Tempat Wisata

Lubana Sengkol, tempat mancing modern penuh pesona di Tangsel

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 09.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Kecamatan Selatan No.Km 1, RW.5, Muncul, Kec. Setu, Kota Tangsel, Banten; Map: Periksa lokasinya

Berawal dari kawasan pemancingan, Lubana Sengkol di Tangsel kini berkembang menjadi destinasi wisata serba guna yang menjadi tujuan wisata populer warga sekitar.

Apa yang ditawarkan? Selain kolam ikan yang luasnya tidak lebih dari 500 meter persegi, juga terdapat restoran, wahana outdoor, dan permainan seru lainnya. Ketegangan apa yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini!

Tiket Ricastro Waterzone Tangerang

Atraksi Lubana Sengkol

Daya tarik Lubana SengkolFoto oleh Miftahul Jannah di Google Maps

✦ Area penangkapan ikan kontemporer

Area pemancingan menjadi daya tarik tersendiri di Lubana Sengkol. Namun lokasinya tidak sembarangan, sebab luasnya 400 meter persegi dan terdiri dari dua buah kolam. Ada juga berbagai jenis ikan di kolam.

Beberapa ikan terpopuler yang sering ditangkap antara lain ikan tapah, gurame, lele, patin, dan ikan Genghis Khan. Ikan ini terkenal berukuran besar dan cukup sulit ditangkap. Menariknya, ada juga peluang memancing di kategori Kiloan dan Galatama yang bisa Anda coba.

Salah satu alasan mengapa kolam pemancingan di Tangerang ini begitu populer adalah lokasi dan pemandangannya. Kolamnya cukup luas dan banyak ikannya.

Keindahan alam sungai dan ruang hijau di sekitarnya menambah kesegaran tempat tersebut. Spot pemancingan juga didesain seindah mungkin agar memancing semakin menyenangkan.

✦ Restoran estetika

Lubana Sengkol juga semakin memperluas penawarannya dengan memasukkan restoran-restoran berkualitas. Restoran yang tersedia dibangun di sekitar kolam sehingga memberikan nuansa teduh dan sejuk. Keindahan ruang makan ini juga dilengkapi dengan menu-menu lezat ala Indonesia, home made dan fine food.

Voucher JumpCity Club Tangerang

✦ Area outbond untuk anak-anak

Aktivitas seru di alam juga semakin dimaksimalkan. Terdapat beberapa area outdoor dan permainan menyenangkan untuk si kecil dan keluarga. Beberapa diantaranya adalah Flying Fox, Panahan, Paintball, Outbond, Fun Games, dan Perahu Kayuh.

✦ Spot Foto Instagenik

Bagi anak muda yang suka media sosial, ada juga spot fotografi cantik di Lubana Sengkol. Dimulai dengan restoran modern di tepi kolam renang. Terdapat juga tempat duduk berbentuk hati atau cinta dan juga area foto dengan background bertema alam yang didesain secara apik dan estetis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lubana SengkolFoto Anies Heriyanto di Google Maps

Beruntung bagi Anda yang ingin mampir, kawasan sekitar Lubana Sengkol cukup strategis. Alamatnya berada di wilayah Jabodetabek yaitu di Tengerang tepatnya di Desa Sengkol Jalan Lingkar Selatan 1.5. Jadi sangat dekat dan bisa diakses lewat tol.

Untuk rutenya sendiri bisa menggunakan tol Kunciran Serpong. Nanti langsung saja berkendara ke Km 1,5 Lingkar Selatan. Bisa juga start dari Jalan Lingkar Luar Jakarta 2. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

Kalau mau rute terdekat sebenarnya bisa lewat BSD. Jika memulai perjalanan dari Taman Kota 1 BSD, bisa dilanjutkan melalui Jl Puspa Widya 1, terus ke Jl Kapten Soebijanto Djojohadikusumo, Jl Tekno Widya dan Jl Raya Serpoing, Banten. Kemudian lanjutkan saja ke Jl Raya Puspitek dan Serpong Lagoon. Waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Cek hotel murah di Tangerang Selatan

Biaya masuk wisata memancing

Harga tiket masuk Lubana Sengkol sebenarnya murah. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 untuk masuk ke area kolam pemancingan biasa. Namun tiket masuk Monster Fish Pool akan berbeda, harga mulai Rp 200.000.

Selain itu, biaya kegiatan lainnya juga akan berbeda dan terpisah. Misalnya saja kegiatan paintball mulai dari Rp 100.000, berbagai wahana seru mulai dari Rp 50.000 hingga 100.000, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu membayar biaya berdasarkan aktivitas yang ingin Anda lakukan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru Lubana SengkolFoto oleh Chandra Dwiaryana di Google Maps

1. Menghadiri acara memancing

Jika Anda ditantang mengikuti lomba memancing, ada lomba yang bernama Galatama. Untuk mengikuti acara ini, Anda perlu membayar antara Rp150.000 hingga Rp400.000 untuk mendapatkan akses ke Monster Fish Pool.

Disebut ikan monster karena kolam di Lubana Sengkol berisi ikan-ikan berukuran besar. Bagaimana kabar ikannya? Biasanya Anda bisa menangkap ikan seperti Jenghis Khan, lele atau tapah besar. Namun ada aturan yang harus dipatuhi karena ikan yang ditangkap tidak untuk dikonsumsi.

Ikan yang ditangkap pengunjung kemudian ditimbang, dicatat, dan dilepas. Menariknya, tidak ada waktu khusus untuk menghadiri acara tersebut. Anda juga bisa memenangkan hadiah tergantung pada jenis ikan dan beratnya.

Namun Lubana Sengkol juga menawarkan banyak aktivitas memancing. Biasanya, ikan yang ditangkap di kolam ikan biasa bisa ditimbang, dibeli, lalu dimasak. Aturannya tidak terlalu ketat dan biaya mengunjungi kolam renang lebih murah. Apakah Anda berani mencobanya?

2. Wisata kuliner di Lubana Sengkol

Bila sudah muak memancing, luangkan waktu untuk mampir ke restoran yang disediakan. Di restoran ini Anda bisa duduk di gubuk tepi kolam renang atau duduk di tempat yang lebih estetik dengan bean bag modern. Kalau soal makanan, jangan takut kehabisan makanan. Ada banyak pilihan makanan tradisional seperti olahan ikan dan seafood.

3. Ikatan kelompok di area outbound

Kekompakan kelompok atau kekompakan tim kerap menjadi kegiatan seru di Lubana Sengkol. Terdapat banyak ruangan atau halaman luas yang bisa digunakan untuk kegiatan kelompok, baik bersama teman, keluarga, atau pekerja kantoran.

Di sini Anda juga bisa memeriahkan acara dengan wisata outbound. Misalnya saja bermain flying fox, bermain game seru, atau berjalan di atas tali.

Bagaimana dengan anak-anak? Tenang saja, tersedia juga area bermain dan berolahraga untuk si kecil. Dengan begitu mereka tidak akan bosan menunggu ayahnya pergi memancing.

4. Coba game drive lainnya

Masih banyak lagi permainan outdoor yang bisa Anda coba di Lubana Sengkol. Beberapa di antaranya bahkan menantang dan cukup kompetitif. Wahana seru antara lain naik perahu, pancing magnet, kano, menunggang kuda, naik backhoe, melukis, memanah, painball, dan permainan air.

Bahkan ada tempat perkemahan yang bisa Anda pesan dan menginap. Semuanya tersedia di kawasan wisata pemancingan modern ini. Namun perlu diingat bahwa biaya aktivitas dan wahana tersebut belum termasuk tiket masuk. Jadi persiapkan uang ekstra jika ingin mencoba permainan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Lubana SengkolFoto oleh Ruth Niken Setyaningtyas di Google Maps

Dari segi gastronomi dan jajanan, ada restoran yang siap menawarkan makanan hasil tangkapan ikan segar. Kelengkapan wahana dan permainan juga mencakup ketersediaan fasilitas lainnya. Khususnya fasilitas wisata dan pengunjung yang meliputi tersedianya tempat umum seperti musala, masjid, toilet, dan tempat parkir kendaraan.

Apakah Anda memerlukan fasilitas komunitas tambahan? Jangan ragu karena objek wisata alam yang akan datang ini juga memiliki berbagai fasilitas tambahan lainnya seperti taman bermain, spot foto trendi, kolam air, kolam pemancingan, dan persewaan alat pancing.

Perkembangan objek wisata Lubana Sengkol bisa dikatakan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kini dapat memenuhi segala kebutuhan wisatawan, baik pecinta memancing, permainan anak-anak, kuliner, hingga anak muda.

Wisata alam seperti kolam pemancingan yang semakin besar bisa menjadi alternatif liburan seru dan unik. Selain itu, Lubana Sengkol cukup lengkap dan penuh dengan wahana yang lebih menantang dan menarik pengunjung. Datang dan rasakan keseruan dan keunikannya sambil menikmati segarnya nuansa pedesaan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button