Berita Wisata

Menampilkan Pemandangan Spektakuler, Inilah 5 Danau Terindah Di Indonesia: Okezone Travel

INDONESIA memiliki banyak keindahan alam termasuk danau yang indah yang merupakan tempat wisata yang indah. Danau-danau ini menjadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Berikut 5 danau terindah di Indonesia yang pesonanya memukau mata.

1. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya

Jayawijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia dan satu-satunya daerah yang tertutup salju di Nusantara. Gunung ini juga memiliki danau yang indah yaitu Danau Habema.

BACA JUGA:Mengungkap mitos Danau Toliré dan kisah memilukan di baliknya

Danau Habema dengan nama asli Yuginopa, merupakan danau tertinggi di Indonesia. Lokasinya bertepatan dengan kawasan Taman Nasional Lorentz Papua Barat.

Menggambar

Danau Habema di Jayawijaya (ANTARA)

Terletak lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut, masyarakat Dani, penduduk asli Jayawijaya, menganggap danau sebagai tempat suci yang menjadi sumber kesuburan dan kehidupan.

Pemandangan disekitarnya benar-benar epic, anda akan merasakan nuansa alam yang masih sangat alami. Cocok untuk anda yang menginginkan ketenangan.

Jalan menuju danau ini memang cukup sulit, yaitu sekitar 48 kilometer dari kota Wamena atau sekitar 3 jam perjalanan.

2. Danau Toba

Lalu ada Danau Toba, tentunya danau ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Panjangnya 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 508 meter.

Menggambar

Danau Toba (Okezone.com/Rizky Pradita)

Danau Toba terletak di Sumatera Utara (Sumut) dan merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia. Bahkan keindahannya sudah mendunia, sehingga tidak heran jika banyak turis (wisman) mancanegara yang datang ke tempat ini.

BACA JUGA: Fakta unik Satonda, pulau indah yang di tengahnya terdapat danau air asin purba

3. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal, belum lengkap rasanya jika ke Papua tanpa melihat danau ini.

Menggambar

Danau Sentani

Danau Sentani terletak di bawah lereng Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas kurang lebih 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua, menjadikannya danau terluas di negara Papua.

Selain itu, dalam momentum PON 2021, Danau Sentani tengah digalakkan sebagai destinasi wisata unggulan di Papua.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

4. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

Danau Segara Anak terletak di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Terletak di ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan di sekitar Segara Anak sangat indah. Bagi para pendaki yang menyaksikannya, rasa lelah akan hilang karena perjuangan mencapai danau ini.

Danau Segara Anak meliputi area seluas 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Apalagi keberadaan sumber air panas alami di sekitar danau juga membuat pendaki semakin betah berada di danau ini.

Terdapat dua sumber air panas di Segara Anak, yaitu Aik Kalak dan Goa Susu. Di Goa Susu, umumnya pendaki yang turun melalui jalur Hutan Torean akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sana untuk bermalam.

Menggambar

Danau Segara Anak (Okezone.com)

Goa Susu merupakan sauna alami tempat para pendaki mandi pada malam hari. Ada juga banyak persembahan oleh umat Hindu.

5. Ranu Kumbolo

Bagi anda yang suka mendaki gunung, tentu sudah mengenal Ranu Kumbolo yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur.

Kecantikan Ranu Kumbolo sudah terdengar hingga ke pelosok negeri. Banyak pendaki yang rela berjalan berjam-jam untuk mencapainya. Ada yang menjadikan Ranu Kumbolo tujuan utama, atau persinggahan hanya untuk menaklukan keagungan Gunung Semeru.

Di balik panoramanya yang megah, Ranu Kumbolo juga terkenal angker. Kabarnya, beberapa pendaki melihat seorang wanita muncul dari tengah danau, terutama saat bulan purnama.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button