Berita Wisata

Masak seharian di kota Padang Modal Rp 50.000, di awali dengan sarapan pagi di Pasar Baru

KOMPAS.com – Kota Padang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan laut.

Ada berbagai jenis pantai yang bisa Anda singgahi, selain kota tua yang dipenuhi bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Selain menawarkan destinasi wisata, kota Padang juga menawarkan kuliner yang beragam. Beberapa kuliner yang wajib Anda coba adalah soto padang, langkitang, dan pensi.

Jika Anda ingin mencoba memasak sambil mengunjungi tempat wisata di Kota Padang, berikut itinerary yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Siapkan budget sekitar Rp 50.000 hingga Rp 60.000 untuk kuliner di empat restoran. Namun, nominal tersebut belum termasuk biaya transportasi.

Itinerary kuliner sehari di kota Padang

Sarapan bubur ayam di kawasan Pasar Baru

Lokasi Bubur Ayam Cianjur dan Soto di Pasar Baru, Limau Manis, Pauh, Kota PadangKOMPAS.com/Ais Jauhara Fahira Lokasi Bubur Ayam Cianjur dan Soto di Pasar Baru, Limau Manis, Pauh, Kota Padang

Bubur Ayam Cianjur berlokasi di Jalan Dr. Moh. Hatta nomor 47, Cupak Tangah, Pauh, kota Padang. Tepatnya di sekitar kawasan Pasar Baru.

Jaraknya kurang lebih empat kilometer dari kampus Universitas Andalas. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 20:00 WIB.

Menu yang cocok untuk sarapan disini adalah Bubur Ayam Cianjur yang disajikan dengan kuah kuning khas Cianjur, suwiran ayam, kacang tanah, kecap dan potongan telur ayam rebus. Harga satu porsi bubur Rp 10.000.

Selain bubur, ada juga Soto Ayam Cianjur yang disajikan dengan kuah kuning khas Cianjur. Harga bervariasi mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 12.000.

Minuman disini adalah Es Buah yang terdiri dari es serut, sirup dan aneka buah-buahan seperti nangka, alpukat, jambu biji dan anggur. Harga untuk satu porsinya adalah Rp 8.000.

Anda dapat pergi ke Pasar Baru dengan transportasi umum atau ojek on line.

Budget perjalanan sekitar Rp 4.000 hingga Rp 16.000 jika berangkat dari Limau Manis.

Makan siang Soto Padang di Pasar Raya

Gerai Soto Minang Pasar Raya merupakan salah satu kedai soto padang terbaik di kota PadangKOMPAS.COM / Ais Jauhara Fahira Kedai Soto Minang Pasar Raya merupakan salah satu kedai Soto Padang terenak di kota Padang

Salah satu soto padang yang terkenal dengan rasa yang enak dan harga yang murah ada di Pasar Raya.

Anda dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, ojek on line, atau angkutan umum yaitu angkot hijau untuk menuju Pasar Raya

Jika Anda memulai perjalanan dari Limau Manis, jaraknya sekitar delapan kilometer.

Anda bisa naik angkot hijau dan membayar Rp6.000. Tarif taksi on line mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

Soto padang yang terkenal terletak di dekat pasar buah dan sayur. Tepatnya di pinggir trotoar, arah perempatan Permindo (Toko Tren) Pasar Raya.

Ada beberapa warung soto pinggir jalan, antara lain Soto Minang dan Soto Lubuk Basuang.

Soto Padang yang disajikan disini lengkap dengan nasi dan bihun, serta irisan daging sapi, kerupuk merah, bawang goreng dan kerupuk rambak. Harga untuk satu porsinya adalah Rp 15.000.

Usai menyantap soto, Anda bisa memesan minuman dingin yang disediakan di sini. Minuman dingin berupa es teh dan es teh dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 8.000.

Es Tebak disajikan dalam mangkuk berisi es serut, sirup, susu coklat dan diisi dengan cendol, cincau dan tapai.

Baca Juga: Coba Soto Legendaris Kota Padang, Daging Sapi Goreng Empuk dan Enak

Menunggu perut kembali kosong. Anda bisa jalan-jalan dan berbelanja di kawasan Pasar Raya. Tempat ini merupakan pasar tradisional terbesar di kota Padang.

Pasar Raya didirikan oleh seorang kapten Tionghoa bernama Lee Say pada masa penjajahan Belanda.

Setelah lelah berkeliling pasar dan berbelanja, Anda bisa bersantai di Pantai Padang atau Taplau (tapi lauik) yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Pasar Raya.

Anda bisa bepergian menggunakan angkot orange seharga Rp 5.000 atau ojek on line dengan harga mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 12.000.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button