Berita Wisata

Menawarkan Keindahan Alam Air Terjun Putri hingga Air Terjun Gendang, Datanglah ke Tahura Banten Factbanten.co.id

Sankyu HSP

PANDEGLANG – Taman Hutan Rakyat Banten (Tahura) yang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Tahura ini termasuk dalam hutan tropis yang terletak di dataran rendah dan berbatasan dengan laut, sehingga memiliki keunikan flora dan fauna.

HSP Pemerintah Kota

Sejak diresmikan oleh Pemerintah Provinsi Banten (Pemrpov) pada 4 Mei 2012, Kawasan Tahura kini memiliki luas 1.595 hektar dengan 4 desa di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Dengan keanekaragaman hayatinya, keindahan alamnya dengan hamparan hutan yang luas, satwa langka serta keberadaan air terjun Curug Putri dan Curug Gendang merupakan potensi yang dapat menjadi aset untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Tahura adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki potensi keanekaragaman hayati berupa kumpulan tumbuhan, satwa, spesies asli atau non-asli baik alami maupun tidak alami yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Meski tertutup untuk umum, berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Kanwil Tahura, kawasan konservasi tetap bisa digunakan untuk tujuan penelitian dan pendidikan.

Dengan kata lain, masyarakat yang akan melakukan penggeledahan selalu dapat memasuki kawasan Taman Hutan Raya, tentunya dengan meminta izin pengelola terlebih dahulu.

Selain sebagai tempat penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Tahura Banten juga menawarkan beberapa keindahan air terjun diantaranya Air Terjun Putri dan Air Terjun Gendang.

Dalam perjalanan dari gerbang Tahura menuju Curug Putri kita akan disuguhi pemandangan hutan yang indah dan sejuk, banyak suara binatang yang jarang terdengar saat kita berada di kota.

Jalan menuju lokasi sekitar 250 meter sudah diaspal sisa blok yang akan kita lewati di jalan beraspal yang tajam dan licin, jadi harus menggunakan motor trail atau memilih jalan kaki dari tempat parkir.

Setelah melewati jalanan yang cukup padat, kami sampai di area penyimpanan sepeda motor.

Dari sana tracking akan dimulai ke Curug Putri, untuk biaya parkir motor dikenakan biaya Rp 15.000 per motor.

Perjalanan menuju Curug Putri dari tempat parkir cukup mudah dan dekat, jika kita terbiasa mendaki bisa memakan waktu sekitar 40 menit, tapi untuk pemula bisa memakan waktu sekitar 1 jam.

Sepanjang perjalanan kita harus lebih berhati-hati, karena di sebelah kiri sepanjang jalan terdapat jurang, walaupun ada beberapa jalan yang sudah dipasang pagar pembatas.

Nah, setelah berjalan selama 40 menit, Anda akan melewati Curug Gendang, banyak pengunjung yang berfoto atau bermain air.

Tidak jauh dari Curug Gendang, perjalanan sekitar 100 meter kami sampai di Curug Putri.

Untuk ke air terjun Putri Tahura Banten harus membawa baju ganti ya! Sebab, kita turun ke sungai, tentu baju kita akan basah kuyup.

Tapi jangan khawatir, ada penitipan bagasi dengan biaya Rp 15.000 per orang, sudah termasuk jasa guide, kan! Di sekitar area penyimpanan juga banyak kotak dan ruang ganti.

Itulah sekilas keindahan alam Curug Putri dan Curug Gendang yang ditawarkan Taman Hutan Rakyat Banten (Tahura) atau bisa dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga dan teman. (*/Merah)

pegawai negeri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button