Berita Wisata

Mengapa Jepang disebut sebagai surga “mesin penjual otomatis”?

Jakarta

Jepang dikenal sebagai surga mesin penjual otomatis. Mesin penjual otomatis adalah mesin penjual makanan dan minuman.

Dilaporkan detikFood, dari waktu ke waktu, vending machine hanya menawarkan minuman, kini vending machine semakin berkembang menawarkan berbagai jenis makanan. Hampir semua jenis makanan bisa ditemukan di mesin penjual otomatis Jepang.

kota dari Anggur (13/12), Jepang dikenal sebagai surga mesin penjual otomatis. Meskipun jumlahnya perlahan menurun karena persaingan dari toko serba ada dan populasi yang menurun, Jepang masih memiliki jumlah mesin penjual per kapita tertinggi di dunia.

Plus, dengan tingkat kejahatan yang relatif rendah di negara ini, tidak ada alasan untuk mengunci mesin di dalamnya. Sedemikian rupa sehingga mesin penjual otomatis tersebar luas, bahkan berada di luar. Mesin penjual otomatis tidak hanya ada di kota, tetapi bisa ditemukan di pedesaan.

Untuk memudahkan pengecekan, orang akan menemukan mesin penjual otomatis di luar, baik di perkotaan maupun pedesaan. Mesin penjual adalah bagian dari lanskap sehari-hari.

Vending machine buatan Pokka pada tahun 1973 ini menjadi standar bagi vending machine minuman lainnya. Mesin ini menjual minuman dingin dan panas. Sekarang sudah banyak mesin penjual minuman sejenis, hampir semua orang bisa mendapatkannya tanpa harus ke kafe.

Tidak hanya minuman, makanan lezat juga bisa didapatkan melalui vending machine. Semakin populer saat pandemi COVID-19 melanda dunia. Mesin ini merupakan wadah yang tepat bagi masyarakat untuk mendapatkan makanan dengan mudah tanpa harus bersentuhan langsung.

Makanan yang ditawarkan berupa makanan siap saji dan makanan beku. Diantaranya adalah rice bowl, ramen, buah-buahan, daging dan masih banyak lagi.

Proses pembayaran vending machine di Jepang menggunakan metode yang berbeda. Mesin penjual otomatis masih banyak yang menggunakan uang kertas atau koin.

Tidak jarang bagi mereka yang sekarang menggunakan pembayaran non tunai. Dapat menggunakan kartu debit, kartu kredit atau metode pembayaran e-money. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Jepang akan melakukan spot foto vending machine karena lokasinya yang Instagramable.

Artikel ini diterbitkan pada detikFood. Baca lebih lajut di sini.

(yum/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button