Berita Wisata

Masuk Lima Besar Inovasi Pemkot, Tim Penilai Inovasi Kemendagri Kaji Layanan Bus Vaksinasi di Sekitar RSD Madani – Cakaplah

Masuk lima besar inovasi pemkot, tim penilai inovasi Kemendagri mencermati layanan bus travel vaksinasi rumah sakit sipil

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Tim Penilai Indeks Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengunjungi RSUD Pekanbaru Madani (RSD) di Jalan Garuda Sakti pada Selasa (29/11/2022).

Kedatangan tim Kemendagri sebagai bagian dari validasi inovasi pelayanan di Rumah Sakit Pemerintah (Pemko) Kota Pekanbaru, disambut langsung oleh Direktur RSD Madani, dr Arnaldo Eka Putra Sp.PD beserta timnya, Tuah Kepala SSos MSi Kelurahan Madani Junaidi beserta jajarannya.

Inovasi RSD Madani yang divalidasi adalah Mobil Vaksinasi Keliling yang merupakan inovasi kerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru.

Dalam peninjauan tersebut, Tim Penilai Indeks Inovasi Daerah Kemendagri melihat langsung pelayanan imunisasi yang diberikan oleh Mobil Imunisasi Keliling RSD Madani di Jalan Lingkungan Kecamatan Tuah Madani.

Seusai meninjau, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik Kementerian Dalam Negeri Yanuar Farida Wismayanti, MA PhD mengatakan, layanan vaksinasi keliling yang diberikan Pemko Pekanbaru melalui RSD Madani sejak Mei 2021 ini merupakan inovasi pertama di Indonesia.

“Kelanjutan program setelah vaksinasi selesai, bus bisa dialihfungsikan kembali menjadi angkutan umum. Ini tentu sebuah inovasi agar bus bisa digunakan untuk masyarakat kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSD Madani, Dr Arnaldo Eka Puta mengatakan, pengoperasian bus keliling vaksinasi ini bertujuan untuk mempermudah akses warga terhadap layanan vaksinasi Covid-19.

“Layanan bus vaksinasi ini juga bertujuan untuk mencegah penumpukan di satu tempat guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Selama ini Pemprov DKI juga memberikan dukungan yang besar kepada tenaga kesehatan yang ‘menduduki vaksinasi’, kata Arnaldo Eka Putra.

Sekadar informasi, bus vaksinasi keliling ini merupakan salah satu inovasi yang dipersembahkan Plt Wali Kota Pekanbaru kepada kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu saat Pekanbaru masuk nominasi Innovative Government Award ( IGA) 2022.

Selain mobile bus, ada empat inovasi lainnya yaitu Madani Smart Rescue v 2.0 – pertanyaan layanan dasar wajib. Yang kedua adalah PETAKU yang cerdas, yang ketiga adalah Inovasi Layanan Menunggu (LAGU) dan yang terakhir adalah Membaca Buku dengan Suara (Blaze). Total ada lima inovasi unggulan Pemko Pekanbaru.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan menghubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button