Berita Wisata

Melihat Kampung Sabin Cirebon, tempat makan di tengah sawah, serasa di Bali

INDOZONE.ID – Buat kamu yang tinggal di dalam dan sekitar wilayah Cirebon, tidak perlu lagi terbang ke Bali untuk mendapatkan suasana makan di tengah sawah lho. Pasalnya, di Kabupaten Cirebon terdapat tempat makan yang memiliki suasana mirip dengan Bali.

Berlokasi di Keandra New Town, Jl. Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kec. Dukuntang, tempat ini bernama Kampung Sabin Cirebon. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah yang hijau, serta pemandangan Gunung Ceremai yang terlihat begitu indah.

Tentang Desa Sabin

Dikutip dari website salsawisata, Kampung Sabin memanfaatkan sawah milik desa menjadi restoran yang unik. Mengusung konsep ‘Tegalalang Rice Terrace’, restoran ini jarang Anda temukan di Cirebon.

Baca Juga: Misteri Goa Sunyaragi, tempat angker di Cirebon bikin jomblo susah jodoh

Sabin diambil dari bahasa Cirebon yang berarti sawah. Oleh karena itu, wajar jika panorama persawahan mendominasi restoran Instagrammable ini. Begitu menginjakkan kaki di sana, Anda akan disambut gapura ala Bali dan pita-pita di tengah sawah.

Saat berada di sana, Anda bisa memilih lokasi tempat duduk sesuai selera. Ada beberapa di pinggir sawah untuk dua pasangan, atau sekeluarga.

Selain itu, Anda bisa berkeliling kawasan kampung Sabin Cirebon sambil berfoto di berbagai spot menarik. Jika ingin berenang, ada juga area kolam di tengah sawah.

Tempat ini biasanya lebih ramai sebelum matahari terbenam. Banyak pengunjung menyaksikan matahari terbenam di tempat ini.

Bagaimana tidak, persawahan yang dulunya hijau perlahan akan terlihat keemasan karena pencahayaan yang mendominasi cahaya alami yang dimulai pada malam hari. Kali ini biasanya digunakan pengunjung untuk berfoto di tempat favoritnya.

Sebelum memasuki tempat wisata ini, pengunjung terlebih dahulu harus membeli tiket. Harga tiketnya cukup terjangkau. Pada weekdays (Senin sampai Jumat), tiket masuk dikenakan biaya Rp 20.000, sedangkan pada weekend (Sabtu-Minggu/Libur) dikenakan biaya Rp 30.000.

Baca juga: Ada Museum Santet di Cirebon, Siapkan Nyali Anda Jika Ingin Mengunjunginya!

Sedangkan bagi Anda yang makan dan berfoto di sana akan dikenakan biaya deposit sekitar Rp 350.000. Biaya deposit tersebut bisa Anda gunakan untuk membayar makanan dan minuman selama berada di Kampung Sabin.

Dengan menggunakan deposit ini, Anda dapat dengan bebas memilih makanan yang disediakan restoran untuk Anda. Termasuk masakan khas Cirebon yang tidak ada duanya.

Jika total harga pesanan makanan kurang dari nominal deposit, Anda tidak dapat meminta sisa uang. Namun, jika harga total pesanan makanan lebih dari deposit, Anda harus membayar kekurangannya.

Menu makanan disana juga cukup beragam. Mulai dari nasi goreng seafood, nasi campur khas Bali, sup ikan asam pedas, pasta fettuccini carbonara, spaghetti bolognese, curd asin pedas dan lain-lain.

Baca juga: Libur, KAI Cirebon Perketat Protokol Kesehatan Bagi Calon Penumpang

Fasilitas Desa Sabin

Selain menyediakan fasilitas umum seperti mushola, toilet dan tempat parkir yang luas, pengelola juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya, seperti:

  • area merokok
  • bar lounge
  • Kafe dan restoran
  • Agrowisata
  • Spot Foto Instagrammable
  • pihak swasta
  • Lilin

Jam buka Kampung Sabin adalah Senin sampai Jumat 12:00-20:00 WIB, Sabtu 10:00-21:00 WIB dan Minggu 09:00-20:00 WIB.

Anda dapat melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan Anda memiliki tempat di sini. Pemesanan juga dapat dilakukan untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, mengumpulkanulang tahun dan lainnya.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi dan mencicipi kuliner Kampung Sabin Cirebon?

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button