Berita Wisata

Mari kenali Sabang lebih dekat melalui West End Festival

Banda Aceh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menyelenggarakan Festival Ujung Barat yang akan berlangsung di desa Jaboi, kota Sabang. Melalui festival ini, traveler bisa merasakan kota Sabang.

Acara West End Festival akan berlangsung selama dua hari, yakni dari Sabtu hingga Minggu (10-11/12). Festival ini disebut-sebut berlangsung dengan konsep baru dan tidak seperti biasanya.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, mengatakan tren perjalanan wisata berubah dari wisata massal menjadi wisata alternatif. Wisatawan mulai mencari kearifan lokal di suatu tempat.

“Wisatawan tidak selalu mencari hal-hal yang berkelas, tetapi juga kearifan lokal, salah satunya melalui konsep desa wisata yang kini juga menjadi pusat Disbudpar Aceh. Kehadiran desa wisata akan memperkuat sosio- situasi ekonomi dan ketahanan budaya dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera dan mandiri,” kata Almuniza dalam keterangannya, Jumat (12/09/2022).

Menurutnya, desa wisata bisa mengandalkan produk ekonomi kreatif dan budaya lokal untuk menarik kunjungan wisatawan selain pemandangan alam yang indah. Selain itu, di desa wisata juga terdapat keunikan adat dan tradisi kehidupan masyarakat sehari-hari yang menjadi daya tarik wisata.

Ia mencontohkan desa wisata Jaboi. Desa ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik, yaitu gunung berapi aktif yang memuncak pada ketinggian 200 meter. Berkat gunung berapi ini, traveler bisa menikmati pemandangan yang sangat indah.

“Dengan potensi wisata yang dimilikinya, Sabang memiliki peluang besar untuk menjadi destinasi pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati wisata alam dan berbagai atraksi salah satunya di desa wisata Jaboi melalui event West End Festival ini. ” dia berkata. Menjelaskan.

“Semoga kegiatan ini dapat menjaga nilai-nilai adat dan tradisi masyarakat, sehingga dapat menginspirasi wisatawan untuk menemukan tempat wisata baru yang tentunya belum pernah ada sebelumnya,” ungkapnya.

Festival West End akan sarat dengan nuansa pedesaan. Baca halaman selanjutnya…..

Tonton video “Tugu Ikon 0 Kilometer Aceh”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button