Berita Wisata

Memasuki tahun baru, TMII ramai dikunjungi wisatawan asal Palembang di Singapura

KOMPAS.com – Menjelang pergantian tahun 2023, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur ramai menerima sejumlah pengunjung dari berbagai daerah di luar Jakarta, bahkan dari luar negeri.

Tempat wisata ini adalah salah satu pilihan rekreasi paling populer di ibu kota. Setelah melalui revitalisasi dan pembukaan kembali pada Minggu (20/11/2022), TMII kembali ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga :

Selain berwisata di wahana atau atraksi yang tersedia di TMII, ada juga wisatawan yang melakukan wisata religi, seperti yang ditemui Kompas.com saat berkunjung ke “Klenteng Kong Miao”, tempat ibadah agama Konghucu di TMII, Sabtu (31/12/2022).

Seorang pemandu sembahyang kelenteng bernama Tan Cuk Giok menuturkan, di awal tahun banyak pengunjung yang sembahyang, bahkan ada yang datang dari Singapura.

“Klenteng ini dipakai ya biasa dipakai untuk ibadah. Tadi (hari ini) juga banyak yang sembahyang, dari Singapura dan Sunter,” kata Tan Cuk Giok saat ditemui. Kompas.com.

Baca juga : Negara pertama dan terakhir yang merayakan Tahun Baru 2023

Selain sembahyang, kata dia, banyak pengunjung yang datang untuk sekadar melihat-lihat atau berfoto di area depan pura.

Sementara itu, Kelenteng Kong Miao memiliki waktu ibadah atau sembahyang yang teratur dan dihadiri oleh lebih banyak jemaah.

Sebagai informasi, Sabtu (31/12/2022) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, berdasarkan pantauan Kompas.com di halaman resmi tamanmini.comtiket perayaan malam tahun baru di TMII terjual kurang lebih 56.000 dari total ketersediaan 60.000 tiket.

Niat liburan di Jakarta

Suasana Anjungan Sumsel di TMII jelang pergantian tahun baru 2023, Sabtu (31/12/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana Anjungan Sumatera Selatan di TMII jelang malam tahun baru 2023, Sabtu (31/12/2022).

Tidak hanya turis mancanegara, banyak pengunjung dari berbagai provinsi di Indonesia juga mengunjungi TMII di hari terakhir tahun 2022.

Diantaranya ada dua pengunjung asal Palembang bernama Andika dan Feri yang ditemui Kompas.com di Anjungan Sumatera Selatan pada sore hari.

Andika dan Feri mengatakan sengaja datang ke TMII untuk berlibur bersama keluarga.

Baca juga: 50 Tempat Wisata Populer di Jakarta, dari Alam Hingga Sejarah

“Saya dari Palembang, saya liburan di Jakarta mulai 28 Desember. Rencananya tanggal 2 (Januari). Saya liburan bersama keluarga, sengaja ke Jakarta untuk berlibur,” kata Andika. .

Ia mengungkapkan, sebenarnya ia dan keluarganya sudah berencana datang ke TMII sejak sehari sebelumnya, yakni Jumat (30/12/2022). Sayangnya, saat itu hujan dan dia mengubah waktu berkunjungnya menjadi hari Sabtu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button