Berita Wisata

Mengenal wisata bahari dan potensinya di Indonesia

Ilustrasi wisata bahari. Foto: Pixabay Wisata bahari merupakan kegiatan wisata alam yang berlangsung di kawasan pesisir atau bahari. Arti ini sesuai bahari dalam KBBI yaitu “laut” atau “laut”. Dengan demikian, wisata bahari meliputi wisata tepi laut, wisata bahari, dan wisata bawah laut. Tur ini pasti untuk bersenang-senang.

Namun selain itu, wisata bahari sebenarnya merupakan kegiatan yang mengundang tantangan, keberanian, ketenangan, dan tentunya kecintaan terhadap lingkungan dan alam bahari.

Potensi wisata bahari di Indonesia

Ilustrasi wisata bahari. Foto: Pixabay

Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga potensi wisata bahari sangat besar. Dari Sabang hingga Merauke, Anda tidak akan pernah kehabisan wisata bahari untuk dijelajahi.

Data peringkat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki garis pantai yang membentang hingga 99.093 km. Luas lautnya sendiri mencapai 3,257 juta kilometer persegi.

Sementara itu, Indonesia juga memiliki 20,87 juta hektar kawasan konservasi laut, pesisir, dan berbagai pulau kecil. Indonesia juga memiliki sekitar 590 jenis karang, 2.057 jenis ikan karang, 12 jenis rumput laut, 34 jenis mangrove, 1.512 jenis krustasea, jenis penyu, 850 jenis bunga karang, 24 jenis mamalia pelaut dan 463 titik rongsokan.

Kawasan wisata bahari di Indonesia sendiri dikelola dengan cukup baik. Terdapat fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, seperti dermaga, akuarium laut, balai rekreasi, sarana akomodasi, dan restoran.

Rekomendasi untuk kepulauan Indonesia dengan potensi wisata bahari

Ilustrasi wisata bahari. Foto: Shutterstock

Jika Anda ingin menjelajahi wisata bahari Indonesia, Anda dapat mengunjungi salah satu pulau berikut ini.

1. Kepulauan Banda, Maluku Tengah

Pulau Banda terletak di tengah Maluku dan telah lama dikenal sebagai surga wisata selam, budaya, dan sejarah. Di Pulau Banda terdapat pulau-pulau besar dan kecil yang kaya akan potensi bahari.

Anda dapat menemukan sekitar 300 spesies karang di Pulau Banda. Di perairan teluk juga banyak terdapat bonito kalengan dan kerang mutiara.

2. Kepulauan Anambas, Riau

Kepulauan Anambas terletak di provinsi Kepulauan Riau. Ada Pulau Durai di sini yang terkenal sebagai surganya penyu.

Apalagi banyak biota laut yang hidup di lautan Anambas. Anda bisa melihatnya dengan mudah dari permukaan karena air lautnya sangat jernih.

3. Pulau Pieh, Sumatera Barat

Pulau Dieh memiliki potensi alam bahari yang kaya, mulai dari terumbu karang, ikan karang hingga penyu. Airnya jernih, sehingga Anda bisa melihatnya dengan jelas dari permukaan.

Keistimewaan lain dari Pulau Pieh adalah luas daratan berupa rawa-rawa di tengah pulau. Rawa tersebut dapat dikembangkan sebagai akuarium yang menarik wisatawan.

4. Kepulauan Padaido, Papua

Kepulauan Padaido terletak di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Kekayaan alam yang tersimpan di pulau ini berupa terumbu karang yang memiliki 95 jenis karang.

Selain itu, terdapat ratusan jenis ikan, 48 jenis pohon, 26 jenis burung, 14 jenis reptilia, dan 7 jenis mamalia. Di perairan Kepulauan Padaido juga bisa ditemukan sisa-sisa bangkai kapal perang di masa lalu.

Demikian penjelasan tentang potensi wisata bahari di Indonesia. Sangat kaya, bukan, negara kita? Ayo, simpan semuanya!

Ada berapa jenis karang di Pulau Banda?

chevron turun

Berapa luas laut Indonesia?

chevron turun

Di manakah lokasi Pulau Durai?

chevron turun

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button