Tempat Wisata

Makam Engku Putri : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Pesona Makam Engku Putri (Raja Hamidah) bisa dinikmati saat Anda tiba di Kompleks Makam Engku Putri (Raja Hamidah) dan disambut dengan bangunan makam khas Melayu berwarna kuning. Di depan pintu masuk makam terdapat sebuah plakat bertuliskan “Kompleks Makam Raja Hamidah (Engku Puteri), Permaisuri Sultan Mahmud Syah III. Riau_Lingga (1760–1812).

Pemakaman ini tidak hanya berisi makam Engku Putri saja, namun juga makam para pemimpin besar Kerajaan Riau, antara lain Raja Haji Abdullah dan makam Raja Ali Haji, seorang sastrawan Kerajaan Lingga Riau. Di depan makam terdapat Gurindam karya Raja Ali Haji yang diberi judul Gurindam dua belas karena memuat dua belas bab.

Makam Engku Putri (Raja Hamidah) mempunyai bentuk bangunan yang unik. Bangunan batako ini bentuknya menyerupai masjid dengan atap bertingkat. Makam ini dikelilingi pagar tembok berwarna kuning dan bangunan makam juga dihiasi ornamen khas Melayu. Kondisi di dalam makam cukup tertata. Kuburannya selalu bersih.

Makam Engku Putri (Raja Hamidah).

Makam Engku Putri (Raja Hamidah) Terletak di Pulau Penyengat, sudah memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Di sekitar makam terdapat beberapa kios yang menjual berbagai masakan khas Melayu serta beberapa oleh-oleh yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Di sekitar makam juga tersedia beberapa akomodasi yang dapat disewa jika pengunjung ingin bermalam. Selain itu, letak makam yang dekat dengan Masjid Agung Sultan Riau memudahkan pengunjung dalam beribadah.

Sejarah Makam Engku Putri (Raja Hamidah)

Makam ini merupakan makam seorang permaisuri yang memegang tanda kebesaran Kerajaan Riau-Lingga. Engku Puteri merupakan putri Raja Haji Fisabilillah Yang Dipertuan Muda IV dan istri Sultan Mahmud Syah III.

Engku Putri atau Raja Hamidah meninggal pada tanggal 7 Februari 1844 dan kemudian dimakamkan di Pulau Penyengat. Pulau ini dulunya merupakan mahar yang diberikan kepada Sultan Mahmud Syah III. Engku Putri memberi.

Engku Putri (Raja Hamidah) adalah putri seorang pahlawan asal Riau yang gigih melawan penjajahan Belanda. Engku Putri bukan hanya pemilik perkakas-perkakas besar kerajaan, tapi juga tangan kanan Raja Jaafar, penguasa muda VI. Karena pengaruhnya yang nyata terhadap kerajaan, tidak heran jika Engku Putri selalu dikenal oleh setiap generasi masyarakat.

Berburu foto di makam Engku Putri (Raja Hamidah)

Makam Engku Putri (Raja Hamidah) Memiliki bentuk bangunan yang unik dimana setiap sudut bangunan dapat Anda manfaatkan sebagai spot berfoto. Anda bisa mengambil foto di luar makam yang memperlihatkan keseluruhan bangunan makam. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di dalam makam yang memiliki dekorasi unik ini.

Tips Menuju Makam Engku Putri (Raja Hamidah)

Berwisata ke makam Engku Putri sama saja dengan berziarah. Saat Anda datang ke sini, ada baiknya Anda juga meluangkan waktu untuk duduk sejenak dan mendoakan tokoh-tokoh sejarah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjalan-jalan sambil menikmati keindahan bangunan makam, mempelajari sejarah, atau mengabadikan momen dengan berfoto.

Komplek makam Engku Putri selalu dipenuhi pengunjung yang ingin berdoa kepada makhluk halus. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat ini sebaiknya juga menjaga sopan santun dan bahasa agar tidak mengganggu pengunjung lain saat sedang melaksanakan salat.

Baca Juga: Makam Embung Fatimah, Wisata Religi Bernilai Sejarah

Akses mengunjungi Makam Engku Putri (Raja Hamidah)

Untuk menuju Makam Engku Putri (Raja Hamidah) terlebih dahulu harus masuk ke Pulau Penyengat dan menyeberang dengan perahu pompong dari Tanjungpinang. Sesampainya di Pulau Penyengat, Anda bisa menuju Makam Engku Putri dengan menggunakan transportasi darat seperti sepeda motor atau becak motor.

Jam buka dan peta lokasi Makam Engku Putri (Raja Hamidah).

Makam Engku Putri (Raja Hamidah) merupakan kompleks situs religi yang dapat dikunjungi peziarah kapan saja. Anda bisa berziarah ke makam ini pada pagi, siang, sore atau malam hari. Untuk memasuki kompleks makam ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Namun di sekitar kuburan terdapat kotak sumbangan yang bisa Anda isi sesuai keinginan.

Demikian gambaran singkat mengenai kawasan wisata religi Makam Engku Putri (Raja Hamidah). Makam ini merupakan makam yang wajib dikunjungi bagi Anda yang tertarik dengan wisata religi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi yang dapat menambah fiber optic dalam daftar destinasi wisata anda.

Galeri foto makam Engku Putri

Kompleks makam Engku Putri
Potret makam Engku Putri
Berburu foto di depan kuburan
Makam Engku Putri
Engku Putri sebagai pemegang tanda kebesaran kerajaan
Berfoto di makam Engku Putri

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button