Tempat Wisata

Magic of Beauty & Tiket Masuk

Meski baru muncul objek-objek wisata di Lombok dengan berbagai atraksi dan konsep kekinian ala anak-anak masa itu sekarangmenjadi, namun wisata pantai tetap menjadi idola.

Banyak wisata pantai di Lombok yang seperti wisata Pantai Peru, Wisata Pantai di Kuta dan Wisata Pantai di Senggigi. Masih bukan Pantai Senggigi diam dan selalu mampu mencuri hati wisatawan untuk mengunjunginya.

Sebagai salah satu tempat wisata tertua yang melegenda di seantero Sasak-Gumi, Pantai SenggigiSaya sepertinya telah merebut hati para pelancong seperti kenangan cinta pertama.

Meski tempat wisata lain bermunculan dan memancarkan godaan, Pantai Senggigi tak pernah kehilangan penggemar dan pengunjung setianya.

Kapal Nelayan Pantai Senggigi

Menarik untuk mengetahui mengapa Pantai Senggigi selalu memiliki banyak wisatawan akhir pekan dan liburan panjang. Apa sebenarnya yang menjadi magnet di pantai ini sehingga pesonanya tak pernah pudar seiring berjalannya waktu?

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok termasuk salah satu tempat wisata tertua di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di sebelah utara Kabupaten Lombok Barat. Sejak pertama kali muncul, pantai ini sudah langsung ledakan dan merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Nusa Tenggara Barat.

Pantai Senggigi NTB menawarkan keindahan berupa suasana kawasan pantai yang enak dipandang mata dan enak badan. Saat pertama kali memasuki kawasan ini, Anda akan disambut oleh hamparan pasir bersih yang bergradasi dari hitam ke putih, ciri khas pantai Senggigi.

Banyak traveler yang mengaku menikmati keindahan panorama alamnya Pantai Senggigi tak kalah dan bahkan hampir mirip dengan Pantai Kuta di Pulau Bali.

Air lautnya yang jernih dan ombaknya yang tenang menjadikannya tempat yang aman untuk berbagai aktivitas wisata. Hal yang sama juga dapat ditemukan di Pantai Kuta Lombok di Desa Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

jogging track-pantai-senggigi

Kemudian lebih jauh menyusuri pantai Anda akan menemukan bahwa pantai Senggigi memiliki garis pantai yang sangat panjang. Ternyata pantai ini terdiri dari berbaris pantai teluk lainnya, masing-masing dengan pesona dan karakternya sendiri.

Tapi dari semua pantai yang menyertainya Pantai Senggigi, yang paling terkenal adalah Pantai Makam Batu Layar dan Pantai Pura Batu Bolong. Karena merupakan tempat yang disakralkan, kedua tempat ini ramai dikunjungi setiap hari setelah atau sebelum mengunjungi Pantai Senggigi.

Pantai Batu Layar yang berada paling selatan menjadi objek wisata agama yang selalu dikunjungi saat hari besar Islam. Misalnya, saat Lebaran Topat, kota pantai ini akan dipadati ratusan pengunjung, baik yang datang untuk berziarah maupun berwisata di makam Batu Layar.

Bahkan, di dekat kota pantai ini terdapat makam seorang ulama tua Lombok yang konon adalah orang yang berjasa besar menyebarkan agama Islam di pulau seribu masjid itu.

Lalu ada Pantai Pura Batu Bolong yang merupakan bagian dari Pantai Senggigi. Disebut demikian karena di pantai ini terdapat sebuah pura kuno yang dibangun di atas batu besar yang memiliki lobang (lubang) di bagian bawahnya.

Pantai ini juga merupakan tempat suci dimana umat Hindu terkadang datang untuk melakukan ritual pemujaan di pura kuno tersebut.

matahari terbit-pantai-senggigi

Setelah atau sebelum anda ke pantai Senggigi, tidak ada salahnya mampir juga ke dua tempat yang disebutkan di atas. Anda bisa ziarah ke Makam Batu Layar terlebih dahulu dan mencari foto di pantai Pura Batu Bolong.

Lokasi Pantai Senggigi

Sudah tertulis di atas bahwa Pantai Senggigi berada di posisi sebelah utara Kabupaten Lombok Barat. Kawasan tersebut masih masuk dalam wilayah administrasi pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang beribukota di Mataram.

Dari segi alamat, pantai terpopuler di Lombok yang diburu wisatawan lokal maupun mancanegara ini beralamat lengkap di Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses ke pantai Senggigi

Mengenai akses menuju Pantai Senggigi: Jika Anda datang dari pusat kota Mataram yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pantai ini, akan memakan waktu sekitar 30 sampai 50 menit dengan mobil.

Lamanya perjalanan tentu saja tergantung situasi perjalanan, namun pada umumnya waktu tempuh dari kota Mataram ke Senggigi tidak lebih dari 1 jam karena kondisi jalan yang sudah bagus.

Bagi anda yang berasal dari luar kota, akses menuju pantai Senggigi sangat mudah. Dengan asumsi Anda berada di sana Lombok Jika Anda naik pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Lombok, tinggal naik taksi bandara yang akan mengantarkan Anda ke Pantai Senggigi atau penginapan yang sudah Anda pesan sebelumnya.

Jika ingin langsung menuju Pantai Senggigi dari Bandara Internasional Lombok, waktu tempuhnya sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 50,8 kilometer.

matahari terbenam-pantai-senggigi

Jangan khawatir, meski jalan yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok ke Lombok relatif panjang Pantai Senggigi sudah sangat bagus. Disamping permukaan jalan yang telahHotmic Secara keseluruhan, lebar jalan telah diperluas untuk memberi Anda atau pengemudi lebih banyak fleksibilitas saat berkendara.

Selain itu, hijaunya tanaman dan pepohonan di sepanjang pinggir jalan membuat perjalanan anda tidak membosankan dan terasa lama, anda pasti akan menikmati perjalanan yang seru. BIL ke pantai Senggigi.

Oh ya, dalam perjalanan ke Pantai Senggigi Anda juga akan sering menjumpai atau berjalan beriringan dengan Cidomo, kendaraan tradisional suku Sasak. Objek ini pasti akan memberikan hiburan yang menyenangkan dan unik sebelum Anda tiba di pantai Senggigi.

Jangan lupa mampir ke pantai Ampenan atau Kebon Roc yang terletak di depan pantai Pura Batu Bolong. Anda dapat membeli beberapa kebutuhan Anda di pasar ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke resor pantai.

Biaya masuk ke Pantai Senggigi

Untuk menuju kawasan wisata Pantai Senggigi anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp.15.000 hanya. Harga ini berlaku setiap hari pada hari kerja dan hari libur.

Setelah melewati pintu masuk, pastikan untuk memarkir kendaraan Anda di tempat parkir yang telah ditentukan. Cukup membayar beberapa ribu rupiah demi keamanan kendaraan Anda selama berlibur di pantai Senggigi.

Sarana dan wahana wisata di pantai Senggigi

Sebagai tempat wisata yang terkenal dan melegenda, Pantai Senggigi tentunya terbantu dengan adanya fasilitas dan wahana yang lengkap.

Selain tempat parkir, tempat ibadah, toilet dan warung di sekitar pantai ini juga terdapat restoran, resort, hotel/wisma, pusat hiburan, pusat hiburan. suvenirhingga toko-toko yang khusus menjual kebutuhan wisata.

landscape-pantai-senggigi

Aktivitas seru di pantai Senggigi

Tentunya banyak kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan anda di Pantai Senggigi. beberapa dari mereka berenang snorkel, berselancarBerkano, bermain Big Brother, berselancar, JogingPenangkapan ikan, Matahari terbenam-dan kuliner.

Berenang

Kegiatan ini menjadi hal yang lumrah ketika kita mengunjungi sebuah pantai, begitu juga ketika mengunjungi pantai Senggigi. Di sini Anda bisa berenang sepuasnya menikmati air laut yang segar dan bersih.

snorkeling

Kegiatan yang saat ini sedang populer di kalangan wisatawan. Ya, Anda juga bisa melakukannya di pantai ini snorkel Jelajahi keindahan bawah laut Pantai Senggigi.

Bagi anda yang belum memiliki peralatannya atau belum pernah mencobanya snorkelAnda dapat menyewa peralatan dan dipandu oleh seorang instruktur snorkel berpengalaman di pantai ini.

berselancar

Arus ombaknya tidak begitu besar bahkan relatif tenang di pantai Senggigi, sangat memungkinkan berselancar. kamu bisa berselancar Berjalan di sekitar laut menikmati panorama yang indah di sekitar kawasan pantai Senggigi menarik perhatian.

matahari terbenam-pantai-senggigi

berselancar

Jika anda menyukai olah raga air ini anda juga bisa mempraktekkannya di pantai Senggigi. Padahal sudah tertulis sebelumnya bahwa ombak pantai Senggigi tidak besar.

Namun pada akhirnya ombak yang akan Anda temui juga bisa mendorong papan selancar. Jadi Anda bisa berselancar di titik-titik tersebut.

matahari terbenam

pesona matahari terbenam di pantai Senggigi yang begitu indah di sore hari menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang datang ke pantai ini. Orientasinya ke barat daya memungkinkan Anda menyaksikan matahari terbenam dengan sangat sempurna.

kuliner

Pantai Senggigi juga asik untuk dijadikan tempat berburu kuliner. Di sekitar kawasan pantai Anda akan menemukan banyak penjual makanan dan minuman dengan pilihan menu yang berbeda-beda.

Di sini Anda tidak hanya bisa mencicipi hidangan khas lokal, tetapi juga menu-menu istimewa Eropa Banyak yang dijual di kawasan pantai ini.

Baca juga: Wisata Pantai Nipah Lombok

Pantai Senggigi Lombok memang objek wisata yang tua untuk usianya. Namun jangan salah, pantai ini tetap menarik dan padat relevan sebagai tempat liburan yang baik selama beberapa generasi tua serta generasi sekarang.

Pantai ini dengan segala pesonanya akan selalu memesona dan menjadi legenda, di era apapun.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button