Berita Wisata

Manfaatkan keindahan Gunung Kelud untuk belajar di kampung Inggris Kediri

Kediri

Kediri memiliki sejumlah destinasi wisata yang tidak biasa. Mulai dari wisata alam di Gunung Kelud hingga kunjungan edukasi ke kampung Inggris.

Kawasan berjuluk Kota Tahu ini terdiri dari dataran dan pegunungan. Kediri dilintasi oleh Sungai Brantas yang membelah dari selatan ke utara.

Kediri diapit oleh 5 kabupaten yaitu Tulungagung, Nganjuk, Jombang, Malang dan Blitar. Ia juga diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Kelud di sebelah timur dan Gunung Wilis di sebelah barat.

Dengan topografi tersebut, Kediri memiliki sederet wisata alam yang menarik. Kunjungan ke Kediri berikut dirangkum Jawa Timur:

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang telah meletus sebanyak 30 kali sejak tahun 1000 Masehi. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang. Pengelolaan Gunung Kelud sepenuhnya diatur oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pasca erupsi 2014 lalu, anak Gunung Kelud yang sempat muncul berubah menjadi kawah kembali. Kini Gunung Kelud memiliki wajah baru yang lebih cantik.

2. Gunung Klotok

Gunung Klotok berada di dekat kaki Gunung Wilis. Nama klotok merupakan gabungan dari kata kolo dan tok. Dalam bahasa Jawa Kuno, Gunung Klotok berarti gunung yang berbahaya.

Gunung ini termasuk dalam desa Pojok, kecamatan Mojoroto, Kediri. Meski disebut gunung, ketinggiannya hanya 536 meter di atas permukaan laut.

3. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung terletak di Kecamatan Kandangan, Kota Kediri. Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, tur ini cocok untuk Anda.

Ada lima spot foto menarik yang bisa Anda coba. Seperti sepeda gantung, gazebo bambu, rumah hobbit, pos pengamatan di batang pohon raksasa.

4. Gumul Kediri Simpang Lima

Simpang Lima Gumul adalah salah satu ikon Kediri. Bangunannya mirip dengan L’arch D’Triomphe di Prancis.

Tugu seluas 804 meter persegi ini merupakan pusat kota Kediri. Tidak lengkap rasanya jika ke Kediri tapi tidak berfoto disini.

Daerah ini tidak pernah sepi di malam hari. Banyak orang bersantai di area monumen sambil menikmati kuliner tradisional. Selain itu, banyak pedagang kaki lima di kawasan pasar Tugu.

Di akhir pekan, banyak orang berolahraga di kawasan ini. Atau sekadar menikmati udara pagi sambil mencari kuliner.

5. Kampung Inggris Kediri

Kediri juga terkenal dengan kampung Inggrisnya di Pare. Kursus Bahasa Inggris Dasar menjadi pendahulu English Village.

Di Kampung Inggris, ada beberapa kursus untuk belajar bahasa Inggris. Banyak mahasiswa, sarjana bahkan masyarakat umum belajar di sini.

English Village seperti kompleks kampus. Ada banyak warung makan, kafe, toko buku, persewaan sepeda, dan taman untuk belajar.

6. Taman Tirtoyoso

Wahana air di Kediri yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Tirtoyoso. Ada 4 kolam untuk balita, anak-anak dan dewasa. Selain itu, ada lapangan untuk acara dan kegiatan komunitas.

Taman Tirtoyoso terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kabupaten Kediri. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000.

Simak video “Jalur Misterius Mengandung Medan Magnet Kuat di Kaki Gunung Kelud Kediri”
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button