Berita Wisata

Menampilkan pemandangan alam yang eksotik, Puncak Jowin Kalidawir Tulungagung semakin ramai dikunjungi wisatawan

TULUNGAGUNG,–Kongkrit.com. Puncak Joho – Winong atau yang lebih dikenal dengan Jowin kini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya tempat wisata Desa Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Edi (37) wisatawan asal Gondang mengatakan, selain berada di kawasan pegunungan yang udaranya sejuk, di puncak Jowin juga terdapat spot foto Instagrammable yang disediakan pengelola untuk menarik wisatawan, termasuk yang cukup luas. gerbang dengan arsitektur Bali dan tempat dimana wisatawan dapat melihat pemandangan alam berupa perbukitan dan lembah yang indah dan sejuk. Apalagi jika pada malam hari lampu-lampu pemukiman desa dan kota di bawahnya tampak seperti hamparan luas yang dipenuhi bintang yang berkelap-kelip.

“Intinya jangan sia-siakan perjalanan ke sini, karena semuanya lengkap, mulai dari pemandangannya yang indah, spot foto yang menarik, harga tiketnya yang relatif murah, Rp 10.000. Selain itu banyak warung makan lokal yang menawarkan makanan dan minuman khas daerah ini yang tentunya juga enak dan murah,” kata Edi pada Rabu (1/4/2022) sore.

Sementara itu, Camat Kalidawir Ali Muchtar yang berkunjung bersama keluarganya juga mengatakan, meski masih tercatat sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Tulungagung. Namun menurutnya, sejak awal dirintis Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo pada 18 November 2022 hingga kini, wisata Puncak Jowin tidak pernah sepi pengunjung, baik dari Tulungagung maupun dari luar kota. Tulungagung.

“Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, seperti di hari biasa seperti ini, pengunjungnya sangat banyak, apalagi di hari libur, bisa mencapai ribuan. Pemandangan di sini juga bisa dinikmati kapan saja, baik di pagi hari. dan siang hari, bahkan sore menjelang magrib, semakin banyak yang berkunjung, karena ya, panoramanya lebih eksotis di malam hari,” jelas Ali.

Ditambahkannya, untuk saat ini di Kecamatan Kalidawir dan Tulungagung, Puncak Jowin dikenal sebagai destinasi wisata yang sedang booming. Oleh karena itu, ke depannya, pihaknya akan terus mendukung Pemdes setempat untuk mengembangkan destinasi wisata puncak Jowin menjadi lebih baik lagi.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan studi baseline dan dokumentasi di NTB, terutama terkait dengan kebijakan dan pengelolaan pariwisata yang baik,” imbuhnya.

Bukan itu saja, menurut Ali, masih banyak yang harus ditambah terkait sarana pendukung lainnya seperti sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan air yang saat ini belum optimal.

“Yang jelas tempat wisata ini baru 40% jadi belum ada fasilitas lain seperti penginapan juga. Tapi dari mushola, toilet dan paviliun sudah tersedia”, jelas bupati.

Meski demikian, pihaknya tetap mendukung pemerintah Desa Winong dalam pengembangan wisata di puncak Jowin, salah satunya penanaman kelengkeng dari pembibitan yang kemudian ditanam di sekitar sirkuit dan pemanfaatan pekarangan. .

“Untuk infrastruktur dan jalan akses yang mengarah ke tempat ini karena masih belum nyaman dan perlu diperbaiki lagi, akan kami upayakan juga dengan mengajukan permohonan ke Kementerian Pekerjaan Umum pusat melalui DAK. Dan kami optimistis. Kedepannya, Puncak Jowin akan menjadi destinasi wisata unggulan yang memiliki prospek sangat bagus dan otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga di sekitar Kalidawir dan Tulungagung”, ungkapnya.

Selain itu saat berkunjung ke Puncak Jowin yang berada di lahan Perhutani kawasan Kalidawir yang dikelola oleh Bumdes setempat juga terdapat camping ground dengan harga tiket Rp 10.000,- plus sewa tenda untuk camping.( saya)

Tampilan postingan: 2.992

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button