Tempat Wisata

Masjid Agung Natuna: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Masjid Agung Natuna: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pulau Natuna sendiri sudah dikenal masyarakat umum bahkan dunia karena keindahan alamnya. Seperti pantai, sumber daya laut, gunung, air terjun dan lain-lain. Namun, bukan itu saja. Pulau ini juga mempunyai ikon-ikon lain yang menjadi ciri khas daerah ini.

Tempat itu punya nama Masjid Agung Natuna. Ya, tempat yang fungsi utamanya sebagai tempat beribadah umat Islam ini dibangun dengan gaya arsitektur yang sangat istimewa bahkan berbeda-beda dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Bisa dikatakan masjid ini merupakan kebanggaan masyarakat kawasan Natuna.

Masjid yang terletak di kawasan Gerbang Natuna Utaraku ini bisa dibilang masih terbilang muda. Baru dibangun sekitar tahun 2007. Namun gaya arsitektur dan keindahan bangunan masjid secara keseluruhan pada akhirnya memancarkan pesona keindahan dan kemegahan bangunan yang menjadi ikon kawasan ini.

Contohnya adalah penyebutan masjid ini. Umumnya masjid agung ini juga dikenal dengan sebutan Taj Mahal-nya Indonesia. Pasalnya, bentuk kubah masjid ini sangat mirip dengan kubah Taj Mahal di India.

Selain itu, hampir seluruh sisi masjid ini dihiasi ornamen khas peradaban Islam yang terdapat di berbagai belahan dunia. Ornamen kaligrafi ayat suci menghiasi setiap sisi bangunan Masjid Agung Natuna Itu.

Baca Juga: Nikmati Pemandangan Pulau Natuna yang Menakjubkan dari Puncak Gunung Ranai

Misalnya saja sebuah pintu yang didesain dengan lekukan tajam pada bagian atasnya. Kubah yang berada di tengah bangunan ini juga dihiasi ornamen kaligrafi Islam.

Mengingat keindahan dan kemegahannya yang mempesona, tak heran jika masjid yang diperkirakan mampu menampung sekitar 180 jamaah ini kerap dikunjungi oleh berbagai kalangan yang lalu lalang dan beribadah di sana. Selain itu, berbagai acara besar seperti MTQ dan acara lainnya kerap dipusatkan di masjid ibu kota Pulau Natuna tersebut.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Masjid termegah di kawasan Natuna ini bisa dikatakan baru dalam sejarahnya. Pasalnya, proses pembangunan masjid ini baru dimulai oleh pemerintah setempat pada tahun 2007 dan baru diresmikan pada tahun 2009. Jadi bisa dibilang masjid besar ini masih sangat megah dan indah.

Fasilitas Masjid Agung Natuna

Di lingkungan Masjid Agung Natuna Tentunya banyak fasilitas yang tersedia bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini. Jadi Anda tidak akan mengalami kesulitan jika membutuhkan sesuatu di area ini.

Selain itu, berbagai fasilitas juga dibangun di sekitar kawasan Gerbang Natuna Utaraku dimana masjid ini berada sebagai pusat aktivitas masyarakat Natuna. Misalnya pasar sebagai kegiatan ekonomi warga sekitar, universitas, terminal dan lain-lain. Hal ini semakin meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi masjid ini.

Berburu foto di tur ini

Jika pantai menjadi objek fotografi alam, maka masjid besar ini juga menjadi objek fotografi, bangunannya begitu megah. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang berkunjung ke tempat ini menyempatkan diri untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan kunjungannya ke sini.

Hal ini wajar, karena hanya di kawasan Natuna saja masjid ini dikenal dengan sebutan Taj Mahal-nya Indonesia. Oleh karena itu, sayang sekali jika tidak mengabadikan kenangan mengunjungi masjid ini.

Akses menuju Masjid Agung Natuna

Untuk menuju masjid megah ini Anda tidak akan mengalami kesulitan apapun. Sebab letak masjid ini berada di pusat kota. Lokasinya sangat dekat dengan Bandara Ranai. Perjalanan hanya memakan waktu 15 menit. Lebih spesifiknya, Anda bisa mencari Jl. Datuk Kaya Wan Muhamad Benteng. Masjid ini terletak di sini.

Tips Menuju Masjid Agung Natuna

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum kunjungan Anda Masjid Agung Natuna Sebab, tempat ini mempunyai fungsi utama sebagai tempat beribadah sehingga menjaga kesopanan dan kebersihan menjadi prioritas utama. Sehingga tidak mengganggu ibadah masyarakat di sana.

Peta Situs Masjid Agung Natuna

Jam buka dan biaya masuk

Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Karena masjid agung ini selalu terbuka dan bebas masuk. Karena fungsinya sebagai tempat ibadah. Anda mungkin hanya perlu membayar biaya transportasi atau parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Itulah gambaran singkat tentang pesona kemegahan Masjid Agung Natuna yang menjadi ikon daerah ini. Saya harap ini bermanfaat.

Galeri Foto Masjid Agung Natuna

Potret Masjid Agung Natuna
Potret menara masjid
Keindahan Masjid Agung Natuna dari dekat
Potret Masjid Agung dari kejauhan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button