Berita Wisata

Melaksanakan program Tidore Hijau, Pemko Tidore menyelenggarakan penanaman pohon rempah

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:06 WIB

| Penulis:

Penerbit: Kusnadi

Tidore, InfoPublik – Sebagai bagian dari realisasi program Tidore Hijau, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan melakukan penanaman pohon rempah secara simbolis yaitu kenari pala dan cengkeh oleh Wali Kota Tidore. Kepulauan Tidore diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Kepulauan Tidore, Ismail Dukomalao. , di halaman kantor Wali Kota Tidore, Selasa (31/1/2023).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mengatakan bahwa penanaman pohon rempah ini merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan program Tidore Hijau, dan membuktikan bahwa Tidore sudah dikenal seantero nusantara. dan bahkan dunia karena pala dan cengkeh. .

“Itu juga keinginan Walikota dan Wakil Walikota kita karena sampai saat ini Kota Tidore dikenal dengan rempah-rempahnya yaitu pala dan cengkih. Mungkin kedepannya ada tempat kosong di pantai Tugulufa ini juga akan kita tanam pohon sukun sehingga menjadi ciri khas Kota Tidore,’ kata Ismail.

Ismail juga berharap pimpinan OPD yang masih memiliki kantor besar bisa menanam pohon rempah ini. “Penanaman hari ini di halaman kantor Walikota, maka ini akan kami jadikan pilot project untuk seluruh DPO, agar kedepannya bisa menanam tanaman rempah di halaman kantor masing-masing,” harap Ismail.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kepulauan Tidore Muhammad Syarif mengatakan DLH Kota Kepulauan Tidore memiliki tiga program prioritas salah satunya Tidore Hijau, sehingga penanaman pohon rempah ini merupakan bagian dari realisasi program Tidore Hijau.

“Hari ini kita menanam pohon di dua tempat yaitu di halaman kantor walikota dan di pantai Tugulufa, khusus untuk jenis pohon rempah-rempah yaitu pala, cengkeh dan kayu manis ditanam di halaman kantor walikota, sedangkan di lokasi pantai Tugulufa DLH bekerja sama dengan Kodim 1505/Tidore menanam beberapa jenis pohon untuk pengayaan di lokasi Tugulufa,” ujar Muhammad Syarif.

Muhammad Syarif juga berharap masyarakat dapat merawat dan melindungi pohon yang citranya telah mengharumkan nama Tidore di berbagai belahan dunia. “Dalam menjalankan program Green Tidore ini, DLH tentunya juga bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kota Tidore dan DWP Kota Tidore untuk melaksanakan program Green Tidore ini,” pungkas Muhammad Syarif. (MC Tidore)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button