Tempat Wisata

MEAK LITTLE ISLAND Tiket, Aktivitas & Berlayar

Harga tiket masuk pulau kecil Merak : Rp 15.000. Jam buka: 06:00 – 17:00. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten, Indonesia, 42438.

Pulau Merak Kecil terletak di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Memiliki pantai berpasir putih dan air laut yang jernih serta keindahan bawah laut yang masih terjaga. Sehingga cocok untuk berbagai aktivitas pantai. Seperti berenang, snorkling, diving.

Meski ukurannya kecil, pulau ini memiliki beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam keluarga tamu dan tenda. Selain itu, terdapat warung kuliner yang menawarkan seafood segar. Pulau ini bisa dicapai dengan menyewa perahu dari dermaga yang terletak di belakang Polsek Pulomerak.

Harga tiket masuk pulau kecil Merak

Wisatawan harus membayar biaya untuk memasuki kawasan ini. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk tindakan perlindungan lingkungan. Turis juga dulu harus membayar perahu untuk sampai ke pulau dan kembali ke daratan. Dan Anda tidak perlu khawatir, semuanya masih sangat terjangkau.

Biaya masuk
retribusi Rp 2.000
Biaya perahu pergi – kembali Rp 15.000

Baca: PANTAI ANYER: Tiket, Aktivitas & Wahana

Jam operasional Pulau Merak Kecil

Jam kunjungan wisatawan dibatasi hingga pukul 17.00 WIB. Karena kapal yang mengantarkan berhenti beroperasi pada jam tersebut. Jika Anda sedang berkemah untuk sementara waktu, Anda tidak perlu khawatir dengan batas waktu kunjungan ini. Karena Anda bisa membawa pulang perahu keesokan harinya.

jam operasi
Sehari-hari 06:00 – 17:00 WIB

Kunjungi pulau kecil yang menakjubkan

Pulau Merak KecilPulau Merak Kecil. Foto: Gmap/Djell Achmad

Dari kejauhan, wisatawan bisa melihat bukit pasir putih dengan pepohonan yang rimbun. Inilah Pulau Merak Kecil yang letaknya tak jauh dari Pantai Mabak. Sebuah pantai di Cilegon yang juga menjadi dermaga penyeberangan. Padahal, dari Pantai Mabak, wisatawan sudah bisa melihat keberadaan pulau yang jaraknya hanya ratusan meter ini.

Pulau Merak Kecil tidak berpenghuni untuk pemukiman. Hanya terfokus pada kegiatan wisata karena luasnya hanya sekitar satu hektar. Meski begitu, daya tariknya bak magnet pasir putih yang bisa membelai kaki Anda saat memasuki hamparannya.

Pepohonan tropis seperti pohon kelapa, ketapang dan semak belukar turut mempercantik pulau ini. Jadilah bayangan di hari yang panas. Apalagi saat angin berhembus menggerakkan dedaunan, udara di sekitarnya menjadi dingin. Berada di pinggir pulau ini juga bisa menjadi alternatif hiburan.

Baca: Tiket & Aktivitas PANTAI SAMBOLO Anyer

Tour di pulau kecil Merak

Mengelilingi pulau dari Sepanjang TepiMengelilingi pulau dari Sepanjang Tepi. Foto: Gmap/DINI SURYA EKAWATI

Pulau kecil tepat disebut sebagai tempat ini karena ukurannya yang kecil. Hanya sekitar satu hektar di seberang. Karenanya, wisatawan bisa mengelilingi seluruh pulau hanya dalam waktu 1-2 jam. Ini bisa menjadi cara bagi wisatawan untuk mengenal lingkungan sekitar pulau ini.

Wisatawan bisa memulainya dengan berjalan kaki menyusuri area berpasir di pantai. Atau langsung menembus pepohonan di tengah. Tak hanya itu, bagi wisatawan yang membawa sampan juga bisa menjelajah dengan kano. Akan ada perasaan seru yang akan Anda dapatkan saat menyusuri permukaan air.

Baca: Tiket & Aktivitas PANTAI CARITA

Menikmati sore hari di pantai

Pemandangan malam dan kapal yang lewatPemandangan malam dan kapal yang lewat. Foto: Gmap/Sugeng Raharjo

Sebelum pulang, wisatawan bisa menikmati sore hari di pantai. Pemandangan matahari terbenam pasti akan menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu. Yang terlihat jelas saat wisatawan berada di sisi barat pulau. Berhadapan langsung dengan matahari terbenam.

Selain itu, kapal dan perahu adalah pemandangan lain yang tidak boleh diabaikan. Berkendara melewati feri yang melintasi pulau adalah suguhan indah tersendiri. Perahu nelayan yang siap untuk pulang juga menjadi suguhan yang menarik. Bunyi klakson kapal menambah semarak suasana.

Baca: Tiket & Aktivitas PANTAI SAMBOLO Anyer

Berkemah yang menyenangkan di pulau itu

Meski tak berpenghuni, wisatawan bisa berkemah di sini. Tentunya dengan membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan alat masak. Pantai atau di pepohonan bisa menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda.

Dengan berkemah di sini, wisatawan bisa kembali menikmati suasana dari pagi hingga pagi. Saksikan matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari. Nikmati kesunyian dengan suara alam dan ombak malam.

Sayangnya, pencahayaan di sini masih minim. Demikian juga keberadaan air netral juga tidak cukup. Sehingga pengunjung dapat membawa persediaan air bersih sendiri jika diperlukan.

Baca: Tiket PANTAI KARANG BOLONG & Eksotisme

Berenang di air laut yang tenang

Bermain dan berenang di pantaiBermain dan berenang di pantai. Foto: Gmap/Dadi Mulyana

Ombak di pulau ini tidak terlalu tinggi, cenderung tenang. Selain itu, perairan di sekitar pantai juga terbilang dangkal. Tempat yang tepat jika ingin berenang di air.

Airnya yang masih jernih sehingga nyaman saat dijadikan tempat berenang. Wisatawan juga bisa membawa jaket pelampung untuk merasakan gulungan ombak. Tempat yang pas jika ingin berenang sebaiknya tidak berada di dekat dermaga. Agar tidak terganggu oleh perahu yang lewat.

Baca: Tiket Pantai Tanjung Pasir dan Aneka Kegiatan Wisata

Penyelam koin unik di pelabuhan

Tentunya sebelum menyeberang ke pulau tersebut, wisatawan menunggu perahu atau kapal di dermaga. Berbeda dengan dermaga lainnya, banyak anak kecil yang menjadi penyelam. Bukan karena olahraganya, tentu saja, tapi karena uangnya.

Anak-anak usia sekolah dasar menyelam ke dalam air dengan peralatan seadanya. Bahkan dengan pakaian selam atau alat bantu pernapasan. Mereka menunggu pengunjung yang datang untuk melempar koin ke laut. Kemudian anak-anak ini akan segera menyelam untuk memulihkan koin.

Di dermaga, menjadi hiburan tersendiri yang unik. Untuk melihat betapa terampilnya anak-anak ini mengambil uang tanpa peralatan menyelam khusus. Meski bersifat sukarela, tidak ada salahnya wisatawan memberikan koin kepada para penyelam cilik ini. Yang juga tergantung pada koin yang dilemparkan turis.

Tanam di Pulau Merak Kecil

Tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap untuk wisatawan. Hanya ada toilet dan mushola dengan konsumsi air yang minim. Padahal, air tawar bersih cukup sulit didapat karena sumur juga mengeluarkan air asin di sini. Meski demikian, tidak sedikit penduduk setempat yang membuka warung makan kecil-kecilan di kawasan pulau.

Menuju Pulau Merak Kecil

Untuk menuju Pulau Merak Kecil atau Pulau Merak Besar, Anda bisa naik perahu melintasi Pantai Mabak yang berada di belakang Polsek Cilegon Pulomerak. Ada dermaga kayu sederhana di pantai. Kemudian boat trip ke Pulau Merak Kecil hanya Rp 15.000 dan Pulau Merak Besar Rp 25.000. Biaya ini sudah termasuk transportasi pulang pergi.

Sebaliknya, jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa naik bus dari Kampung Rambutan atau Tanjung Priok lalu turun di Terminal Merak. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan bus merah menuju pusat kota Cilegon. Minta turun di Polsek Pulomerak. Kemudian berkendara melalui jalan kecil di sebelahnya menuju Pantai Mabak.

Lokasi Pulau Merak Kecil

Wisata pulau ini berlangsung di Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button