Tempat Wisata

Lokasi, Snorkeling & Tiket Masuk

Simak ulasan tentang √ Sejarah, √ Harga Tiket, √ Biaya Sewa Fasilitas dan Peralatan di tempat wisata Umbul Ponggok Klaten berikut ini.

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata air di jawa tengah tepatnya di kota klaten. Tempat wisata ini terkenal dengan wahana bawah airnya yang begitu unik dan berbeda dengan tempat wisata air lainnya di Jawa Tengah bahkan Indonesia.

Jika anda sedang mencari tempat liburan yang aman dan nyaman untuk berlibur bersama keluarga, maka Umbul Ponggok menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang menarik untuk dikunjungi.

Walaupun hanya kota kecil, namun dari segi pariwisata kota Klaten tidak kalah dengan kota-kota lain di Jawa Tengah seperti misalnya semarang atau Magelang.

Kota dengan luas sekitar 655,56 km2 ini memiliki puluhan tempat wisata berupa wisata alam, budaya, sejarah, edukatif, dan taman bermain.

Anda mungkin pernah mendengar nama-nama tempat wisata seperti Candi Sewu, Taman Kamboja, Candi Prambanan, Mata Air Cokrotulung, Kali Pusur, Umbul Jolotundo dan Umbul Kapilaler.

Tempat wisata di atas semuanya berada di Kabupaten KlatenJawa Tengah.

Gambar Umbul Ponggok

Selain tempat atau objek wisata yang telah kami uraikan di atas, masih ada belasan tempat wisata lain di kota Klaten yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata yang paling menarik dan menjadi salah satu primadona adalah Umbul Ponggok, sarana wisata air yang mengusung konsep wisata keluarga dan fotografi bawah air.

Umbul Ponggok atau yang juga sering disebut Umbul Ponggok Klaten menawarkan nuansa liburan yang sungguh unik.

Selain menikmati suasana kawasan yang terkesan masih alami, keberadaan tempat wisata berupa real estate yang jarang atau tidak ada di tempat wisata lainnya.

Wahana-wahana tersebut juga menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung dan menghabiskan liburannya di tempat ini.

Bayangkan betapa serunya berenang bersama ikan air tawar, bersantai di pinggir kolam, menikmati roti dan secangkir teh, atau bahkan berfoto di bawah air dengan motor keren. Semua bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok Klaten.

Kisah Umbul Ponggok

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang objek wisata Umbul Ponggok, tidak ada salahnya terlebih dahulu membahas sejarah singkat keberadaan objek wisata ini.

Jauh sebelum menjadi salah satu tempat wisata di Klaten yang paling populer seperti saat ini, tempat ini ternyata pernah menjadi obyek penting bagi kelangsungan industri gula yang dimiliki perusahaan saat menduduki Indonesia.

Ya. Umbul Ponggok bagi warga sekitar yang tinggal di kawasan tersebut merupakan tempat bersejarah. Di sinilah para pegawai pabrik biasa membangun rumah dan tinggal bersama keluarganya.

Cerita Umbul Ponggok

Umbul Ponggok saat itu merupakan sumber air utama untuk mengairi tanaman tebu sekaligus sumber utama pemenuhan kebutuhan air pabrik gula yang konon jumlahnya tidak kurang dari 5 pabrik.

Namun, setelah krisis tahun 1930 dan meningkatnya tuntutan kemerdekaan dari warga, pabrik gula ditutup dan Umbul Ponggok beralih peran sebagai pemasok air untuk perkebunan dan lahan pertanian warga.

Atraksi Umbul Ponggok

Kebutuhan akan tempat wisata yang nyaman dan relevan untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa nampaknya dapat dipenuhi dengan hadirnya objek wisata Umbul Ponggok.

Tempat ini tidak hanya menawarkan wahana untuk orang dewasa saja tetapi juga wahana untuk anak-anak.

Jadi, jika Anda datang bersama seluruh keluarga termasuk anak-anak tidak perlu khawatir, karena tempat ini juga telah menyiapkan area khusus yang nyaman dan aman sebagai tempat bermain anak-anak.

Bagi kaum milenial yang selalu ingin eksis dengan foto-foto unik di media sosial, kawasan bawah laut yang dilengkapi dengan berbagai jenis properti menjadi tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Nah, buat kamu yang ingin tampil beda saat teman-teman follow Facebook atau Instagram kamu, jangan lupa bawa kamera terbaikmu saat berkunjung ke Umbul Ponggok.

Harga tiket obyek perjalanan Umbul Ponggok

Untuk menikmati liburan seru di Umbul Ponggok, Anda cukup membayar tiket masuk Rp.15.000 per orang.

Jika Anda hanya datang untuk melakukan snorkelAnda dapat membeli tiket paket Rp30.000 Rupiah yang sudah termasuk biaya masuk, snorkel dan berenang.

Daftar Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok 2019

tiket Harga
Tiket masuk umum Rp 15.000 per orang
Paket tiket Rp 30.000 per orang

Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada, pengunjung harus siap membayar biaya sewa untuk setiap fasilitas yang akan digunakan.

Biaya pembelian tiket masuk hanya dikeluarkan untuk mandi atau berenang di kolam alam, taman bermain anak dan kolam renang anak.

Simak dan baca juga: Tempat wisata di boyolali

Kegiatan wisata di Umbul Ponggok

Dengan adanya wahana wisata yang cukup lengkap, kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di Umbul Ponggok sangat beragam.

Kegiatan Wisata Umbul Ponggok

Bagi Anda yang malas berenang, Anda bisa menikmati hari libur dengan duduk di tepi kolam sambil menikmati snack dan teh atau kopi panas.

Kemudian, bagi anda yang suka berpetualang di kedalaman air, Umbul Ponggok juga merupakan tempat yang sangat keren dan menantang.

Di sini Anda bisa snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut yang dihiasi berbagai jenis ikan.

Dan bahkan jika Anda tidak tahu cara snorkeling tetapi ingin mencoba, pengelola telah membentuk tim khusus yang siap melatih Anda untuk aktivitas tersebut.

ikuti instruksi snorkel dan MenyelamAnda hanya perlu membayar untuk layanan ini Rp.250.000.

Dengan biaya tersebut, Anda akan dipandu untuk menguasai snorkeling, lengkap dengan peralatan yang diperlukan seperti tangki oksigen, sirip, baju renang, dan kacamata.

Tak hanya itu, salah satu aktivitas atau hal unik yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok adalah sesi foto prewedding di dalam air.

Pada titik ini Anda bisa mendapatkan foto sebelum pernikahan unik dan beda dari yang lain hanya dengan membayar biaya sebesar Rp.3000.000.

Biaya ini sudah termasuk fasilitas sehari penuh selama pemotretan. Informasi tersebut berkaitan dengan penyewaan lapangan tembak dan biayanya membentuk, teh hijau fotoKostum dan dokumenter dalam bentuk cetak langsung dan video.

Selain kegiatan di atas, masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok. Bagi Anda yang suka berfoto, Anda bisa menjelajahi atau mencoba semua spot foto yang ada di tempat ini.

Sebagai spot foto Anda bisa memilih area di sekitar kolam atau spot foto bawah laut. Di air jernih, pihak pengelola telah menyediakan berbagai khasiat unik untuk memenuhi kebutuhan fosfor Anda.

Anda bisa memilih berfoto di tempat yang dilengkapi dengan sepeda motor, sepeda, becak, laptop, taman, TV, dan jet ski.

Simak dan baca juga: Tempat wisata di Semarang

Fasilitas umum

Mengelola fasilitas yang tidak ditujukan untuk manajer utama membuat biaya liburan Umbul Ponggok sepertinya agak mahal. Kecuali mushola, semua fasilitas di tempat ini hanya bisa digunakan dengan membayar biaya sewa.

Setiap fasilitas seperti loker, ban, tempat parkir, ruang cuci piring, alat peraga, kamera, masker, dan pelampung memiliki pengelolanya masing-masing. Hanya tiket masuk yang diproses oleh pengelola utama.

Jadi, selain membayar tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk membayar fasilitas yang ada jika ingin menggunakannya.

Namun percayalah, sistem ini hanya diterapkan untuk memberikan ruang bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta melestarikan Umbul Ponggok sambil menikmati keberadaannya.

Dengan pelibatan masyarakat, Umbul Ponggok akan terus lestari dan diharapkan masyarakat semakin sejahtera secara ekonomi.

Baca juga: Foto Wisata Hutan Pinus Kragilan, Magelang

Fasilitas Umbul Ponggok

Sebagai tambahan informasi, berikut beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok beserta biaya sewanya:

perabot biaya sewa
loker barang Rp3.000
masker atau snorkel Rp 13.000
pelampung berenang Rp7.000
Tempat sebelum pernikahan Rp300.000
Kamera bawah air 60 menit Rp60.000
ban Rp5.000
Foto grup bawah air 7 orang per jam Rp 100.000
properti foto Rp 30.000 – Rp 150.000
Taman Rp2.000 (2 sepeda) – Rp4.000 (4 sepeda)
ruang siram Rp 1.000

Alamat dan Rute Menuju Umbul Ponggok

Umbul Ponggok memiliki alamat lengkapnya di Jalan Raya Ponggok-Delanggu, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kode pos 57474.

Untuk mencapainya dari pusat kota Klaten, perjalanan memakan waktu sekitar 33 menit melalui jalan Ngaran-Sajen, dengan jarak tempuh sekitar 20,5 kilometer.

Kemudian tentunya rute menuju objek wisata Umbul Ponggok tergantung dari arah kedatangan Anda.

Akses jalan yang menghubungkan kota atau daerah lain menuju lokasi objek wisata ini sudah diaspal dengan baik. Oleh karena itu, sangat aman bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dibawah ini adalah contoh jalur menuju Umbul Ponggok yang bisa dilalui bagi anda yang berasal dari Jogja dan Solo.

Untuk daerah lain Anda dapat dengan mudah menemukan rute menggunakan aplikasi Peta Google.

alamat-umbul-ponggok

Baca juga: Taman Lawu Tawangmangu

Rute menuju Umbul Ponggok dari Jogja

Pengunjung dari Jogja bisa memulai perjalanan menuju Umbul Ponggok melalui jalan tol Jogja-Solo.

Sesampainya di perempatan depan RS Suradji Tirtonegoro ambil jalan lurus menuju GOR Gelsena Klaten.

Jadi sesampainya di GOR Gelsena, lanjutkan berkendara ke kiri menuju Polanharjo. Lurus terus sampai ketemu perempatan di samping markas Koramil.

Setelah sampai atau melihat Markas Koramil lurus terus hingga menemukan objek wisata Umbul Ponggok.

Baca juga: Pesona Umbul Sidomukti Hongaria semarang

Rute dari Solo ke Umbul Ponggok

Pengunjung dari Solo dapat memulai perjalanan menuju Umbul Ponggok melalui jalan raya utama Solo-Jogja.

Arahkan ke Terminal Penggung Klaten yang terletak di pertigaan menuju Desa Ponggok.

Belok kanan di sini dan terus lurus sampai Anda mencapai Markas Koramil. Dari Markas Koramil, khusus pertigaan dekat Markas Koramil, silahkan belok kanan lagi dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di lokasi Umbul Ponggok.

tiket masuk umbul ponggok

Simak dan baca juga: Tempat Wisata di Magelang

Ada banyak hal seru dan unik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan Umbul Ponggok Klaten. Nah, jika Anda sedang berada di Klaten atau kota lain di Jawa Tengah, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Tengah ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button