Tempat Wisata

Malam Kuliner Banyuwangi Legendaris yang Dijamin Bikin Bikin Nagih!

Berkunjung ke Banyuwangi belum lengkap rasanya jika tidak mencari kuliner khas Banyuwangi di malam hari yang tersebar di seluruh penjuru kota. Mencari kuliner di malam hari menjadi salah satu aktivitas seru yang dinantikan para pecinta kuliner Tanah Air.

Bagaimana tidak, di banyuwangi banyak kuliner khas yang dijajakan pada malam hari dan tentunya siap menggiurkan lidah. Jika Anda penasaran dengan kuliner malam di Banyuwangi, berikut rekomendasinya yang dirangkum khusus untuk Anda.

Rekomendasi kuliner malam banyuwangi yang wajib kamu coba

Malam harinya tak henti-hentinya berdiskusi mengenai kuliner khas banyuwangi, karena banyuwangi tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya namun juga kulinernya. Berikut daftar kuliner malam banyuwangi yang wajib Anda coba.

1. Soto Pak Salim

Bagi Anda yang ingin bersantap di Banyuwangi, ada satu rekomendasi kuliner enak yang wajib dicoba, yaitu Soto Pak Salim. Restoran ini menawarkan berbagai jenis menu khas Soto yang pastinya sangat menggugah selera.

Hidangan utama di Soto Pak Salim yang digemari banyak orang adalah Soto Lidah. Berbeda dengan soto lainnya, soto yang dijual di sini disajikan dengan kuah soto yang kental, kental dan kaya akan bumbu yang membuat rasanya sungguh nikmat.

Harga menu mulai dari Rp 10.000 dan buka mulai pukul 06:00 hingga 22:30 WIB. Anda yang tertarik mencoba berbagai kuliner di Soto Pak Salim bisa langsung menuju lokasi di Jl. Ahmad Yani No.18, Daerah Penganjuran,Banyuwangi.

2. Rawon Bik Atik

Rekomendasi menu kuliner malam di banyuwangi berasal dari makanan khasnya yaitu Rawon. Kuliner berbahan dasar daging ini bisa Anda temukan saat berwisata kuliner malam hari, di Rawon Bik Atik yang legendaris.

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1948 dan masih eksis, bahkan hingga saat ini sudah memiliki empat cabang yang tersebar di wilayah banyuwangi. Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan beragam menu rawon dengan cita rasa yang khas dan tentunya nikmat.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga mahal karena harga menunya antara Rp 15.000 hingga Rp 27.000 per porsi. Anda yang berminat bisa mengunjungi Rawon Bik Atik mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Zimmermann,Banyuwangi.

3. Sego Tempong Mbok Wah

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner Malam Banyuwangi, Sego Tempong adalah tempat yang wajib dikunjungi. Hidangan ini termasuk masakan tradisional banyuwangi berupa nasi hangat yang disajikan dengan lauk pauk dan sambal.

Hidangan ini sangat cocok dikonsumsi pada pagi atau sore hari dan dilengkapi dengan sambal terasi bagi yang suka pedas. Masakan Sego Tempong bisa ditemukan di seluruh penjuru Banyuwangi, namun yang paling terkenal adalah Sego Tempong Mbok Nah.

Lokasinya di Jl. Gembrung No. 220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Kec. Glagah,Banyuwangi. Tempat wisata kuliner di banyuwangi ini buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Seporsi Sego Tempong bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 7.000.

4. Rantinem Ayam Pedas

Ayam Rantinem Pedas menjadi salah satu menu yang bisa Anda coba jika sedang mencari menu makan malam di banyuwangi. Tempat ini memang melegenda dan dikenal banyak orang karena sudah ada sejak tahun 1970an hingga saat ini.

Ayam yang digunakan untuk masakan ini adalah ayam lokal sehingga memiliki tekstur dan rasa yang istimewa. Sebelum disajikan, ayam dibumbui dan dipanggang untuk menambah rasa. Ayamnya kemudian disajikan dengan kuah santan pedas.

Harga santapan ayam pedas ini masih terjangkau yakni Rp 27.000 per porsi. Warung Ayam Pedas Rantinem terletak di Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Banyuwangi dan buka mulai pukul 16.00 hingga 03.00 WIB.

5. Nasi Cawuk Bu Mantih

Kuliner malam hari di banyuwangi memang tiada habisnya karena banyak kuliner yang pastinya enak dan mengenyangkan. Salah satunya Nasi Cawuk Bu Mantih yang berlokasi di Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi.

Buka mulai pukul 06.00 hingga 01.00, warung ini menyajikan hidangan nasi cawuk yang juga bisa disantap di malam hari. Satu porsinya terdiri dari nasi putih kuah pindang, kelapa muda parut, jagung bakar, serta bumbu cabai dan bawang bombay.

Rasa unik gurih, pedas, dan asamnya benar-benar lumer di lidah dan pasti mengenyangkan karena porsinya yang cukup besar. Tak heran jika nasi cawuk Bu Mantih menjadi salah satu sajian santap malam khas Banyuwangi.

6. Soto Pondok Rujak

Selain Soto Pak Salim, di Banyuwangi ada restoran yang menjual menu Soto yang rasanya enak dan menggugah selera. Soto Pondok Rujak merupakan salah satu rumah makan Soto yang berada di Jl. Basuki Rahmat No. 113, Kawasan Singotrunan, Banyuwangi.

Sesuai dengan namanya, menu utama yang dijual di sini adalah Rujak Soto yang disajikan dengan telur rebus dan kuah berwarna hitam pekat. Isian sotonya terdiri dari babat, usus, dan tetelan daging sapi dengan cita rasa khas perpaduan rasa segar, pedas, dan kuah gurih.

Jika Anda ingin mencoba sajian Rujak Soto di sini, Anda bisa menikmatinya setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Seporsi Rujak Soto yang enak harganya mulai Rp 20.000.

7. Desa Pecel Pitik Kemiren

Saat berkunjung ke banyuwangi, ada satu kuliner malam banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Pecel Pitik. Dahulu, masakan khas banyuwangi ini hanya bisa dihidangkan sebagai bagian dari upacara adat saja.

Namun makanan ini kini banyak dijual karena rasanya yang lezat dan menjadi kuliner malam yang banyak dinikmati masyarakat di Banyuwangi. Pecel Pitik ini merupakan masakan berbahan dasar ayam kampung yang dibumbui dengan bumbu dan kelapa parut.

Bagi anda yang ingin mencicipi nikmatnya cita rasa Pecel Pitik dengan cita rasa yang unik dan pastinya nikmat, anda bisa datang ke booth Pecel Pitik. Lokasinya berada di Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Banyuwangi dan buka pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

8. Sego Bungkus Bu Poer

Menu makan malam di banyuwangi yang terakhir direkomendasikan adalah nasi bungkus atau bu poer bungkus. Kuliner yang satu ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di banyuwangi. Namun tidak semuanya memiliki cita rasa yang nikmat seperti Bu Poer.

Seporsi nasi bungkus yang dijual di sini terdiri dari nasi putih disertai berbagai lauk pauk, mulai dari ikan, telur dadar, gudeg hingga goreng kembang api. Selain nasi putih, ada juga nasi merah, nasi kuning, dan nasi jagung yang bisa Anda pilih dengan bebas.

Harga seporsi nasi bungkus berkisar antara Rp5.000 hingga 25.000. Bagi anda yang ingin menikmati kuliner malam hari di banyuwangi, jangan lupa mengunjungi WIB di Jl. untuk mampir. Jenderal Sudirman No. 26, Panderejo, Kec. Rekomendasi,Banyuwangi.

Menutup

Anda tak perlu khawatir kelaparan di malam hari saat berada di Kabupaten Banyuwangi. Pasalnya di malam hari banyak kuliner di banyuwangi dengan cita rasa nikmat yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi perut yang lapar.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button