Berita Wisata

Mengenal Upacara Ngaben yang berasal dari Bali

Ilustrasi Upacara Ngaben dari Bali (Foto: Derry Azwar Rizaldy | Unsplash.com) Tahukah Anda dari mana asal upacara Ngaben? Upacara adat ini berasal dari pulau Bali. Pulau Dewata sudah lama menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Orang Bali masih sangat menghormati adat mereka.

Keunikan adat istiadat masyarakat Bali menjadi salah satu daya tarik wisatawan selain keindahan alam Bali yang menawan. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda berkesempatan untuk langsung menghadiri upacara Ngaben. Baca artikel ini untuk mengetahui upacara adat ini.

Upacara Ngaben berasal dari daerah Bali

Ilustrasi upacara Ngaben dari daerah Bali (Foto: Ruben Hutabarat | Unsplash.com) Nasution in 70 tradisi suku unik di indonesia (2019) menjelaskan bahwa upacara Ngaben berasal dari daerah Bali dan biasanya dilakukan oleh umat Hindu. Ngaben adalah upacara ngaben atau bisa kita sebut ngaben jenazah.

Di dalam Panza Yadnyaupacara Ngaben termasuk di dalamnya Pitra Yadnyayaitu upacara untuk arwah leluhur. Makna Ngaben adalah untuk membawa kembali arwah orang yang meninggal ke tempat asalnya dan menunjukkan bahwa keluarga yang ditinggalkan oleh almarhum merasa tulus.

Untuk melaksanakan upacara Ngaben membutuhkan dana yang tidak sedikit. Uniknya, meski ritual ini dilakukan saat seseorang meninggal dunia, orang yang menghadiri upacara Ngaben tidak boleh menangis karena akan menghambat perjalanan arwah menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Jenis Upacara Ngaben

Kota Upacara perang topat menurut agama hindu Ditulis oleh Yasa (2022), upacara Ngaben terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  • Sawa Wedana. Merupakan prosesi berapi-api yang dilakukan secara langsung. Jenazah akan segera dibawa ke kuburan (setra) untuk dibakar.

  • Asti Wedana. Ini adalah upacara yang berlangsung setelah akhir upacara pemakaman. Tulang belulang yang telah menjadi abu kemudian dibawa ke laut atau sungai yang bermuara ke laut.

  • Wedana pribadi. Merupakan upacara ngaben bagi jenazah yang sudah tidak dapat ditemukan lagi, agar jenazah dapat terwujud dengan kekuatan (lalang), air, dll.

  • ternganga. Merupakan upacara ngaben bagi almarhum yang masih kanak-kanak atau yang belum tanggal giginya.

  • Atma Vedana. Merupakan upacara untuk mengembalikan atma dari alam Pitara ke alam Hyang Widhi. Upacara ini disebut juga dengan upacara Nyekah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemurnian dan kesempurnaan atma almarhum agar dapat kembali ke asalnya.

Nah itulah informasi tentang Upacara Ngaben yang berasal dari Pulau Bali. Bisa bermanfaat. (KRISTUS)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button