Berita Wisata

Manfaat liburan pantai untuk kesehatan mental dan fisik

JAKARTA – Pantai bisa menjadi tempat menyegarkan yang membuat Anda merasa lebih baik. Karena pantai dianggap sebagai ruang biru atau sumber paparan air, pantai dikaitkan dengan peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Pantai adalah obat terbaik saat kamu merasa marah, kecewa, sedih, cemas atau stress, bahkan dalam keadaan bahagia sekalipun. Tak hanya baik untuk kesehatan mental, pantai juga dinilai efektif untuk kesehatan fisik.

dilaporkan dari pantai teluk, sebuah studi Universitas Exeter 2012 menemukan bahwa tinggal di dekat pantai dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Merencanakan liburan Anda berikutnya ke kota tepi pantai adalah cara sempurna untuk meremajakan diri secara mental.

Menghabiskan beberapa menit berjalan-jalan di sepanjang pantai dapat meningkatkan mood Anda, karena ada sesuatu yang menenangkan dari suara ombak laut, bau udara asin, dan pasir yang menggelitik di bawah kaki.

Sebuah studi oleh para peneliti dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Kelautan di Jepang menemukan bahwa penduduk pesisir menunjukkan efek psikologis yang lebih baik karena kedekatannya dengan laut.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa bebas memilih pantai yang kamu suka karena menurut data KKP, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.500 pulau, dengan garis pantai sepanjang 81.000 km. Sekitar 62% wilayah Indonesia terdiri dari laut dan perairan.

Menghabiskan waktu di pantai berdampak pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Sehari di pantai dapat meningkatkan energi

Pantai adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat Anda merasa sedih, stres, atau kewalahan. Seorang ahli mengatakan melihat lautan dapat mengubah frekuensi gelombang otak dan menempatkan kita dalam keadaan meditasi ringan.

Suara ombak yang berulang-ulang dengan lembut menabrak pantai mengubah gelombang otak dan dapat menyebabkan keadaan relaksasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa warna memiliki efek mental, emosional, dan fisik yang berbeda, dan biru tua adalah salah satu warna yang paling menenangkan.

Berjalan tanpa alas kaki di atas pasir membawa manfaat yang merangsang bagi tubuh, pikiran, dan emosi, karena kaki memiliki jaringan saraf dan titik akupunktur.

Suara ombak menenangkan jiwa dan raga

Tidak ada yang lebih menenangkan selain mendengarkan suara ombak sambil bersantai di pantai. Meskipun Anda mungkin berpikir itu hanya imajinasi. Selain itu, saat bermain dengan ombak, tubuh dipaksa mengirimkan lebih banyak darah ke jantung saat Anda mengapung.

Aliran darah yang meningkat ini memaksimalkan kewaspadaan Anda, menjadikan ombak salah satu alasan terbaik untuk pergi ke pantai.

Angin laut meningkatkan tidur

Salah satu manfaat terbaik dari pantai adalah rasa lelah yang Anda rasakan setelahnya. Sehingga Anda akan tidur lebih cepat dari biasanya.

Saat udara segar di pantai yang dihembuskan tubuh dipenuhi ion negatif yang secara positif mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap oksigen sebanyak-banyaknya. Kadar oksigen yang meningkat memungkinkan kita memasuki kondisi relaksasi yang dalam, itulah sebabnya Anda selalu tidur lebih nyenyak setelah seharian bermain di pasir.

Menyerap Sinar UV untuk Kesehatan Mental

Meskipun menyerap banyak sinar UV tidak selalu baik untuk kulit Anda, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari baik untuk kesehatan mental Anda.

Panas matahari secara positif mempengaruhi sistem endokrin kita. Sistem endokrin adalah kontrol kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormon yang berjalan melalui tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ lain.
Bagian tubuh yang penting ini bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan, tidur, dan fungsi lainnya. Bahkan jika Anda hanya melihat laut dari tepi, Anda akan menyerap manfaatnya.

Sebagai perawatan kecantikan alami

Air pantai dan laut benar-benar memiliki efek positif yang luar biasa pada kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. Pergi ke pantai ternyata memiliki sifat antibakteri dan detoksifikasi.

Pasir pantai dapat mengelupaskan sel kulit mati yang digunakan untuk mengelupas luka di kaki, tangan dan badan. Sinar matahari, yang juga merupakan detoksifikasi, membuka pori-pori dan saat air asin masuk ke dalamnya, ia bisa mengeluarkan racun. Selain itu, yodium dan garam dalam air menghancurkan bakteri dan jamur di kulit penyebab jerawat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button