Tempat Wisata

Mengenal Istana Gebang, Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Traveling merupakan hobi favorit bagi setiap orang karena dapat menghilangkan penat dari kehidupan sehari-hari. Namun, liburan Anda akan jauh lebih berkesan dengan mengunjungi beberapa tempat yang berkaitan dengan sejarah Indonesia, seperti Istana Gebang di Kota Blitar. Sebelumnya, gedung tersebut merupakan kediaman Presiden Soekarno.

Anda bahkan bisa mengunjungi tempat ini sambil berziarah ke Makam Ir. Soekarno yang tidak jauh dari gedung tersebut. Sepintas, rumah ini terlihat biasa saja. Namun, ada beberapa item di dalamnya yang menjadi saksi bisu sejarah negeri ini. Berjalan melalui rumah, Anda dapat mengetahui kegiatan apa yang dilakukan seorang pahlawan selama hidupnya.

Istana Gebang ini terlihat seperti rumah tua tanpa ada perubahan, sehingga nilai sejarahnya masih terlihat sampai sekarang. Di bagian depan rumah terdapat patung Presiden Soekarno dengan bangga menatap ke langit. Di dalam patung tersebut terdapat tugu peringatan dengan tulisan bahwa Soekarno lebih mencintai rakyatnya daripada dirinya sendiri.

Atraksi Istana Gebang

Atraksi Istana GebangKredit foto: Instagram Eko Buddy

1. Desain rumah khas Belanda

Istana Gebang dibangun dengan desain yang unik seperti bentuk rumah pada masa penjajahan Belanda dari awal. Beberapa sudut ruangan memiliki sentuhan aksen Belanda yang sangat khas. Pasalnya, rumah ini dibangun langsung oleh seorang warga negara Belanda bernama CH. Porteir, yang merupakan karyawan perusahaan kereta api.

Suasana khas Belanda ini bisa Anda rasakan saat memasuki setiap ruangan di dalam rumah. Uniknya, di beberapa kamar banyak perabotan yang kondisinya masih bagus. Kursi kayu di ruang tamu juga tidak rusak.

Anda akan semakin terkagum-kagum saat melihat kamar-kamar Presiden Soekarno yang sangat bersih dan tertata rapi. Kamar tidur ini memiliki desain yang khas karena masih ditempati olehnya. Kasur berbalut seprai putih dan tudung tipis menjadi daya tarik wisatawan untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.

2. Ada barang antik

Selain ruang tamu atau ruang utama, ada kamar lain milik orang tua Ir. Soekarno yang masih memberikan keharuman bagi para pengunjungnya. Meski rumah ini sudah tua, Anda akan merasa nyaman di dalam karena aromanya.

Bahkan di kamar orang tuanya ada banyak barang antik seperti kaca besar yang direkatkan ke dinding. Saat Anda memasuki ruang makan dan area dapur, Anda akan menemukan lebih banyak furnitur antik. Ada sepeda, lemari, dan pemanggang roti kuno semuanya dalam kondisi sangat baik.

Melihat semua furnitur seperti melangkah mundur melalui dimensi waktu ke era kolonial. Padahal, meja makan yang ditata di dapur sangat rapi dan terawat.

3. Halaman kastil yang bersejarah

Daya tarik lain dari Istana Gebang adalah nilai sejarahnya, yang dapat ditemukan di beberapa ruangan di bagian belakang. Ada pendopo, kandang kuda, ruangan khusus pembantu, dan lumbung padi yang sangat estetis. Anda dapat melihat garasi dengan ir. Sukarno, yang digunakan berkali-kali dalam hidupnya.

Rumah bernilai sejarah ini juga semakin populer dan membuat wisatawan dari berbagai daerah ingin mengunjunginya. Anda dapat mengambil foto semua ruangan di rumah. Setiap tahun istana ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada acara-acara khusus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat instan GebangKredit foto: Instagram Eko Buddy

Lokasi Keraton Gebang berada di Jalan Sultan Agung No. 59, Desa Sananwetan. Alamatnya adalah sebuah wilayah di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Jarak antara rumah dan makanan Ir. Jarak Soekarno cukup dekat sehingga banyak wisatawan yang menggunakan becak untuk menuju kedua tempat ini.

Jika Anda datang dari pusat Kota Blitar, mulai kendaraan menuju Jalan Lawu. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan tujuan Alun-Alun Kota Blitar yang terletak di Jalan Semeru. Setibanya di Alun-alun, berkendara kembali ke Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian belok mobil menuju Jalan Diponegoro, lalu menuju Jalan Sultan Agung.

Perjalanan dari pusat kota menuju Istana Gebang Blitar sendiri hanya memakan waktu sekitar 10 menit dengan jarak tempuh 2,2 kilometer. Bahkan, Anda bisa berjalan kaki ke istana selama sekitar setengah jam. Setelah mengunjungi keraton, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik becak selama 15 menit menuju makam Ir. Soekarno yang berada di bendogerite.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Istana GebangKredit foto: Instagram Eko Buddy

Masuk ke Istana Gebang biayanya sekitar 2.000 rupiah. Biayanya sangat murah karena Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah dengan berkunjung ke sana. Ada juga biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil, yaitu 2000 hingga 5000 rupiah. Biaya masuk yang rendah memudahkan siswa untuk mengunjungi kastil.

Anda bisa leluasa mengunjungi gedung ini yang buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kebanyakan wisatawan biasanya mampir hanya beberapa jam dan kemudian melanjutkan perjalanan ke makam Presiden Soekarno. Tempat ini terbuka untuk siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan seorang kepala negara.

Kegiatan menarik di Istana Gebang

Aktivitas Menarik Istana GebangKredit foto: Google Maps E Hartono

1. Pelajari sejarah

Kegiatan yang menarik saat berkunjung ke Istana Gebang adalah wisata edukasi mempelajari sejarah di dalamnya. Anda akan mendapatkan pengetahuan sejarah yang erat kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia. Anda bisa melihat kehidupan seorang pemimpin bangsa yang sederhana namun memiliki keberanian yang luar biasa.

Anda tidak mempelajarinya sendiri, tetapi diinstruksikan langsung oleh penjaga dari kastil. Penjaga akan mengajak Anda berkeliling dan menceritakan semua tentang Ir. Soekarno, pemimpin pertama Indonesia. Anda akan mendapatkan penjelasan tentang favorit keluarga dari Ir. Soekarno.

Kemudian Anda akan diantar ke sisi belakang yang dipenuhi pepohonan hijau dengan suasana yang asri. Semua bagian rumah memiliki nilai sejarah yang perlu diketahui masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting dan bermanfaat untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini saat berlibur di Kota Blitar.

2. Ambil foto estetis

Aktivitas yang harus Anda lakukan saat mengunjungi istana ini adalah berfoto. Karena ini adalah tempat formal, kami merekomendasikan untuk mengambil foto formal atau pemotretan ruang di dalamnya. Banyak kelompok sekolah sering melakukan wisata pendidikan dan sejarah kastil.

Aktivitas foto ini biasanya dilakukan setelah berjalan-jalan di sekitar keraton. Namun, kebanyakan wisatawan hanya memotret lukisan, furnitur dan tempat tidur setelah Ir. Soekarno. Pemotretan di istana ini akan terlihat estetis dan sempurna. Bahkan, foto-foto tersebut memperlihatkan Anda seolah-olah masih dalam suasana kolonialisme.

3. Menghadiri Kelahiran Presiden Soekarno

Selain berfoto atau menimba ilmu, Anda juga bisa menghadiri acara yang rutin diadakan di Istana Gebang Blitar. Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah pada bulan Juni tepat di hari ulang tahun Ir. Soekarno. Pada saat ini, para wisatawan yang mengunjunginya akan jauh lebih banyak dari hari-hari biasa.

rumah ir Soekarno tidak bisa menampung wisatawan dengan jumlah hingga ratusan orang. Tak hanya warga lokal atau pengunjung dari luar daerah, para turis asing pun turut hadir dalam acara tersebut. Masyarakat sangat tertarik dengan gaya hidup pemimpin pertama di Indonesia yang sangat populer di mata dunia.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Istana Gebang BlitarKredit foto: Google Maps Siswantosis

Istana Gebang memiliki beberapa fasilitas seperti ketersediaan toilet umum yang terletak di sekitar rumah secara gratis. Toiletnya terawat dengan baik dan bersih, sehingga nyaman digunakan pengunjung. Di depan keraton juga terdapat beberapa kios yang menjual aneka jajanan, sehingga Anda tidak perlu membawa bekal makanan saat berkunjung ke tempat tersebut.

Ada juga spot foto yang populer bagi pengunjung, yaitu patung Ir. Soekarno yang berada di depan istana. Pengunjung biasanya mengambil foto resmi dengan berdiri di depan patung Ir. Soekarno. Patung ini sengaja dibangun untuk menunjukkan bahwa rumah di belakangnya memiliki hubungan dekat dengan Herald.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Blitar, terdapat penginapan di sekitar keraton tempat Anda bisa bermalam. Anda juga tidak perlu kesulitan menemukan hotel begitu Anda berada di sana. Harga akomodasi sangat terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Selain itu, lokasinya sangat strategis karena dekat dengan alun-alun dan pusat Kota Blitar.

Itulah beberapa informasi tentang Istana Gebang, salah satu tempat wisata sejarah di Blitar, Jawa Timur. Dengan biaya yang murah, Anda bisa menikmati wisata yang menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda tentang sejarah negeri ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button