Tempat Wisata

Mangrove Sei Carang : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pesona hutan bakau Sei Carang, tempat wisata alam ini sangat terkenal dan letaknya persis di tepian sungai Sei (Sungai) Carang, di kawasan Senggarang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Lebih tepatnya lokasinya sangat dekat dengan Jembatan Gugus atau yang biasa disebut warga sekitar dengan Jembatan Rumah Sakit.

Sekadar informasi sekilas bagi yang belum mengenal mangrove: Merupakan salah satu jenis tumbuhan liar yang keberadaannya dilestarikan dan dilindungi oleh pemerintah. Biasanya, hutan bakau tumbuh di sepanjang wilayah pesisir untuk melindunginya dari deburan ombak dan arus deras. Mangrove sering juga disebut tanaman bakau.

Jadilah Carang Mangrove langsung menghadirkan tanaman bakau yang masih terlihat sangat alami di pintu masuk utama. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan disana dan udara segar. Yang jelas udaranya sangat segar, hanya ada tanaman hijau indah sejauh mata memandang, berbeda dengan kota-kota besar yang biasanya penuh dengan polusi.

Kemudian beberapa “penghuni” objek wisata alam ini pun turut hadir untuk sekadar menyapa para pengunjung. Sebut saja kadal, beberapa burung, monyet dan sebagainya. Tenang saja, semua hewan di sana jinak.

Jadilah tanaman mangrove Carang

Memang agak membingungkan jika membicarakan fasilitas yang ada pada wisata ini. Seperti halnya tempat wisata, pasti terdapat fasilitas umum yang memenuhi kebutuhan pengunjung, seperti toilet bersih, akomodasi, restoran, dan lain-lain.

Sejarah Mangrove Sei Carang

Jadilah Carang Mangrove diresmikan pada tahun 2010, sekitar 7 tahun yang lalu. Selain untuk menjaga dan melestarikan hutan mangrove, tujuan lain didirikannya mini wisata adalah untuk menggugah minat wisatawan terhadap hutan mangrove itu sendiri. Saat baru diresmikan, sudah ada sekitar 3.000 jenis tanaman mangrove yang siap menarik perhatian pengunjung.

Berburu foto di tur ini

Jika Anda adalah seseorang yang aktif media sosial dan sering-seringlah membagikan foto anda, tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat untuk berlibur dan berfoto-foto menarik dalam bentuk foto yang nantinya bisa anda bagikan.

Caranya mudah, cukup berjalan sedikit saja kamu sudah bisa menemukannya noda gambar bagus. Anda juga bisa mengabadikan gambar di atas jembatan kayu pose menarik lengkap dengan latar belakang Si Cantik. Belum lagi apakah Anda bisa maju dengan kano. Gang-gang hutan yang dipenuhi tanaman bakau liar akan menjadi tambahan yang sangat menarik untuk koleksi fotografi Anda.

Baca juga: Makam Raja Ja’far, Tempat Peristirahatan Putra Mahkota Tersohor di Kepulauan Riau

Akses menuju Mangrove Sei Carang

Inilah cara menuju ke sana Jadilah Carang Mangrove dari pelabuhan besar di Tanjung Pinang. Dari sana, Anda perlu mencari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Tanjung Pinang. Anda bisa bertanya kepada orang sekitar yang sangat ramah.

Kemudian setelah sampai di RSUP harus langsung dari jembatan terdekat atau jembatan rumah sakit seperti yang disebutkan di paragraf pertama. Kemudian ketika sudah menemukan perempatan keempat, belok kiri dan lurus lagi hingga sampai di Masjid As-Syukri.

Sesampainya di masjid anda harus mengikuti jalan berbatu dari depan masjid sampai ke ujung jalan berbatu dan belok kiri disana. Lalu lurus lagi hingga sampai di bukit bauksit. Tak lama kemudian, dari bukit bauksit belok kanan. Pilih rute ini dan Anda akan mencapai tujuan Anda.

Tips berwisata ke Mangrove Sei Carang

Setelah sampai di objek wisata hutan mangrove di Tanjung Pinang. Jangan kaget, Anda akan disambut oleh kuburan tua. Mengingat usia makam yang sudah tua menandakan kondisi harta benda di sana juga sudah tua, maka harus berhati-hati saat melintasi makam tersebut.

Jam buka dan biaya masuk Mangrove Sei Carang

Objek wisata alam ini dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dengan tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp 2.000,00 dan sudah termasuk parkir pribadi.

Inilah gambaran menarik tentang wisata alam Jadilah Carang Mangrove. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda khususnya mengenai keberadaan hutan mangrove sebagai objek wisata alam.

Galeri Foto Mangrove Seri Carang

Jadilah Carang di Tanjung Pinang
Potret hutan bakau
Naik sepeda ke lokasi Sei Carang
Akses pejalan kaki di Mangrove Sei Carang
Naik perahu melintasi Mangrove Sei Carang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button