Tempat Wisata

Masjid Sultan Lingga: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Masjid Sultan Lingga merupakan sebuah Masjid Jami yang berada di Kecamatan Lingga, tepatnya terletak di Kecamatan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Masjid ini merupakan salah satu masjid Sultan Mahmud Syah III. masjid warisan yang dibangun pada tahun 1800. Hingga saat ini, Masjid Sultan Lingga telah beberapa kali direnovasi. Meski demikian, masjid ini tetap memiliki ciri arsitektur yang sama dengan aslinya.

Sesampainya di masjid ini, Anda akan disuguhkan pesona bangunan masjid klasik dengan pagar yang mengelilingi masjid. Masjid ini dibangun di atas sebidang tanah seluas 1320 m2, dengan bangunan masjid mempunyai luas 299 m2.

Masjid Sultan Lingga dibangun tanpa tiang namun masjid ini berdiri di atas 10 tiang. Terdapat empat tiang di ruang utama masjid dan enam tiang di serambi masjid. Tidak adanya tiang-tiang pada bangunan ini menjadi ciri khas Masjid Sultan Lingga.

Selain itu, kisah unik pun disertakan di dalamnya Masjid Sultan Lingga Hal itu terlihat pada dinding kanvas di foyer berukuran 277 x 174 cm. Dindingnya dihiasi ukiran Krawangan dengan motif sulur dan bunga. Dengan alas marmer putih berukuran 60 x 60 cm.

Sejarah Masjid Sultan Lingga

Pintu masjid ini juga unik. Terdapat 3 buah pintu yang dapat digunakan sebagai pintu masuk ruangan masjid. Pintu dan jendela masjid diukir dengan tanaman merambat, sehingga meningkatkan nilai budaya masjid. Saat memasuki masjid, Anda akan melihat mimbar yang terbuat dari kayu berukir berukuran 225 x 180 cm. Mimbar ini juga kaya akan ukiran dengan motif sulur dan bunga Jepara.

Sejarah berdirinya Masjid Sultan Lingga tidak lepas dari sejarah masa pemerintahan Sultan Mahmud III. terpisah. Saat itu Sultan Mahmud III sedang. Sultan yang memerintah wilayah Lingga, Johor dan Pahang. Ceritanya, Masjid Sultan Lingga pernah direlokasi ke Pahang dan hanya digunakan satu kali untuk melaksanakan salat Jumat.

Fasilitas Masjid Sultan Lingga

Seperti bangunan masjid lainnya, Masjid Sultan Lingga juga memiliki beberapa fasilitas yang biasa dimiliki oleh masjid. Misalnya musala yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan, toilet, dan tempat parkir.

Letak masjid yang berada di pusat kota membuat banyak terdapat fasilitas umum di sekitar masjid, seperti: B. Rumah atau warung makan, penginapan dan tempat lain yang memerlukan pengunjung.

Berburu foto di Masjid Sultan Lingga

Masjid Sultan Lingga memiliki bangunan unik dengan nilai sejarah tinggi. Jadi Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto di berbagai area. Anda bisa mengambil foto di depan masjid, di serambi maupun di dalam masjid.

Baca Juga: Pulau Senoa, Nikmati Snorkeling dengan Terumbu Karang yang Masih Terpelihara

Tips Menuju Masjid Sultan Lingga

Meski Masjid Sultan Lingga termasuk bangunan bersejarah, namun bangunan ini tetap menjadi tempat ibadah umat Islam. Oleh karena itu, ketika anda berkunjung ke masjid ini hendaknya menjaga sopan santun dalam berperilaku dan berbicara. Jika ingin mengambil foto, sebaiknya ambil foto saat masjid sedang tidak digunakan untuk salat.

Selain mengunjungi masjid, Anda juga bisa berziarah ke makam Sultan Mahmud Riayat Syah atau biasa dikenal dengan Sultan Mahmud III. perusahaan. Anda juga bisa berziarah ke makam tersebut karena letak masjid dan makam berdekatan.

Jam buka dan tarif masuk Masjid Sultan Lingga

Anda dapat mengunjungi tempat ibadah ini kapan saja selama jam buka atau sepanjang waktu. Bagi yang ingin berkunjung ke Masjid Sultan Lingga, tidak dikenakan biaya atau HTM.

Akses ke Masjid Sultan Lingga

Masjid Sultan Lingga terletak di kabupaten Lingga. Jadi untuk mencapai tempat ini Anda harus melakukan perjalanan dengan perahu dari Tanjung Pinang. Selanjutnya setelah sampai di Pelabuhan Pancur, Anda perlu menempuh jalur darat dengan menggunakan sepeda motor atau mobil untuk menuju Masjid Sultan Lingga.

Jam buka dan peta lokasi

Seperti masjid pada umumnya, Masjid Sultan Lingga bisa Anda kunjungi kapan saja. Masjid ini merupakan tempat umum yang digunakan untuk beribadah umat Islam. Jadi Anda bisa mengunjungi masjid ini kapan saja.

Karena bangunan ini merupakan tempat ibadah, maka Anda tidak perlu membayar biaya masuk apapun untuk memasuki masjid ini. Namun jika berkenan, Anda bisa mengisi kotak sumbangan di sekitar masjid. Hasil dari kotak sumbangan ini tentunya akan digunakan untuk kebutuhan masjid.

Demikian penjelasan mengenai Masjid Sultan Lingga. Masjid ini merupakan salah satu objek wisata budaya dengan nilai sejarah tinggi yang patut Anda kunjungi selama berada di Lingga.

Galeri Foto Masjid Sultan Lingga

Potret Masjid Sultan Lingga
Keindahan bangunan Masjid Sultan Lingga
Ibadah di Masjid Sultan Lingga
Potret mimbar Masjid Sultan Lingga
Potret pintu Masjid Sultan Lingga
Potret makam di belakang Masjid Sultan Lingga

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button