Berita Wisata

Longsor menghancurkan jalan utama di kawasan wisata Maribaya-Lembang

Bandung Barat

Ruas Jalan Maribaya di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terputus setelah longsoran material dari tebing di sepanjang jalur longsor pada Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 09.00.

Jalan ini merupakan akses utama dari kawasan Lembang menuju tempat wisata dan pemukiman penduduk serta sentra produksi sayuran yang tersebar di sejumlah desa termasuk Cibodas. Akses ini juga merupakan jalur alternatif dari Lembang menuju Kabupaten Bandung melalui perkebunan teh dan kebun kina.

“Itu jalan antar desa, di atas ada dua desa dan satu tempat wisata. Jadi untuk saat ini jalan benar-benar macet,” kata Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya saat dihubungi.

Dindin mengatakan, saat ini pihak kepolisian segera menutup akses untuk melakukan proses evakuasi material longsor yang menutup jalan agar bisa segera dilalui kembali, terutama oleh bus wisata.

“Saat ini kami bersama Polres Lembang, TNI dan BPBD terus berkoordinasi untuk segera mengerahkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan,” kata Dindin.

Namun, pembuangan dan pembersihan material longsoran harus mempertimbangkan potensi longsor susulan dari tebing. Jika dipastikan aman, baru bisa dilakukan evakuasi.

“Kami meminta warga dan pengendara untuk bersabar menunggu evakuasi selesai, semoga tidak terjadi longsor lagi,” kata Dindin.

Dindin mengatakan, saat kejadian, lalu lintas di lokasi longsor dalam keadaan tenang. Sedikit kendaraan yang melintas menuju Maribaya dari Lembang dan sebaliknya, sehingga tidak ada korban jiwa.

“Kebetulan jalannya sepi. Sekarang kendaraan dialihkan ke jalan alternatif yang menghubungkan desa-desa, tapi kondisi jalannya memprihatinkan,” kata Dindin.

(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button