Berita Wisata

Menggiurkan, Ini 5 Makanan Khas Tasikmalaya

Sabtu 19 November 2022 – 23:43 WIB

BANDUNG – Tasikmalaya memiliki beragam destinasi wisata yang indah, seperti wisata pantai, antara lain pantai Cipatujah, pantai Karang Trawulan, hingga kawasan wisata Gunung Galunggung.

Selain itu, Tasikmalaya juga terkenal dengan makanan khasnya yang enak. Makanan khas Tasikmalaya juga menjadi primadona di kalangan wisatawan yang datang berkunjung ke wilayah Jawa Barat ini.

Bukan hanya kota Bandung, kota Bogor atau kota Cirebon yang menjadi surga kuliner di Jawa Barat. Kota Tasikmalaya juga bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Lantas apa saja makanan khas Tasikmalaya yang menjadi primadona wisatawan tersebut? Yuk simak review VIVA sebagai berikut.

1. Sambal Goang

Makanan khas kota Tasikmalaya yang pertama adalah sambal goang. Sambal goang biasanya disajikan sebagai pendamping masakan tradisional sunda. Salah satu makanan yang bisa disantap dengan sambal goang adalah ikan goreng.

Sambal goang terbuat dari cabai rawit yang dihaluskan, kencur dan bawang putih, kemudian minyak panas. Tak hanya nikmat jika disantap bersama ikan goreng, Sambal Goang juga cocok untuk dicelupkan ayam goreng ke dalam masakan kukus.

2. Kupat Tahu Singapura

Lalu ada tahu kupat singaparna. Sepertinya belum ada yang tahu kupat tahu asli Tasikmalaya.

Satu porsi Kupat Tahu Singaprana asal Tasikmalaya ini terdiri dari ketupat, potongan tahu dan tauge yang sudah dicampur di dalamnya. Bahan-bahan itu kemudian diberi bumbu kacang. Kupat Tahu Singaparna juga biasa disajikan dengan tambahan kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk bawang.

Sebagai saran, saya tahu Singaparna enak dimakan untuk sarapan pagi. Selain itu, sebenarnya ada dua jenis tahu kupat yang berasal dari Tasikmalaya. Salah satunya Kupat Tahu Mangunreja yang rasanya sama dan pasti bisa memanjakan lidah.

3. Cilok Goang

Tasikmalaya juga memiliki cilok olahan khusus bernama cilok goang. Ya, nama goang sendiri diambil dari nama sambal khas Tasikmalaya yaitu sambal goang yang sudah dijelaskan tadi. Satu porsi cilok goang terdiri dari cilok yang disajikan dengan kuah kaldu.

Tak hanya cilok, terkadang seporsi cilok goang juga disajikan dengan tambahan siomay, siomay dan ceker ayam. Cilok Goang ini cocok untuk Anda yang menyukai makanan berkuah dengan cita rasa pedas dan gurih yang nikmat.

4. Jeruk

Makanan khas Tasikmalaya lainnya adalah citruk. Nama citruk sendiri merupakan kependekan dari aci ngajetruk.

Citruk adalah makanan yang mirip dengan kerupuk. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa asin yang akan membuat Anda ketagihan. Citruk sendiri terbuat dari tepung tapioka atau aci dan tepung terigu yang dibentuk pipih bulat. Jajanan tradisional ini juga menggunakan rempah-rempah sehingga menjadi kaya rasa.

5. Kolontong

Jajanan manis khas Tasikmalaya lainnya yang bisa bikin ketagihan adalah kolontong atau sembako. Makanan elips ini dibuat dengan beras ketan dan gula merah.

Kontong mudah ditemui di Tasikmalaya, khususnya di daerah Cisayong yang merupakan sentra produksi makanan khas Tasikmalaya yang paling banyak dicari oleh masyarakat, apalagi menjelang hari raya.

Ah ya, sekedar catatan, dengan gara-gara menjalankan bisnis ini dengan tangan kosong, sang pemilik bahkan mengira bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk tetangganya, lho. Ini bagus, bukan?

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button