Berita Wisata

Mengapa bepergian jauh? Ini dia 7 destinasi wisata keren di Jakarta!

TRIBUNNEWS.COM – Bagi yang berdomisili di ibu kota DKI Jakarta, rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari bisa menjadi hal yang biasa.

Karena itu, menyegarkan menjadi sesuatu yang harus dilakukan dari waktu ke waktu oleh warga Jakarta. Tak jarang bagi mereka yang membutuhkan liburan bahkan memutuskan untuk berwisata ke berbagai destinasi wisata di luar kota atau bahkan luar pulau.

Namun, yang namanya hari libur juga terkadang harus beradaptasi dengan tanggal merah. Soalnya tanggal merah tahun 2022 tinggal dua hari lagi.

Namun, jangan khawatir! Sebagai warga kota Jakarta, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh untuk bisa dekompresi sejenak. Soalnya, sudah banyak destinasi wisata kekinian yang bisa kamu temukan di sekitar Jakarta.

Selain lebih mudah untuk dikunjungi, 7 destinasi di bawah ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan beberapa aktivitas yang cocok untuk dijelajahi segala usia!

1. Jelajahi warisan Jakarta di wajah baru Kota Tua, yang telah berganti nama menjadi Batavia

Zona pejalan kaki di Batavia3
Zona Pejalan Kaki Batavia (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Berbicara tentang warisan Jakarta berarti berbicara tentang kota tua. Dengan wajah barunya, destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata sejarah.

Ada berbagai peninggalan kota Jakarta yang bisa Anda jelajahi di destinasi ini, mulai dari Museum Sejarah Jakarta, Taman Fatahillah, hingga Kantor Pos Kota Tua yang legendaris.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada September 2022 mengubah nama kawasan wisata dari Kota Tua menjadi Batavia.

Nama Batavia dipilih karena mencerminkan masa lalu, namun Pemprov DKI Jakarta ingin mendesain ulang kota lama dengan konsep kota modern masa depan.

Batavia sendiri merupakan nama asli dari kawasan Kota Tua Jakarta, sehingga nama Batavia lebih dulu sesuai dengan nama aslinya.

Setelah revitalisasi, Batavia menjadi semakin populer dengan zona pejalan kaki yang lebih luas dan transportasi umum yang terintegrasi, seperti KRL jalur komuter, TransJakarta dan MRT di masa depan. Selain itu, Batavia juga memiliki berbagai spot foto di setiap sudutnya!

Selain itu, Batavia kini telah menjadi zona rendah emisi, sehingga Anda akan memiliki pengalaman yang lebih nyaman saat menjelajahi berbagai lokasi di destinasi ini. Selain rendah polusi, Batavia kini lebih nyaman bagi pejalan kaki, cocok bagi masyarakat dengan mobilitas terbatas dan juga ramah bagi pengendara sepeda berkat adanya dua jalur khusus di jalan yang sama.

2. Tonton pertandingan olahraga di konser di JIS

Stadion Internasional Jakarta (DKI Jakarta Tourism Board Doc)
Stadion Internasional Jakarta (DKI Jakarta Tourism Board Doc)

Jakarta International Stadium (JIS) yang diresmikan pada Juli 2022 merupakan kebanggaan terbaru kota Jakarta. Buat kamu yang mencari aktivitas seru tanpa harus jauh-jauh dari kota, JIS adalah tempatnya!

Selain standar internasional, JIS juga membawa konsep bangunan hijau pertama di Indonesia. Dengan kapasitas 82.000 penonton, ada berbagai pertandingan olahraga dan konser musisi seru yang bisa Anda saksikan di JIS.

Apalagi stadion modern ini juga dilengkapi dengan sky viewing platform, catwalk, dan atap terbuka dan tertutup. Jadi meski tidak ada pertandingan atau konser di JIS, destinasi ini juga bisa menjadi spot fotografi dan selfie yang keren, apalagi di malam hari.

Tidak hanya itu, JIS juga ramah terhadap handicap. Stadion ini memiliki 200 kursi, puluhan tempat parkir dan toilet khusus untuk penyandang cacat.

3. Lebih dekat dengan alam di Tebet Eco Park

Tebet Eco Park (Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Tebet Eco Park (Dokter Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Ingin menjelajahi alam tanpa harus keluar kota? Jakarta juga punya Tebet Eco Park! Destinasi yang terletak di Jakarta Selatan ini dulunya dikenal sebagai Taman Tebet dan disulap menjadi ruang terbuka hijau setelah proses revitalisasi.

Tebet Eco Park memiliki berbagai fasilitas dengan 8 area berbeda yang mengusung unsur kelestarian lingkungan dan interaksi sosial, sehingga Anda akan merasa lebih dekat dengan alam saat menghabiskan waktu di sini.

Melalui berbagai area seperti taman komunitas, area bermain anak-anak, jalan-jalan di lahan basah, hingga area pepohonan dan tanaman hijau, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti piknik, jogging, panjat tebing, fitnes outdoor, atau sekadar duduk-duduk di taman sambil menikmati segarnya kota. udara!

4. Bersepeda di sepanjang Jalan Sudirman

Jalan Sudirman (JPOS) Phinisi (DKI Dok. Dinas Pariwisata Jakarta)
Jalan Sudirman (JPOS) Phinisi (DKI Dok. Dinas Pariwisata Jakarta)

Tak heran, kawasan Sudirman memiliki segudang daya tarik. Sebut saja Terowongan Kendal, jalur jalan kaki artistik dengan mural warna-warni karya seniman terkenal Indonesia Darbotz dan seniman Jerman Snyder. Lalu ada juga Jembatan Phinisi, JPO di Karet Sudirman yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan latar belakangnya yang indah Instagramable.

Selain berbagai spot, ada aktivitas favorit yang bisa dilakukan di sepanjang Jalan Sudirman, yaitu bersepeda! Bagi Anda yang ingin menyegarkan tubuh dan pikiran di tengah jadwal yang padat, aktivitas ini bisa Anda lakukan tanpa harus jauh-jauh dari Jakarta.

Anda tidak harus menunggu Car Free Day di akhir pekan, Anda juga bisa melakukan aktivitas ini di pagi hari sebelum bekerja atau di sore hari saat pulang kerja. Sederhana, tapi memberikan efek menyegarkan!

5. Wisata Bahari di Pulau Macan, Kepulauan Seribu

Pulau Harimau (DKI Dok. Dinas Pariwisata Jakarta)
Pulau Harimau (DKI Dok. Dinas Pariwisata Jakarta)

Wisata bahari mewah? Anda tidak perlu keluar pulau untuk mendapatkan pengalaman ini, karena Jakarta memiliki kawasan Kepulauan Seribu yang menawarkan destinasi wisata pantai dan laut yang luar biasa.

Salah satu destinasi yang bisa kamu coba di Kepulauan Seribu adalah Pulau Macan. Pulau resor ini menawarkan suasana yang eksotis dengan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang kondusif untuk relaksasi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Tentunya ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di destinasi ini seperti snorkeling, menyelam, kano, dan selancar angin.

Selain Pulau Macan, ada juga destinasi lain di Kepulauan Seribu dengan keindahan laut yang tak kalah menawan, seperti Pulau Semak Daun dan Pulau Pramuka. Tak hanya untuk berlibur, destinasi Kepulauan Seribu ini juga bisa menjadi alternatif tempat untuk dikunjungi bekerja dari mana saja.

6. Makan makanan lezat dari langit di Lounge in The Sky

Lounge di Langit (DKI Jakarta Tourism Board Doc)
Lounge di Langit (DKI Jakarta Tourism Board Doc)

Di Jakarta, Anda bisa mendapatkan pengalaman unik dan istimewa dengan menyantap makanan dari langit di Lounge in The Sky.

Restoran Belgia yang masuk dalam 10 restoran terunik di dunia pada tahun 2004 ini kini hadir di Jakarta. Terletak di kota Mangkuluhur, Jakarta Selatan, pemandangan kawasan Semanggi dan SCBD akan terlihat dari restoran terapung yang terletak 50 meter di atas permukaan laut ini!

Sambil menyantap makanan lezat selama satu jam, Anda tidak hanya bisa melihat gemerlap ibukota, tapi juga mengabadikan pemandangan tempat ini melalui kamera. Sebelum mengunjungi Lounge in The Sky, pastikan untuk memesan terlebih dahulu karena restoran ini memiliki jumlah meja yang terbatas!

7. Dapatkan pemandangan kota yang indah dengan J-Sky Ferris wheel

Ferris Wheel J-Sky (DKI Jakarta Tourism Board Doc)
Ferris Wheel J-Sky (DKI Jakarta Tourism Board Doc)

Jika Anda sering mengunjungi taman hiburan, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kincir ria. Nah bianglala J-Sky ini adalah bianglala yang terletak di AEON Mall Jakarta Garden City (JGC).

Dengan kapasitas enam orang dalam satu gondola, bianglala J-Sky yang memiliki diameter 50 meter dengan 32 gondola ini merupakan bianglala terbesar di Indonesia. Saat Anda menaiki bianglala J-Sky, Anda dapat melihat indahnya panorama Jakarta, siang maupun malam.

Wahana ini terletak di atap AEON Mall JGC di lantai 3. Untuk naik Kincir Ria J-Sky, Anda bisa membeli tiket seharga Rp 50.000/orang, tiket couple seharga Rp 160.000/gondola atau tiket VIP seharga Rp 350.000/gondola!

Dengan keragamannya, Jakarta adalah kota kolaboratif yang merupakan tempat pertemuan yang sempurna untuk kehidupan kota dan keindahan alam.

Anda juga dapat mendukung kemajuan ekonomi dan industri kreatif ibu kota tercinta ini dengan mengunjungi berbagai destinasi menakjubkan yang ditawarkan Jakarta.

Oleh karena itu, tidak perlu lagi keluar kota. Meski tanggal merah masih lama, ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi di Jakarta!

Pergi, temukan dan jelajahi lebih banyak destinasi menarik dan mengagumkan di Jakarta dengan mengklik

Pengarang: Anniza Kemala | Penerbit: Barjan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button