Tempat Wisata

Maron Sumber : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Ada beberapa tempat wisata di Malang yang bisa Anda kunjungi dengan harga murah seperti Sumber Maron.

Sumber Maron merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang terletak di Dusun Adiluwih, Desa Karangsoko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Daya tarik utama tempat rekreasi ini adalah mata air jernih dan air terjun kecil. Beberapa tahun ini Sumber Maron mulai banyak diminati pengunjung, tidak hanya masyarakat sekitar Sumber Maron (warga Kecamatan Pagelaran, Gondanglegi dan Kepanjen) yang berkunjung ke objek wisata alam khas pedesaan ini, tetapi juga pengunjung dari luar kota yang datang kesana. , terutama akhir pekan dan selama musim liburan.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas tubing atau yang belum pernah ke sana dan ingin mencobanya, sangat disarankan untuk datang ke Sumber Maron karena air sungai di sana tidak kotor dan masih alami. Dengan harga yang murah, tempat ini menawarkan keseruan yang tidak kalah dengan tempat lain di Malang seperti Selecta atau Sengkaling. Bagi yang tidak ingin tubing, wisatawan juga bisa berenang, terdapat sumber mata air yang cukup luas persis di atas sungai. Anda bisa duduk di sana dan menikmati air yang mengalir dari atas air terjun setinggi sekitar 10 meter.

Beberapa aktivitas lain yang bisa dipilih pengunjung Sumber Maron antara lain memancing, flying fox, dan terapi ikan yang konon bisa menyembuhkan penyakit.

Meski tempat wisata ini unik dan indah, Sumber Maron memiliki sejarah mistis yang diturunkan dari generasi ke generasi yang dikenal dengan Misteri Air Terjun Sumber Maron. Kisah ini sendiri disebut misteri karena keberadaannya belum dapat dipastikan secara rasional hingga saat ini. Pada zaman dahulu ada seorang putri yang bertapa untuk mencapai kesempurnaan hidup dan di tengah tapanya ia berhasil menaklukkan nafsunya sendiri (berupa kecantikan, jatuh cinta). Dari semangat yang goyah ini kemudian berubah menjadi patrem (keris kecil) yang kemudian ditanam di bawah pohon beringin dan dimandikan Sumber Maron. Sejak penanaman Patren hingga saat ini, banyak orang yang mencoba membuktikan kebenaran cerita tersebut. Hingga membuat banyak mitos yang berkembang.

Fasilitas di Sumber Maron

Di Sumber Maron Anda akan menemukan beberapa fasilitas seperti:

– Keluar

Kegiatan di objek wisata ini tidak hanya memungkinkan Anda melihat pemandangan atau perahu karet, tetapi juga menikmati transportasi pulang pergi yang ditawarkan di sana. Seperti rubah terbang.

– Area parkir

Untuk menuju objek wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, karena belum ada angkutan umum yang dapat langsung menuju tempat ini. Dengan tersedianya tempat parkir, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

– Tempat peristirahatan umum

Meski tidak dibangun oleh pengelolanya melainkan oleh masyarakat sekitar, setidaknya Anda tidak perlu lagi bingung atau takut tidak bisa menemukan toilet untuk buang air kecil.

– Bilik / ruang makan

Jangan khawatir kelaparan karena ada juga restoran atau warung milik lokal yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung.

– Akomodasi

Bagi anda yang ingin menginap disana anda bisa mencari penginapan di dekat situs Sumber Maron.

Berburu foto di Sumber Maron

Anda yang menyukai alam sekitar dan juga menyukai fotografi dijamin akan menyukai tempat ini karena disini anda tidak hanya bisa menikmati udara segar yang sejuk tanpa polusi, tapi juga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Saat Anda berkendara ke Sumber Maron, Anda akan melihat deretan pepohonan di hutan di kiri dan kanan Anda, yang menjadi sasaran jepretan kamera Anda. Setelah sampai di sumbernya, Anda bisa berhenti sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan menarik napas dalam-dalam sambil memotret air terjun yang mengalir indah. Selain itu, tentunya Anda juga bisa mengabadikan momen saat bermain di tubing atau wahana outbond Sumber Maron.

Baca juga: Van Den Bosch Bull, Berwisata sambil menikmati eksotisme salah satu peninggalan sejarah Jawa Timur

Akses jalan menuju Sumber Maron

Jika titik keberangkatan Anda berada di dalam kota Malang, khususnya di bagian barat kota (Sukun, Lowokwaru, dll), Anda hanya perlu menempuh perjalanan ke arah selatan melalui Sukun – Kebonsari – Kec. Pakisaji-Kepanjen. Setelah sampai di Kepanjen, lurus terus menuju pusat kota (pasar). Lanjut ke Stadion Kanjuruhan. Sesampai di sana, berkendara sekitar 3 km lebih jauh ke timur (Gondanglegi). Sesampainya di depan Masjid Jami Darussalam di sebelah kiri/utara jalan (Desa Karangsuko, Gondanglegi), Anda akan menemukan plang kecil berwarna hijau bertuliskan “Sumber Maron ±500 meter” dan plang hijau besar yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari situ ada tulisan “Sumber Maron ±500 meter”. adalah Taman Wisata Sumber Maron Berbasis Pendidikan (KKN Univ Kanjuruhan Malang) yang berada di sisi kanan jalan. Mulai dari plang, lanjutkan ke jalan kecil dan ikuti rute yang ditunjukkan, kurang lebih 400-500 meter, sampai Anda menemukan plang atau petugas yang mengarahkan Anda ke tempat parkir mobil Taman Wisata Sumber Maron.

Biaya masuk ke Sumber Maron

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Sumber Maron

  • Buka setiap hari dari jam 7.30 pagi hingga 4 sore

Tips berlibur di Sumber Maron

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Sumber Maron semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

Waktu terbaik untuk mengunjungi Sumber Maron adalah saat liburan panjang.
Ajak orang-orang tercinta ke Sumber Maron untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
Gunakan jasa travel agent untuk liburan nyaman dan bebas stres di Sumber Maron.
Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Sumber Maron.

Galeri foto Sumber Maron

Selamat datang di Sumber Maron
Potret udara Sumber Maron
Suasana pengunjung ramai
Spot foto di bebatuan sungai
Mandi di sumber Maron
Matahari terbenam di Sumber Maron

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button