Berita Wisata

Mahasiswa KKN Undip memberikan fasilitas pemilahan sampah untuk Wisata Pantai Teluk Awur

JEPARA, AYOSEMARANG — Guna menjaga kebersihan kawasan wisata desa Teluk Awur, rombongan mahasiswa KKN Tematik Jepara, Universitas Diponegoro (Undip) memberikan bantuan berupa sarana pemilahan sampah kepada BUMDes se-Teluk Pengelola Pariwisata Pantai Awur.

Selain itu, fasilitas pemilahan sampah ini juga diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Teluk Awur, MN Rokhman pada Selasa, 22 November 2022.

Selain sebagai wujud nyata dukungan untuk menjaga kebersihan di kawasan wisata, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi program kerja multidisiplin yang dilakukan oleh kelompok 4 mahasiswa KKN Diponegoro Universitas Tematik Jepara dimana tema yang diusung oleh kelompok tersebut adalah “Pemberdayaan Potensi Wisata di Desa Teluk Awur.

Sementara itu, jumlah pusat pemilahan sampah yang diserahkan sebanyak 4 pasang. Sepasang tempat pemilahan sampah terdiri dari dua warna, yakni kuning untuk sampah anorganik dan hijau untuk sampah organik.

Sarana pemilahan sampah akan ditempatkan di beberapa lokasi di kawasan wisata desa Teluk Awur. Penyerahan fasilitas pemilahan sampah dilakukan secara simbolis bersama Direktur Badan Usaha Desa (BUMDes) Teluk Awur, Muji Arwani.

Menurut Koordinator Kelompok 4 KKN Tematik Universitas Diponegoro Jepara Tahun 2022, Muhammad Naufal Adil, pengadaan fasilitas pemilahan sampah ini merupakan salah satu solusi dari permasalahan sampah yang dihadapi pelaku komersial di sekitar pantai dari Teluk Awur.

Selama ini sampah di kawasan tersebut belum dipilah menurut jenisnya. Tidak adanya pusat pemilahan menjadi alasan utama mengapa perusahaan tidak memilah sampahnya.

Naufal berharap fasilitas pemilahan sampah ini dapat bermanfaat bagi Desa Teluk Awur, khususnya kawasan wisata pantai Teluk Awur.

Dalam kesempatan tersebut, perangkat Desa Teluk Awur, N. Rokhman dan Direktur BUMDes, Muji Arwani menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan sarana pemilahan sampah yang diberikan oleh mahasiswa KKN Tematik Jepara kepada Universitas Diponegoro.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button