekarang di Kecamatan Lebaksiu, tepat di pertigaan Yomani-T, Anda akan menemukan penunjuk arah yang akan membawa Anda ke Guci. Jarak pertigaan ini ke Desa Guci sekitar 25 kilometer.

Agar lebih praktis mencari rute tercepat dan termudah menuju tempat wisata Guci, sebaiknya gunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Aplikasi menunjukkan dimana lokasi tempat wisata guci tegal di aplikasi ini lanskap Hapus rencana lokasi.

penginapan-dalam-guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Harga tiket masuk Guci Tegal

Biaya masuk ke Guci Tegal apa yang harus Anda beli untuk masuk tidak mahal tapi sangat murah.

Harga tiket masuk wisata Guci Tegal saja Rp 5.000 per orang dewasa dan Rp4.500 per anak pada hari kerja. Sedangkan pada hari libur nasional, tiket dewasa dijual dengan harga tertentu Rp 7000 tiket per orang dan anak-anak dijual seharga Rp6.500 per anak.

jenis tiket Harga
Hari kerja (Senin – Jumat)
– Anak-anak Rp4.500
– Matang Rp 5.000
Libur (Sabtu – Minggu)
– Anak-anak Rp 6500
– Matang Rp 7000

Baca juga: Water Blaster Semarang

fasilitas wisata Guci Tegal

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang terus mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, maka segala fasilitas dan wahana yang dapat memudahkan dan memuaskan para pengunjung terus ditingkatkan dan dibangun oleh pihak-pihak tersebut. Manajer Guci Tegal.

Beberapa fasilitas yang saat ini tersedia di tempat wisata Guci Tegal antara lain kolam renang, guest house dengan fasilitas lengkap dan zona keluarLapangan tenis, lapangan sepak bola, kereta gantung dengan tarif Rp20.000 per orang dan daerah tempat perkemahan.

Kemudian bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan wisata ini namun malas berjalan kaki, tersedia juga tempat menyewa kuda yang siap berkeliling kawasan wisata dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

Untuk mengisi perut, warung atau rumah makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, baik ringan maupun berat, juga telah didirikan di beberapa tempat di sekitar tempat wisata.

tiket masuk wisata jar tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Baca juga: Bukit Sekipan Tawangmangu

Penginapan di dekat Wisata Guci Tegal

Apakah ada penginapan di sekitar Wisata Guci Tegal?

Pertanyaan ini tentu membuat khawatir wisatawan yang berniat menginap di tempat wisata Guci Tegal.

Dan kabar baiknya, di sekitar tempat wisata ini juga ada penginapan yang bisa disewa dengan harga yang relatif murah untuk menginap.

Akomodasi di tempat ini adalah keluarga angkat dan hotel mulai dari hotel kelas bawah hingga hotel kelas atas. Anda tinggal memilih sesuai selera dan ketersediaan dana.

Baca juga: Vertigo Rawa

Oleh-Oleh Khas Tegal di Tempat Wisata Guci

Meski bukan keharusan, terkadang menjadi keharusan bagi sebagian orang untuk membawa pulang oleh-oleh atau oleh-oleh untuk keluarga setelah musim liburan.

Nah, setelah berwisata ke Guci Tegal, Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga baik berupa makanan khas maupun jajanan. suvenir.

Beberapa makanan khas Tegal yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah buah ceremai, manisan pepaya, sayur dan buah-buahan.

sementara untuk suvenir atau oleh-oleh tentunya bentuknya bermacam-macam, anda tinggal mencarinya di toko-toko penjualnya suvenir yang juga berada di kawasan Wista Guci.

souvenir-oleh-toples-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Temukan lebih banyak tempat menarik di Tempat wisata di Boyolali ini adalah salah satu kota di jawa tengah.

Oleh karena itu, ulasan singkat tentang tempat itu Wisata Guci Tegal. Dengan daya tarik panorama kawasan yang mempesona dan fasilitas lengkap yang tersedia di sana, tak ragu untuk menjadikannya salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Jawa Tengah.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button