Berita Wisata

Membina kekompakan karyawan Perumda dari berbagai perusahaan di Kuningan melalui acara general outing

KESEIMBANGAN

Kuningan – Komitmen Perumda Aneka Usaha untuk memperbaiki dan memajukan obyek wisata memang tidak terlihat main-main, dan ditunjukkan dengan kekompakan seluruh karyawan pada saat “keluar umum”.

Direktur Perumda Aneka Usaha, Hj. Heni Susilawati didampingi Divisi Pelayanan, Rohman Sutadi dan Divisi Pemasaran, Adam menjelaskan, general outing pertama berlangsung di Obyek Wisata Balong Dalem, Desa Babakanmulya, Kec. Tayang pada Senin (31/10/2022). Seluruh karyawan, baik dari kantor pusat maupun dari delapan tempat wisata lainnya, ambil bagian dalam acara tersebut.

Mereka tampak kompak mengikuti sesi acara, terutama semangat sabilulungan (gotong royong) untuk merevitalisasi objek wisata yang dikelola Perumda Aneka Usaha, dan Balong Dalem menjadi objek wisata pertama yang dijadikan magnet dalam perbaikan. .

Heni menuturkan, Balong Dalem merupakan objek wisata kedua setelah Waduk Darma yang banyak diminati wisatawan dan cukup besar. Beberapa bulan lalu, infrastruktur dan fasilitas umum Balong Dalem cukup memprihatinkan, dan kurang terawat, terutama dalam hal kebersihan. Kalaupun suatu tempat wisata akan menarik wisatawan untuk kembali, jika aspek-aspek tersebut diperhatikan.

“Seluruh karyawan turut serta membersihkan kolam renang, mengecat toilet, memperbaiki tangga dan pejalan kaki. Kegiatan sabilulungan yang merupakan salah satu program dari general outing ini menjadi penyemangat bagi seluruh karyawan untuk menyatukan visi Perumda Aneka Usaha yang fokus pada pariwisata, sehingga semangat pembenahan, pemolesan daya tarik wisata yang lebih menarik merupakan langkah awal menuju tujuan tersebut,” jelasnya.

General outing sendiri rencananya akan menjadi program rutin bulanan dan akan dilaksanakan secara bergilir di tempat-tempat wisata yang dikelola Perumda TNI AU antara lain Waduk Darma, Balong Girang Cigugur, Leuweung Monyet Cibeureum, Cipaniis, Danau Remis dan Danau Nilem.

Jika pariwisata sudah memiliki daya tarik dan selalu ramai pengunjung tentu akan mempengaruhi pendapatan, dan sisi ekonomi masyarakat seperti pedagang di sekitar objek wisata akan berpengaruh. “Untuk mencapai semua itu diperlukan perhatian dan kekompakan yang serius dari seluruh karyawan, sehingga hal ini harus diciptakan, agar tujuan tersebut dapat segera tercapai,” ujarnya.

Heni menambahkan, sesuai dengan tagar perusahaan yaitu “Langkah Bersama”. Perusahaan merupakan entitas organisasi yang memuat manajer dan karyawan sebagai mitra strategis, menempatkan sumber daya manusia sebagai aset terpenting yang harus dijaga atas dasar saling menghormati dan percaya.

“Pelaksanaan kerjasama diawali dengan rapat manajemen yang fokus membahas rencana jangka panjang dan struktur organisasi perusahaan. Di bawah unit usaha pariwisata, pelaksanaan kerjasama juga dilakukan dengan semangat gotong royong membantu penataan infrastruktur di tempat wisata,” ujarnya.

Dari objek wisata Balong Dalem, semangat jalan-jalan bersama dimulai. Menutup acara yang dikenal dengan General Release ini, akan menjadi tradisi rutin yang diadakan sebulan sekali dengan lokasi bergantian.

“Kegiatan ini juga menyampaikan hal-hal yang bersifat pedoman, ajakan dan arahan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan,” ujarnya. nung

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button